www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Polres Bengkalis Gagalkan “Penyelundupan” 43 Warga Bangladesh ke Malaysia
 
Memelihara Kucing Menambah Rezeki, Mitos atau Fakta? Ini Penjelasannya
Kamis, 22 September 2022 - 05:15:26 WIB
ilustrasi
ilustrasi

PERNAHKAH Anda mendengar perkataan bahwa memelihara kucing menambah rezeki? Apakah hal ini termasuk mitos atau fakta? Ternyata, banyak para pecinta kucing yang penasaran akan hal tersebut. Dalam Islam, kucing diketahui sebagai hewan kesayangan Rasulullah SAW sehingga dianjurkan bagi para umat muslim untuk memperlakukan kucing dengan baik.

Selain itu, memiliki kucing sebagai hewan peliharaan juga diketahui dapat meredakan stres lantaran perilakunya yang lucu dan menggemaskan. Para pecinta kucing pasti paham jika dikatakan bahwa kucing adalah obat stres paling ampuh. Sifatnya yang bikin geleng-geleng kepala juga menjadi hiburan tersendiri pada hari-hari yang penat.

Seperti yang dilansir dari merdeka dari berbagai sumber, berikut ini adalah ulasan selengkapnya mengenai pernyataan apakah memelihara kucing menambah rezeki sebagai hal yang nyata ataukah hanya mitos belaka.

Memelihara Kucing Menambah Rezeki dalam Perspektif Islam
Kucing adalah hewan berbulu dan berkaki empat yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW. Semasa hidupnya, Rasul memiliki seekor kucing bernama Mueeza yang amat beliau sayangi. Untuk itu, hingga kini umat muslim terus memercayai bahwa dengan memberi makan kucing, maka sama dengan bersedekah.

Dalam sebuah riwayat dikatakan, “Pada setiap sedekah kepada makhluk yang memiliki hati (jantung) yang hidup, akan dapatkan pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Mengutip beramaljariyah.org, dalam hadis lain Rasulullah pernah ditanya oleh salah seorang sahabat, “Apakah berbuat baik kepada binatang bagi kami ada pahalanya?” Lantas Rasulullah bersabda, “Di dalam setiap apa yang bernyawa ada pahalanya.” (HR. Bukhari & Muslim).

Bersedekah melalui Kucing
Pahala sedekah telah dijelaskan oleh Allah SWT dalam Surah Al-Baqarah ayat 261 yang artinya:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 261).

Pun tentang persoalan kucing membawa rezeki, dalilnya adalah Al-Quran surat Hud ayat enam yang artinya;

"Dan tidak ada suatu binatang melatapun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)."

Kisah Kucing Membawa Rezeki dari Seluruh Dunia
Sejak zaman Mesir Kuno, kucing telah dipercaya dapat melindungi mereka dari segala kejahatan.  Di Mesir Kuno, mereka juga percaya bahwa mata kucing mencerminkan sinar matahari dan melindungi umat manusia dari kegelapan dan keputusasaan.

Sementara bagi orang Eropa yang hidup di daerah pedesaan, kucing dipercaya memiliki peran yang sangat penting untuk panen yang baik. Jadi, kucing diperlakukan dengan sangat hormat dan perhatian. Untuk Rusia, menempatkan kucing dalam buaian atau ayunan dianggap dapat menjauhkan roh jahat dari bayi yang baru lahir.

Beralih ke Tiongkok kuno, dahulu masyarakat merasa mereka bisa mengetahui waktu ketika mereka menatap mata kucing. Orang Romawi kuno juga berpendapat bahwa perubahan warna mata pada kucing memiliki hubungan dengan perubahan fase bulan.

Sedangkan dahulu kala di Cina, gambar kucing diyakini berarti keberuntungan dan umur panjang. Mao, nama Cina untuk kucing, berarti '80 tahun' mengutip indiatimes.com. Kucing pemanggil keberuntungan juga dipercaya oleh budaya Jepang. *

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Polres Bengkalis Gagalkan “Penyelundupan” 43 Warga Bangladesh ke Malaysia
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menandatangani KUA-PPAS APBD Perubahan Pekanabru tahun anggaran 2022.(foto: int)Tak Ingin Tunda Bayar, APBD Perubahan Pekanbaru 2022 Turun Rp60 Miliar
Kondisi rumah korban sudah dipasangi garis polisi oleh Polres Kuansing.(foto: ultra/halloriau.com)Breaking News: Honorer Kantor Camat Pangean dan Ibunya Ditemukan Tewas Bersimbah Darah
  Jasad honorer Camat Pangean dan ibunya yang ditemukan tewas.(foto: ultra/halloriau.com)Ayah Honorer Kantor Camat Pangean Masih Dirawat di Arab Saudi
Bupati Bengkalis Kasmarni membuka MTQ ke-27 Kecamatan Bantan.(foto: zulkarnaen/halloriau.com)Sempat Hujan, Bupati Kasmarni Buka MTQ ke-27 Kecamatan Bantan
Syafrudin IputSyafrudin Iput Nyatakan Siap Maju Jadi Calon Bupati Rohil
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Kontraktor IPAL Mulai Rekondisi Jalan
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved