HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Bahas Desain Brio Satya, Mobil Terlaris Honda di Tengah Covid-19
 
Ingat Bunga Kenop? Ternyata Berkhasiat untuk Obati Asma
Minggu, 25 Oktober 2020 - 06:12:31 WIB
Bunga Kenop.
Bunga Kenop.

JAKARTA - Bunga kenop (Gomphrena globosa, L.) tidak terlalu sulit ditemukan. Bunga kenop ditanam di pekarangan dan ditanam sebagai tanaman hias atau tumbuhan liar di ladang yang cukup mendapat sinar matahari.

Tumbuhan ini berbunga sepanjang tahun. Bila dilihat dari jauh, bunga ini bentuknya seperti kancing baju pada pakaian perempuan. Karena itu ada yang menyebutnya bunga kenop atau kancing. Bunganya berwarna ungu gelap. Warna bunga kenop yang cantik menjadikan bunga ini sebagai salah satu bunga hias untuk mempercantik lingkungan rumah.

Bunga kenop dapat digunakan, baik dalam kondisi segar atau dikeringkan. Dikutip dari medplants.blogspot.co.id, di Trinidad bunga direbus untuk dibuat teh, untuk mengatasi oliguria, batuk, dan diabetes. 

Teh bunga kenop mengandung vitamin dan mineral penting. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, bunga kenop sudah dikenal lama digunakan untuk mengobati asma bronkial, bronkitis akut dan kronis, batuk, hemoptisis TBC paru, pusing, pengaburan penglihatan, disentri, demam, batuk rejan, sakit kepala.

Demikian pula di Malaysia, ramuan bunga Gomphrena globosa L., diminum untuk mengobati penyakit asma, bronchitis, dan keputihan, memeriksa perdarahan dan tangisan nokturnal pada anak-anak, dan untuk menenangkan mata sakit.

Tim peneliti Departemen Bioteknologi dan Botani Jamal Mohamed College, Khajanagar, Tiruchirapalli, India, meneliti globe amaranth atau bachelor button, nama lain bunga kenop ini, yang memiliki senyawa flavonoid, fitosterol, fenolat, dan terpenoid.

Bagian yang berbeda dari tanaman ini secara tradisional diklaim digunakan untuk pengobatan spektrum luas penyakit termasuk keluhan bayi, oligioria, sakit badan, malaria, bakteri infeksi, ikterus, masalah kencing, kolesterol tinggi, batuk, demam, diare, gangguan hati, gangguan ginjal.

Manfaat Herbal Bunga Kenop

Kandungan kimia daun, bunga, dan batang bunga kenop, dikutip repository.ipb.ac.id, adalah saponin dan polifenol dan minyak atsiri. Bunga kenop banyak mengandung komponen pigmen alami yaitu dari kelompok betacyanin sebesar 1,3 mg/g sampel segar.

Betacyanin ini terdiri atas komponen gomphrenin I, gomphrenin II, gomphrenin III, gomphrenin III, gomphrenin V, gomphrenin VI, dan amarathin. Kandungan minyak asiri, flavon atau saponin mempunyai khasiat sebagai peluruh dahak.

Tumbuhan ini, dikutip dari aboutherbal.wordpress.com,  memiliki sifat farmakologis antibatuk dan peluruh dahak, menghilangkan sesak (antiasmatik), antiradang mata. Dalam farmakologi Tiongkok, disebutkan tumbuhan ini memiliki rasa manis dan netral.

Tim peneliti Departemen Kimia Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Dhaka, Bangladesh, melakukan investigasi sifat biologis Gomphrena globosa (L.) Seperti diketahui, tanaman ini  merupakan tanaman obat penting di Bangladesh dan digunakan untuk pengobatan oliguria, demam dan panas, hipertensi, batuk  dan diabetes. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bunga kenop memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi dan kandungan fenolik tinggi pula, dan terbukti memiliki  aktivitas antimikroba.

Tumbuhan bunga kenop dikutip dari stuartxchange.com, menurut penelitian banyak mengandung  betacyanin, yang alami bersifat antioksidan. Berdasarkan penelitian juga daun bunga kenop bersifat antihipertensi,  artinya menunjukkan efek hipotensi dengan penurunan tekanan darah arteri yang signifikan tanpa perubahan detak jantung.  

Selain itu berdasarkan penelitian, ekstrak bunga kenop  memiliki aktivitas antikanker yang signifikan, yang dapat memulihkan parameter hematologi dan biokimia normal, dengan bukti histologis penurunan volume tumor yang signifikan.

Demikian pula penelitian yang mengevaluasi ekstrak metanol bunga kenop terhadap aktivitas antidiare pada tikus. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas antidiare pada bunga kenop. (*)



Tags: Bunga



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)



BERITA TERKAIT    
Monstera adansonii dan Monstera obliqua.Salah Kaprah Janda Bolong Dijual Ratusan Juta Rupiah
IlustrasiGugus Tugas Covid-19: Lima Kombinasi Obat Ini Efektif Lawan Virus Corona
IlustrasiCara Aman Beli Obat dan Vitamin di Tengah Pandemi Corona
  Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin Gandeng AMSI, Sinar Mas Bekali Wartawan dengan Obat Herbal
Holy Basil atau ruku-ruku.Holy Basil, Ratu Herbal yang Menenangkan Hati dan Kendalikan Gula Darah
 Motivator Tung Desem Waringin terinfeksi virus corona COVID-19 (Foto: Tung Desem Waringin)Positif Corona, Motivator Ulung Ini Pakai Terapi Minyak Kelapa

 
Berita Lainnya :
  • Bahas Desain Brio Satya, Mobil Terlaris Honda di Tengah Covid-19
  • Jaksa Agung Ungkap Peran Penting Pers Dalam Penegakan Hukum
  • Nasihat Nabi Muhammad bagi Mereka yang Berniat Sedekah Tapi Tak Punya Uang
  • Positif Covid-19 Riau Bertambah 179. Pekanbaru Masih Pegang Rekor, Berikut Sebarannya
  • Geser Wuling Almaz, Honda CR-V Pimpin Medium SUV Paling Laku Oktober 2020, Disusul Corolla Cross
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Selamat Ulang Tahun Mas Moko
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved