HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Wagubri Ungkap Peran Zakat di Masa Pandemi Covid-19
 
Perkuat Imunitas di Musim Pancaroba dengan Vitamin C
Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:25:22 WIB
Sumber: www.thejakartapost.com
Sumber: www.thejakartapost.com

PEKANBARU - Memperhatikan kesehatan tubuh adalah suatu hal yang utama. Terlebih lagi di saat musim pancaroba yang ditandai dengan kondisi cuaca yang tidak menentu. Perubahan cuaca yang ekstrim tersebut tak jarang mengakibatkan daya imunitas menurun. Akibatnya, Anda jadi mudah sakit. Untuk meningkatkan daya imunitas tubuh, mengkonsumsi vitamin C sangatlah direkomendasikan. Ada banyak cara untuk mendapatkan asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya, dengan mengkonsumsi minuman You C1000. Minuman tersebut mengandung 1000 mg vitamin C untuk membantu menjaga daya kekebalan tubuh. Selain mengkonsumsi vitamin dalam bentuk minuman ini, Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin C dari berbagai macam makanan. Simak ulasan lebih lengkap berikut ini.

Makanan yang Kaya Akan Vitamin C

Perlu diingat bahwa manusia dewasa di atas 18 tahun membutuhkan rata-rata asupan vitamin C sebesar 75 – 90 mg per hari. Sedangkan, anak-anak yang berusia di atas 1 tahun memerlukan 40 – 45 mg vitamin C setiap harinya. Remaja di atas 12 tahun memerlukan asupan vitamin C harian sebesar 65 – 90 mg. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C per harinya, ada banyak sekali makanan alami yang dapat konsumsi. Seperti:

  1. 1.                   Jambu Biji

Jambu biji merupakan jenis buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C di dalam buah tersebut mencapai 126 mg. Dengan menyantap satu buah jambu biji per hari saja, kebutuhan harian vitamin C Anda sudah terpenuhi sebesar 140 persen. Tak hanya memiliki khasiat sebagai sumber vitamin C, jambu biji juga kaya akan manfaat lainnya. Salah satunya adalah kemampuannya dalam menurunkan resiko tekanan darah tinggi.

Bagi Anda yang memiliki kecenderungan hipertensi, konsumsi buah jambu biji secara rutin dapat membantu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Jambu biji juga menjadi sumber dari likopen. Likopen adalah zat antioksidan yang mampu membantu mencegah kanker. Penderita kanker juga disarankan untuk mengkonsumsi jambu biji sesering mungkin. Pasalnya, kadar likopen tersebut dapat membantu memperlambat penyebaran sel-sel kanker.

  1. 2.                   Anggur Hitam

Anggur hitam, atau yang populer dengan sebutan blackcurrant, juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat kaya. Dalam satu setengah cangkir buah anggur ini, Anda dapat memperoleh asupan vitamin C sebesar 101 mg. Ini artinya, asupan vitamin C harian Anda pun dapat terpenuhi sebanyak 112 persen. Buah anggur hitam ini juga kaya akan zat antioksidan bernama flavonoid. Zat flavonoid ini memberikan warna hitam alami pada buah tersebut.

Kandungan flavonoid tersebut dapat membantu membentengi tubuh dari zat-zat radikal bebas di dalam tubuh. Tak hanya berfungsi untuk membantu menghindarkan Anda dari resiko kanker dan penyakit jantung, kandungan antioksidan di dalam blackcurrant juga berguna untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan penurunan fungsi otak.

  1. 3.                   Kiwi

Buah kiwi juga menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi secara rutin. Di dalam satu butir buah kiwi berukuran sedang mengandung kadar vitamin C sebesar 71 mg. ini artinya, Anda sudah mendapatkan sekitar 79 persen dari kebutuhan harian vitamin C Anda. Selain berperan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mengkonsumsi 2 – 3 buah kiwi sehari dapat membantu mencegah resiko stroke. Anda yang sedang berusaha menurunkan kadar trigliserida juga disarankan untuk menyantap buah kiwi secara rutin.

  1. 4.                   Leci

Tidak hanya memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, leci ternyata juga menjadi sumber dari vitamin C. Di dalam satu butir buah leci mengandung vitamin C sebesar 7 mg. Untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian, Anda dapat menyantap kurang lebih satu cangkir buah leci. Kebutuhan vitamin C per hari Anda akan terpenuhi sebesar 151 persen. Selain itu, buah leci juga dikenal memiliki kandungan kolagen yang tinggi. Sehingga, mengkonsumsi buah leci juga dapat membantu menjaga elastisitas kulit bagi kaum Hawa. Selain itu, menyantap buah leci juga dapat membantu memperlancar aliran darah.

  1. 5.                   Lemon

Buah lemon memang memiliki rasa yang sangat asam. Namun, hal tersebut merupakan bukti bahwa buah tersebut sangat kaya akan vitamin C. satu butir buah lemon mentah beserta kulitnya memiliki kandungan vitamin C sebesar 83 mg. Asupan tersebut dapat memenuhi kebutuhan vitamin C Anda sebesar 93%. Tentunya, menyantap buah lemon begitu saja hampir mustahil. Anda dapat memperoleh manfaat vitamin C dari buah lemon tersebut dengan membuat minuman infused water yang terdiri dari beberapa iris buah lemon. Selain berfungsi untuk memperkuat daya imunitas tubuh, lemon juga dapat membantu membuat kulit wajah Anda menjadi lebih cerah.

  1. 6.                   Strawberry

Buah strawberry memiliki warna merah yang mempesona. Beberapa jenis buah strawberry bahkan memiliki rasa manis dengan sedikit rasa asam yang menyegarkan. Buah yang banyak digunakan sebagai hiasan dessert ini ternyata juga sangat kaya akan vitamin C. Dengan mengkonsumsi satu cangkir buah strawberry setiap hari, Anda sudah mendapatkan 99% kebutuhan vitamin C harian. Karena, buah strawberry di dalam porsi tersebut mengandung sebesar 89 mg vitamin C. Anda dapat menyantap buah strawberry begitu saja. Atau, Anda juga dapat memasukkannya ke dalam campuran smoothies yang mengenyangkan untuk sarapan. Buah strawberry juga dapat dijadikan campuran yang pas untuk hidangan oatmeal.

Selain mengandung vitamin C untuk memperkuat kekebalan tubuh, buah strawberry juga kaya akan kandungan zat antioksidan lainnya. Zat tersebut membantu mencegah kanker, penyakit kardiovaskuler, sekaligus merawat pembuluh darah. Buah strawberry ternyata juga dapat membantu mengontrol kadar gula di dalam darah. Sehingga, Anda pun memiliki resiko yang kecil terkena diabetes jika rutin mengkonsumsi buah ini. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam buah strawberry juga dapat membantu menjaga kesehatan sel-sel syaraf. Sehingga, dapat membantu menjaga agar kemampuan mengingat Anda tetap kuat. Anda pun akan terhindar dari resiko penyakit dementia.

  1. 7.                    Jeruk

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda, Anda juga dapat mengkonsumsi jeruk. Di dalam 1 butir buah jeruk terdapat 70 mg vitamin C. Kebutuhan vitamin C harian sebesar 78 persen pun dapat terpenuhi. Selain dimakan begitu saja, buah jeruk juga dapat dinikmati dengan cara lain. Contohnya, seperti mengkonsumsinya dengan cara diambil sarinya. Minuman jus jeruk tidak hanya dapat memberikan manfaat vitamin C yang Anda butuhkan. Tetapi, juga bisa menjadi pelepas dahaga di siang hari yang terik.

  1. 8.                   Cabai

Selain buah-buahan, sayuran seperti cabai juga menjadi sumber vitamin C yang sangat kaya. Di balik rasa pedasnya, satu buah cabai merah mengandung 65 mg vitamin C yang mampu memenuhi kebutuhan vitamin harian sebesar 72 persen. Selain cabe merah, cabe hijau ternyata juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat besar. Di dalam satu buah cabai hijau berukuran besar, terdapat vitamin C sebesar 109 mg. Kandungan vitamin tersebut tentunya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Selain dikenal sebagai sumber vitamin C, cabai juga banyak digunakan sebagai penyedap makanan. Makanan apapun pastinya akan terasa lebih lezat dengan kehadiran irisan cabai.

  1. 9.                   Bayam Sawi

Sayuran hijau seperti bayam sawi ternyata tak hanya menjadi sumber dari asam folat. Sayuran ini ternyata juga memiliki kandungan vitamin C sebesar 195 mg. Ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C Anda. Karena vitamin C di dalam sayuran ini gampang sekali rusak, maka sebaiknya Anda mempertimbangkan cara-cara terbaik dalam memasak sayuran ini. Selain kaya akan vitamin C dan asam folat, bayam sawi juga menjadi sumber kalsium, kalium, mangan, dan zat besi.

  1. 10.               Tomat

Tomat juga termasuk ke dalam golongan sayuran yang kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C juga diperkuat dengan vitamin A yang sangat bagus untuk membantu mempertahankan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Selain itu, tomat juga kaya akan air dan serat yang dapat membantu menjaga kelancaran sistem metabolisme tubuh. Konsumsi tomat secara rutin juga bisa membantu menjaga kestabilan kolesterol di dalam tubuh. Proses detoksifikasi pun akan berlangsung dengan lebih lancar. Cara terbaik untuk menyantap tomat memang dengan memakannya langsung. Namun, mengolahnya menjadi jus tomat juga bisa dijadikan sebagai pilihan.

Cara Lain untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal ini agar daya kekebalan tubuh terjaga:

  1. Istirahat Malam yang Cukup

Salah satu penyebab daya imunitas turun bisa jadi karena Anda terlalu sering begadang. Sesekali begadang untuk menyelesaikan pekerjaan memang tidak dapat dihindari. Namun, kebiasaan tidur yang terlalu larut lambat laun juga dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Saat Anda tidur, tubuh melakukan perbaikan terhadap sel-sel tubuh. Di saat yang sama, tubuh Anda juga beristirahat untuk menghimpun energi.

Jika Anda tidur terlalu larut, maka proses perbaikan sel-sel tubuh pun tidak berlangsung secara maksimal. Udara malam yang dingin juga dapat mengakibatkan sistem imunitas tubuh pun ikut menurun. Tak heran, Anda jadi lebih mudah terserang flu akibat sering begadang. Usahakan untuk beristirahat selama 7- 8  jam perhari. Semakin berkualitas tidur Anda, akan semakin berenergi pula tubuh Anda di pagi hari.

  1. Hindari Stres

Stres, dalam kadar yang sewajarnya memang dapat meningkatkan produktivitas Anda. Namun, yang sering terjadi justru kadar stres yang terlalu berlebihan. Saat stres, tubuh berada dalam kondisi “fight or flight”. Hormon kortisol mengalami peningkatan, tekanan darah juga menjadi tinggi. Daya imunitas tubuh pun menurun karena seluruh energi digunakan untuk mengatasi kondisi pemicu stres tersebut.

Jika Anda mengalami stres yang berlebihan, daya imunitas tubuh pun akan selalu berada di level terendah. Tak heran, Anda menjadi lebih mudah jatuh sakit. Jika Anda memiliki pekerjaan atau pola hidup dengan tingkat stres tinggi, ada baiknya untuk melakukan manajemen stres. Contohnya, seperti melakukan olahraga yoga.

  1. Berolahraga Rutin

Setiap hari, paling tidak Anda wajib berolahraga paling tidak selama 30 menit. Cukup dengan menjaga pola olahraga rutin itu saja, Anda sudah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Akan lebih baik lagi jika Anda melakukan variasi olahraga yang berbeda setiap harinya. Selain bisa meningkatkan daya imunitas tubuh, berolahraga ternyata juga bisa membantu membakar kalori. Sehingga, tubuh Anda pun menjadi lebih langsing. Salah satu jenis olahraga termudah yang bisa dilakukan setiap saat adalah berjalan kaki atau bersepeda.

Demikianlah beberapa tips memperoleh asupan vitamin C dan upaya lain untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Selamat mencoba!



Tags: Vitamin C Imunitas Musim Pancaroba



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)



BERITA TERKAIT    
IlustrasiHati-hati, Risiko Kena Infeksi Virus Lebih Mudah Saat Musim Pancaroba
IlustrasiJalani New Normal, Ini 10 Vitamin C yang Bikin Tubuh Kuat Hadapi Corona
  IlustrasiIni Manfaat Sarapan Kentang, Bisa Lancarkan Pencernaan dan Perkuat Imun

 
Berita Lainnya :
  • Wagubri Ungkap Peran Zakat di Masa Pandemi Covid-19
  • Jenazah Almarhum Eko Suharjo Tiba di Dumai
  • Breaking News: KPK Tangkap Menteri KKP Edhy Prabowo
  • Kabar Duka, Calon Walikota Dumai Eko Suharjo Meninggal Dunia
  • Cinta Laura dan Putri Tanjung Berikan Dukungan kepada Perempuan Indonesia untuk Menjadi Womanpreneur Sukses
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Selamat Ulang Tahun Mas Moko
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved