HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Tas Mahal Seharga Rp29 Juta Ini Dibilang Mirip Kantong 'Pup' Anjing, Menurutmu?
 
Virus Corona Bisa Menular Lewat Udara, Ini yang Harus Dilakukan untuk Mengurangi Penularannya
Minggu, 12 Juli 2020 - 18:43:06 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Para peneliti dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memastikan virus Korona bisa menular lewat udara. Virus ukuran mikro bisa melayang di udara selama berjam-jam setelah dikeluarkan oleh penderita Covid-19 lewat batuk, bersin, bernyanyi, dan berteriak. Virus Korona akan mudah terjebak di udara di dalam ruangan yang tertutup dan ramai orang hilir mudik.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, sebetulnya virus tersebut bisa menular di udara jika berada terjebak dalam ruangan yang tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus. Virus ukuran mikro droplet tersebut, kata Yurianto, bertahan melayang-layang di udara dalam ruangan selama dalam waktu yang lama. Maka kuncinya adalah memperbaiki sirkulasi udara di sebuah ruangan.

“Belakangan ini masyarakar khawatir sebaran penyakit ini bisa disebarkan melalui udara. Dari beberapa kali kami coba koordinasi dengan WHO, sebenernya kasus ini disebabkan oleh mikro droplet sangat kecil yang bisa bertahan lama di ruangan manakala sirkulasi tak berjalan dengan baik. Sehingga tertahan melayang-layang di udara,” tegasnya dalam konferensi pers baru-baru ini dikutip dari riaupos.

Maka sangat memungkinkan bagi siapapun yang tak terlindung tanpa masker atau menggunakan masker tak tepat, akan sangat memungkinkan tertular. Maka untuk sebuah ruangan, baik itu di rumah, kantor, restoran, dan berbagai fasilitas publik, hingga mobil sekalipun, harus memiliki ventilasi dan sirkulasi udara yang baik.

“Mari pahami penularan bisa terjadi dari sumber penularan sehingga droplet bisa menyebar. Atau droplet berupa mikro droplet melayang di udara. Tapi itu semua bisa ditahan jika menggunakan masker,” tegasnya.

Ruangan Kantor

Yurianto meminta semua ruangan kantor untuk diperhatikan aliran sirkulasi udaranya. Apalagi kini sudah memasuki era New Normal di mana banyak orang sudah mulai kembali bekerja di kantor.

“Upayakan di semua ruang kerja kita dijamin sirkulasi udaranya bisa tergantikan setiap hari. Paksakan udara bergerak apakah pakai kipas angin atau penghisap udara agar semua selalu bergerak,” jelasnya.

Apalagi bagi pegawai kantor yang masuk dalam kelompok usia rentan. Maka gunakanlah masker yang baik.
“Kita yang rentan, siapapun rentan gunakan masker dengan cara yang baik. Dan mulai aktivitas perkantoran, perhatikan betul sirkulasi udara di ruang kerja Anda,” tuturnya.

Udara di Mobil

Meski mobil pribadi yang selalu digunakan sendiri atau keluarga setiap hari, Yurianto menyarankan agar udara tetap terganti setiap hari. Jangan selalu menutup mobil dengan AC. Buka setiap jendela mobil setiap pagi, agar udara bisa tergantikan.

“Memungkinkan udara masuk dan keluar lewat jendela yang dibuka di pagi hari agar udara bisa masuk. Ini memungkinkan agar udara di dalam mobil tak terjebak berhari-hari. Pastikan setiap hari adalah udara baru yang tergantikan di dalam mobil,” katanya. (*)

 



Tags: WHO Achmad Yurianto COVID-19 Virus Corona



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Paket Internet Unlimeted dari Smartfren.Smartfren Internet Unlimited Jadi Pilihan Terbaik untuk Semua Orang, Termasuk Keluarga
IlustrasiDi Tengah Pandemi Covid-19, Berikut Panduan, Tata Cara, dan Niat Salat Idul Adha
IlustrasiAgar Imunitas Anak Terjaga di Masa Pandemi, Ini yang Harus Diperhatikan Orangtua
  IlustrasiMuncul Klaster dari Gowes, Berikut 4 Tips Cegah Covid-19 Saat Touring Sepeda
IlustrasiBerikut 7 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Pakai Masker
Megabintang Bollywood Aishwarya Rai BachchanPositif Covid-19 dan Alami Sesak Napas, Aishwarya Rai Dilarikan ke Rumah Sakit

 
Berita Lainnya :
  • Tas Mahal Seharga Rp29 Juta Ini Dibilang Mirip Kantong 'Pup' Anjing, Menurutmu?
  • Pemko Isolasi Pasien Positif OTG Covid-19 di Rusunawa Rejosari
  • Plat di Dalam Lengan Rusak, Marquez Dioperasi Lagi
  • Penerapan Denda Tidak Pakai Masker di Pekanbaru Tunggu Kesiapan Tim Lapangan
  • Murka Keluarganya Terima Daging Kurban, Pria Ini Bunuh Saudaranya
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Silaturahmi Ibu-ibu Perumahan Oasis ke Kampar
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved