www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Sukmawati Keluar dari Islam Tepat di Usianya yang ke-70
 
Ini Akibatnya jika Tidak Punya Catatan Keuangan
Sabtu, 25 September 2021 - 10:52:40 WIB
https://www.pexels.com/id-id/pencarian/keuangan/
https://www.pexels.com/id-id/pencarian/keuangan/

SETIAP orang harus memiliki kemampuan mengatur keuangan yang baik agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan untuk menabung. Salah satu cara untuk memudahkan Anda dalam mengatur keuangan yaitu dengan memiliki catatan keuangan. Namun sayangnya, tak sedikit orang yang menganggap bahwa catatan keuangan tidak diperlukan dan hanya merepotkan. Benarkah seperti itu?

Catatan keuangan adalah catatan yang berisi informasi pemasukan dan pengeluaran pribadi dalam periode tertentu. Dengan memiliki catatan keuangan, Anda akan lebih bijak untuk mengelola keuangan dan bisa memakai uang untuk hal-hal yang tepat. Mencatat keuangan bukan untuk menyulitkan atau menambah pekerjaan Anda, tetapi bisa mempermudah Anda dalam mengelola keuangan.

Akibat Tidak Memiliki Catatan Keuangan

Meski memiliki peran penting, namun tak sedikit orang yang menyepelekan catatan keuangan. Padahal di zaman yang serba canggih ini, Anda tidak perlu lagi mencatat pengeluaran dan pemasukan di buku. Anda bisa  menggunakan aplikasi atau platform yang bisa digunakan sebagai media catatan keuangan online yang ada di aplikasi bank digital modern, seperti Senyumku.com.

Jika Anda tak kunjung memiliki catatan keuangan, maka Anda akan terus mengalami kerugian. Berikut ini merupakan beberapa akibat jika Anda tidak memiliki catatan keuangan, di antaranya yaitu:

1. Pengeluaran Tidak Terkontrol

Jika Anda tidak memiliki catatan keuangan, Anda akan bingung bagaimana pemasukan dan pengeluaran yang selama ini Anda lakukan. Alhasil, pengeluaran Anda menjadi tidak terkontrol. Seperti, uang belanja habis terpakai dan Anda bingung untuk menutupi kebutuhan lainnya. Ini disebabkan karena Anda tidak memiliki pengendalian keuangan yang membuat Anda menjadi boros.

2. Sulit Menabung

Tidak memiliki catatan keuangan membuat Anda lebih boros dan pengeluaran tidak terkontrol, sehingga Anda akan sulit menabung meskipun penghasilan Anda terbilang cukup tinggi. Banyak orang yang menyepelekan hal ini. Padahal jika Anda rajin mencatat pemasukan dan pengeluaran, Anda bisa mengalokasikan uang dengan baik dan bisa menyisihkan uang untuk menabung atau berinvestasi. Oleh sebab itu, catatan keuangan sangatlah penting.

3. Sulit Mencapai Target

Setiap orang pasti memiliki perencanaan atau target di masa depan. Mulai dari membuat bisnis baru, biaya pendidikan, membeli rumah, membeli mobil dan lain sebagainya. Namun jika Anda tidak memiliki catatan keuangan dan sulit menabung, maka Anda juga akan kesulitan mencapai target-target tersebut. Apalagi jika Anda memiliki rencana untuk membuat bisnis baru. Tanpa perencanaan keuangan yang baik, Anda juga akan kesulitan mengelola bisnis tersebut.

4. Tidak Mengetahui Detail Pemasukan dan Pengeluaran

Meskipun Anda memiliki gaji bulanan, namun tanpa catatan keuangan, Anda tidak mengetahui detail untuk apa gaji tersebut digunakan. Mencatatnya dengan detail membantu Anda mengetahui lokasi keuangan yang cukup besar dalam pengeluaran rumah tangga. Anda dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan yang selama ini sudah dikeluarkan.

Manfaat catatan keuangan lainnya yaitu Anda akan lebih tahu kebutuhan mana yang harus diutamakan. Namun jika tidak memiliki catatan tersebut, maka Anda akan sulit memahaminya.

 5. Tidak Bisa Melakukan Evaluasi

Evaluasi dalam mengelola keuangan sangat penting dilakukan untuk bisa mencapai target yang sudah ditentukan. Evaluasi biasanya dilihat dari catatan pemasukan dan pengeluaran yang selama ini telah dilakukan. Namun jika Anda tidak memiliki catatan keuangan, maka Anda akan sulit melakukan evaluasi.

Jangan menganggap remeh evaluasi, karena hal ini membantu Anda mengetahui kebutuhan Anda yang paling penting, memperbaiki gaya hidup, mengurangi keinginan atau hal yang tidak penting, dan mengutamakan menabung untuk mencapai target.

Itulah 5 akibat jika Anda tidak memiliki catatan keuangan. Jangan khawatir akan kesulitan saat membuat catatan keuangan, karena Anda bisa memiliki catatan keuangan yang lebih simpel dengan menggunakan aplikasi Senyumku.

Senyumku merupakan produk dari PT Bank Amar Indonesia Tbk yang mulai beroperasi pada 2019 dam bisa membantu Anda dalam mengatur finansial seperti menabung, bertransaksi dan mengelola uang lebih aman.

Dengan menggunakan Senyumku, Anda dapat memantau keuangan lebih mudah, bebas transaksi tanpa biaya admin, serta bisa menikmati bunga tabungan 5,5% per tahun. Ayo, gunakan aplikasi Senyumku sekarang juga!


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Sukmawati SoekarnoputriSukmawati Keluar dari Islam Tepat di Usianya yang ke-70
Wakil Presiden Maruf AminMa'ruf Amin: Kemiskinan Tidak Selesai Hanya dengan Bansos
IlustrasiDisdik Pekanbaru Minta Sekolah Hanya Berlakukan PTM Satu Sesi
  Penyampaian materi pelatihan Anugerah Jurnalistik Adinegoro yang digelar PWI Riau. PWI dan SKK Migas Sosialisasi LKTJ Migas dan Anugerah Jurnalistik Adinegoro
Sukmawati SoekarnoputriAnak dan Keluarga Setuju Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama Hinda
Barang bukti yang diamankan polisi. Polisi Ungkap Penimbunan BBM Jenis Solar di Rohul, 3 Orang Diamankan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Penyambungan Pipa Proyek IPAL di Simpang Jl Teratai-Jl Ahmad Dahlan
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved