HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Jelang Pilkada, Wagubri Sebut Situasi Politik Riau Aman
 
Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Sebelum Olahraga
Senin, 24 Agustus 2020 - 07:22:51 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Sebelum olahraga sebaiknya mengasup camilan sebagai asupan energi. Namun, hindari beberapa makanan ini karena dapat menyebabkan perut kram hingga kembung.
Dengan berolahraga, tubuh akan menjadi sehat dan kuat. Dibutuhkan energi yang cukup agar olahraga dapat berjalan dengan lancar. Karenanya, sebelum olahraga ada baiknya mengonsumsi camilan sehat.

Bahkan ahli nutrisi David Wiener menyarankan untuk tidak membiarkan perut kosong saat berolahraga. Namun, perhatikan juga jenis camilan yang dimakan sebelum olahraga. Jangan sampai makanan dan minuman yang dikonsumsi justru dapat mengganggu jalannya olahraga.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari sebelum berolahraga. Itu karena dapat menyebabkan kram perut, mulas hingga kembung.

Dilansir dari detik Senin (25/8/2020) berikut 5 jenis makanan dan minuman yang harus dihindari sebelum olahraga.

1. Minuman Bersoda
Makanan yang harus dihindari sebelum olahraga Foto: iStock
Meski menyegarkan, minuman bersoda bukan pilihan yang baik untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Itu karena minuman soda tidak memiliki kandungan nutrisi. Bahkan kandungannya cenderung lebih banyak. Maka tak heran minuman bersoda disebut sebagai minuman paling buruk.

Kandungan gula dan karbonasinya yang terlalu tinggi akan membuat tubuh menjadi tak nyaman. Perut akan terasa kembung, mual hingga kram yang menyiksa saat berolahraga. Selain itu, minuman bersoda mengandung natrium dalam jumlah yang tinggi.

Kandungan tersebut dapat membuat tubuh menjadi cepat dehidrasi karena natrium mengeluarkan air dari sel-sel tubuh. Dari pada minuman bersoda, alangkah baiknya jika mengonsumsi teh hijau sebelum berolahraga.

2. Kacang

Kacang memang pilihan makanan sehat, itu karena kandungan lemak sehatnya. Namun, kacang bukan pilihan makanan yang bagus dikonsumsi sebelum berolahraga. Mengonsumsi makanan berlemak tinggi seperti kacang sebelum olahraga dapat mengganggu olahraga..

Itu karena lemak yang terkandung dalam kacang akan memperlambat pencernaan. Jika semakin banyak kandungan lemak dalam makanan, maka semakin lama makanan itu dapat dicerna. Nutrisi sangat dibutuhkan untuk olahraga karena bisa memberikan energi.

Karenanya, makanan harus dicerna terlebih dahulu, jadi bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk berolahraga. Kalau kamu ingin makan makanan berlemak sebelum olahraga, kamu bisa mengonsumsinya 1,5 hingga 2 jam sebelum olahraga.

3. Makanan Pedas

Makan makanan pedas mungkin bisa membangkitkan selera makan. Rasa pedas yang ditimbulkan karena kandungan capsaicin bahkan bisa memberikan khasiat kesehatan tertentu. Namun, mengonsumsi makanan pedas sebelum olahraga sebaiknya harus dihindari.

Ada beberapa alasan mengapa hal ini harus dihindari. Pertama, makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang nantinya akan membuat perut menjadi mulas dan mengganggu aktivitas olahraga.

Selain itu, makanan pedas juga bisa menyebabkan kram perut yang menyiksa. Jika kebiasaan makan makanan pedas sebelum olahraga masih dilakukan, kamu bisa mengalami gangguan pencernaan yang lebih serius.

4. Alpukat

Alpukat merupakan makanan dengan segudang manfaat sehat. Maka tak heran, buah alpukat disebut sebagai superfood. Bahkan banyak selebriti yang memanfaatkan buah ini sebagai rahasia sehat dan cantiknya.

Namun, khasiat sehat itu tidak akan didapat jika dikonsumsi di waktu yang salah. Mengonsumsi alpukat sebelum olahraga adalah kesalahan terbesar. Itu karena buah dengan tekstur creamy ini mengandung lemak jenuh tunggal dalam jumlah yang tinggi.

Selain itu, alpukat juga kaya akan serat. Nah, kombinasi antara kandungan nutrisi tersebut membutuhkan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh. Sementara saat berolahraga, makanan harus dicerna untuk menghasilkan energi. Jika ini dilakukan bisa menyebabkan kram perut.

5. Brokoli dan Kembang Kol

Sayuran cruciferous adalah jenis sayuran seperti kubis, brokoli, lebak, dan kembang kol. Jenis sayur ini bagus untuk diet, tetapi akan mengganggu tubuh kamu jika dikonsumsi sebelum berolahraga.

Itu karena jenis sayuran ini mengandung raffinose, sejenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna sehingga menyebabkan perut menjadi kembung. Selain itu, sayuran cruciferous juga mengandung gas dalam jumlah yang tinggi. (*)



Tags: Makanan Olahraga



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)



BERITA TERKAIT    
IlustrasiHindari Konsumsi 5 Makanan Ini Sebelum Olahraga
IlustrasiBersepeda Malam atau Pagi Hari, Mana yang Lebih Baik?
IlustrasiLingkar Perut Sama dengan Pinggang, Ini Bahaya yang Akan Mengintai
  Pacific 2990-V.Pilih Sepeda Lipat Incaranmu, Berikut Deretan Model dengan Harga di Bawah Rp 3 juta
IlustrasiJangan Tertipu! Ini 5 Tips Populer Turunkan Berat Badan yang Ternyata Menyesatkan
IlustrasiJika Tak Mau Cepat Tua, Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini

 
Berita Lainnya :
  • Jelang Pilkada, Wagubri Sebut Situasi Politik Riau Aman
  • Master Plan Pengendalian Banjir Kota Pekanbaru Rampung
  • Hari Juang TNI AD, Korem 031/WB Kumpulkan 600 Kantong Darah
  • Jelang Pemungutan Suara, Polres Inhu Optimalkan Patroli Money Politic
  • Dugaan Korupsi Bansos, KPK OTT Enam Orang Pejabat Kemensos
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Selamat Ulang Tahun Mas Moko
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved