www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Chelsea Vs Everton: Menang 2-0, The Blues Mantap di Empat Besar
 
Siram Tanaman dengan Susu, Ini Khasiatnya
Sabtu, 23 Januari 2021 - 14:53:07 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Bukan hanya air, susu juga bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Selain bisa berfungsi sebagai pupuk tanaman, susu juga memiliki sifat antijamur dan pestisida.

Sebagaimana dilansir gardeningknowhow.com, dalam susu terkandung kalsium dan vitamin B yang bermanfaat untuk tanaman. Kalsium akan membantu tanaman tumbuh dan mencegah pembusukan ujung bunga.

Ujung bunga yang busuk kerap terjadi lantaran kekurangan kandungan kalsium pada tumbuhan. Hal tersebut biasa kejadian pada tanaman seperti tomat, paprika, dan labu.

Dikutip dari cnnindonesia, sementara khasiat susu sebagai pestisida bagi tanaman hanya sampai tingkatan tertentu. Tingkatan paling menjanjikan adalah memerangi kutu dan mengurangi virus daun mosaik.

Pada saat bersamaan, susu juga bisa menjadi antijamur bagi tanaman dengan begitu bisa dibilang susu memiliki tiga manfaat sekaligus bagi tanaman.

Berdasarkan laporan The Spurce, semua jenis susu bisa digunakan untuk menyiram tanaman, termasuk susu yang sudah kedaluwarsa. Namun, akan lebih baik menggunakan susu rendah lemak 1-2 persen.

Penggunaan susu pada tanaman bisa dicampur air dengan perbandingan 50-50 ke dalam botol semprot. Perbandingan susu dan air tidak harus selalu persis 50-50 bila tidak dapat diukur dengan pasti.

Selain disemprot, campuran susu dengan air juga bisa dioleskan pada daun tanaman. Jangan lupa untuk memeriksa 30 menit setelah dioles untuk memastikan campuran susu terserap dengan baik.

Bila masih ada campuran susu yang menempel di daun, lap perlahan menggunakan kain basah. Pasalnya, cairan yang terlalu lama menempel di daun bisa menyebabkan jamur pada sejumlah tanaman.

Namun, susu bukan berarti cairan paling mujarab untuk tanaman. Penggunaan susu terlalu banyak dapat menyebabkan tanaman rusak, hal itu disebabkan lantaran terlalu banyak bakteri yang dapat menghambat pertumbuhan.

Selain itu, lemak dalam susu murni dapat menyebabkan bau tidak sedap. Kemudian susu skim dapat menyebabkan tanaman busuk menghitam, melunak, dan bercak pada tanaman tertentu. (*)

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
intChelsea Vs Everton: Menang 2-0, The Blues Mantap di Empat Besar
Ketua PWI Riau, Zulmansyah SekedangBesok, Ketua PWI Riau Lantik Pengurus PWI Dumai
Suasana Sosialisasi Larangan Membakar Hutan dan Lahan kepada sejumlah elemen masyarakat, organisasi kepemudaan (OKP) dan organisasi kemasyarakatan (Ormas)Semua Pihak Harus Berperan Aktif, Jangan Apatis
  Kendaraan dinas dikumpulkan di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti untuk dicek fisikAkan Dicek Fisik, Seluruh Kendaraan Dinas Apel di Kantor Bupati Kepulauan Meranti
Sekda Abdul Haris, Kapolres dan Danramil 02/ Rambah juga Kasi Pidum Kejari Rohul pantau peralatan untuk penanganan Karhutla di gudang BPBD RohulAntisipasi Karhutla, Kapolres dan Pemkab akan Bangun 3 Posko
ilustrasiRiau Tambah 65 Kasus Positif Covid-19, Dua Meninggal
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Rumah Produksi Sri Gemilang di Tembilahan
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved