www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Pensiunan Polisi yang Viral Jadi Manusia Silver Akhirnya Diberi Pekerjaan
 
Bantu Lawan Virus Corona, Ini 8 Makanan Mengandung Protein Tinggi
Selasa, 03 Agustus 2021 - 05:41:21 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Melawan virus Corona tidak cukup hanya dengan minum suplemen vitamin dan mineral. Tubuh juga memerlukan nutrisi dari makanan yang mengandung protein tinggi agar sistem imun tubuh lebih kuat.

Sejumlah pakar kesehatan pun menganjurkan untuk memperbanyak konsumsi protein pada pasien positif COVID-19. Sebab protein berperan penting dalam pembentukan sel-sel pertahanan tubuh terhadap penyakit.

"Protein ini penting sekali dalam pembentukan daya tahan tubuh. Tentara (imun) kita itu asalnya dari situ," ujar dr Vito Damay, SpJP, seperti dikutip dari detikHealth.

Kebutuhan protein harian orang dewasa sekitar 0,8 - 1 gram per 1 kg berat tubuh. Jadi jika diilustrasikan, orang dewasa dengan berat badan 50 kg memerlukan minimal 40 - 50 gram protein setiap harinya. Berikut ini daftar makanan yang mengandung protein tinggi, bantu imun tubuh lawan COVID-19:

1. Dada Ayam
Dada ayam merupakan salah satu makanan dengan kandungan protein tinggi. Sedikitnya terdapat 25 gram protein dalam 4 ons ayam. Kamu bisa mengolahnya dengan berbagai cara seperti dipanggang, tumis atau dijadikan sup.

2. Telur
Pasien COVID-19 sangat dianjurkan mengonsumsi telur rebus setiap hari agar cepat sembuh. Begitu pun bagi mereka yang belum terinfeksi, makan telur bisa membantu imun melawan berbagai virus dan bakteri, agar tidak menginfeksi tubuh.

Seperti dilansir BBC Good Food, dalam satu butir telur ukuran medium mengandung sekitar 6 gram protein. Bahan makanan ini sangat fleksibel dan bisa diolah jadi berbagai macam makanan seperti omelette, scrambled egg, telur mata sapi maupun diberi bumbu khas Indonesia seperti telur balado dan telur gulai.

3. Susu
Susu dan produk makanan olahannya seperti keju dan yoghurt tinggi akan protein serta kalsium. Konsumsi susu juga baik bagi pemulihan pasca COVID-19 agar gejalanya cepat hilang. Tapi pastikan terlebih dahulu kamu tidak memiliki intoleransi laktosa, sehingga susu bisa lebih mudah dicerna tubuh.

4. Makanan Laut
Makanan laut seperti ikan-ikanan, kerang, udang, juga termasuk makanan yang mengandung protein tinggi. Misalnya saja ikan tuna, dalam 150 gram umumnya mengandung 39 gram protein. Selain kaya protein, tuna juga kaya akan omega-3, lemak sehat yang baik bagi jantung.

5. Daging Sapi
Dalam 85 gram daging sapi yang telah dimasak mengandung setidaknya 22 gram protein, zat besi dan vitamin B12. Jika memungkinkan pilih daging sapi tanpa lemak atau hanya mengandung sedikit lemak.

6. Edamame
Jika tidak terlalu suka produk hewani, kamu bisa mengonsumsi edamame atau kacang kedelai. Edamame mengandung 17 gram protein dalam satu sajian cangkir. Kamu bisa mengukus atau merebus edamame untuk dijadikan camilan sehat atau sebagai tambahan bahan pada salad.

7. Tempe
Produk olahan kedelai ini punya rasa yang lezat dan sumber protein. Dalam empat ons tempe mengandung 16 gram karbohidrat, 8 gram lemak dan 12 gram serat.

8. Alpukat
Alternatif makanan protein tinggi dari nabati lainnya adalah alpukat. Buah dengan rasa gurih dan creamy ini tak hanya tinggi protein tapi juga kaya serat. Dalam satu butir alpukat ukuran sedang mengandung 4 gram protein.

Demikian daftar makanan yang mengandung protein tinggi. Kamu bisa mengonsumsinya setiap hari dan pastikan asupan nutrisi tetap seimbang. Selain protein, tubuh juga memerlukan karbohidrat, lemak, serat, vitamin dan mineral dalam jumlah cukup. Jadi pastikan makanan yang disantap bervariasi. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pensiunan Polisi yang Viral Jadi Manusia Silver Akhirnya Diberi Pekerjaan
IlustrasiHari Ini 106 Pasien Covid-19 di Riau Sembuh
4 Kecamatan di Bengkalis Nihil Pasien Corona Dirawat di Rumah Sakit
  Kadiskes Riau Mimi Yuliani NazirCapaian Vaksinasi di Pekanbaru dan Dumai Sudah di Atas 60 Persen
Polsek Bagan Sinembah mengawal proses vaksinasi siswa SMUN 1
Polsek Bagan Sinembah Kawal Vaksinasi Siswa SMUN 1
Sosialisasi Perbup Nomor 88/2020, Bupati Bengkalis: Peraturan Bukan Sekadar Pelengkap Administrasi
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Manfaat, Realisasi dan Target Penyelesaian IPAL Pekanbaru
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved