www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Pemko Pekanbaru Belum Bisa Pastikan Kapan CFD Kembali Dibuka
 
Hujan Es Jangan Dikonsumsi, Ini Bahayanya
Sabtu, 25 Maret 2023 - 18:13:35 WIB

PEKANBARU - Hujan es menjadi fenomena baru di Kota Pekanbaru karena jarang bahkan baru pertama kali terjadi di Ibukota Provinsi Riau ini.

Warga pun heboh dengan fenomena yang terjadi pada Sabtu (25/3/2023) sore ini. Ada beberapa yang kemudian bertanya-tanya, amankan hujan es dikonsumsi?

Dilansir halodoc.com, Direktur RSU PKU Muhammadiyah Prambanan, dr Dien Kalbu Ady mengatakan, kandungan dalam hujan es tidak jauh berbeda dengan hujan biasa, tapi dengan bentuk yang berbeda. Dan umumnya membawa polutan yang berasal dari atmosfer.

"Kandungan lain yang ada hujan es adalah partikel debu dan gas-gas emisi seperti nitrogen dioksida, sulfur dioksida dan karbon monoksida. Dengan demikian, konsumsi hujan es justru bisa membahayakan kesehatan," ucapnya.

Sebenarnya, di berbagai belahan dunia memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan sehari-hari. Contohnya seperti mandi, mencuci hingga dikonsumsi untuk air minum ataupun memasak.

Namun, ada sejumlah faktor yang dapat memengaruhi kandungan air hujan, termasuk seberapa sering hujan turun di wilayah tersebut, tingkat polusi udara, serta metode dan alat yang digunakan untuk menampung air.

Jenis bakteri, virus, atau parasit tertentu dapat dihilangkan dengan merebus air, tetapi kandungan lainnya mungkin memerlukan perawatan kimia sebelum air tersebut aman untuk diminum.

Untuk menghilangkan kontaminan kimia seperti logam misalnya, kamu mungkin perlu menggunakan sistem penyaringan air terlebih dahulu.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), air hujan yang dikumpulkan untuk tujuan minum harus disaring, desinfeksi, dan diuji secara teratur.

Apabila proses ini tidak dapat dilakukan, sebaiknya air hujan hanya digunakan untuk keperluan lain, seperti berkebun, mencuci pakaian, atau mandi.(*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi CFD Pekanbaru selalu ramai diikuti masyarakat (foto/int)Pemko Pekanbaru Belum Bisa Pastikan Kapan CFD Kembali Dibuka
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto (foto/int)Hotel Pemprov Riau di Jakarta Akan Groundbreaking Juni Mendatang
Tumpukan sampah di Jalan Gulama, RT 04/RW 04, Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru (foto/int)Sampah Menumpuk di Jalan Gulama Pekanbaru, Warga Keluhkan Bau Busuk
  Kemacetan yang kerap terjadi di ruas jalan SM Amin menuju Jalan Naga Sakti (foto/tribunpku)Sering Macet, Warga Minta Pemko Aktifkan Lampu Lalu Lintas Disimpang SM Amin-Naga Sakti
Asisten I  Pemkab Rohil Drs Ferry menghadiri malam pelantikan Dewan Hakim MTQ ke-42 Provinsi Riau (foto/afrizal)Pejabat Pemkab Rohil Hadiri Malam Taaruf dan Pelantikan Dewan Hakim MTQ ke-42 Riau
Bupati Kepulauan Meranti tampak melambaikan tangan, bertepuk tangan menyambut riang saat kafilah melintas di panggung mimbar kehormatan pelepasan Pawai Ta’aruf.Tampil Memukau, Kafilah Kepulauan Meranti Meriahkan MTQ Provinsi Riau Ke-42 di Kota Dumai
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved