HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
18 Tambahan Kasus Baru Covid-19 di Kuansing, Seluruhnya dari Klaster Tahanan
 
AC Mobil Dikhawatirkan Jadi Media Penularan Corona Lewat Udara
Kamis, 09 Juli 2020 - 14:37:32 WIB
Kabin mobil.
Kabin mobil.

JAKARTA-Pakar keselamatan berkendara dari Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengkhawatirkan penularan virus corona (Covid-19) lewat udara bisa terjadi di ruangan sempit seperti kabin mobil yang memakai sistem penyejuk udara (AC).

Potensi penularan lewat udara alias airborne sebelumnya diungkapkan oleh 239 ilmuwan di 32 negara melalui surat terbuka.

Dalam surat yang meminta Badan Kesehatan Dunia (WHO) merevisi kebijakan protokol kesehatan semasa pandemi itu dijelaskan penularan SARS-COV-2, penyebab Covid-19, dapat terjadi melalui percikan air liur yang mengudara (airborne).

Penjelasan lebih jauh soal itu, airborne merujuk pada penularan virus melalui aerosol, inti tetesan pernapasan kecil yang berada di udara. Aerosol dikatakan berbeda dengan tetesan besar yang bakal langsung jatuh ke tanah setelah keluar dari tubuh manusia.

Selain menular saat berada di udara, aerosol yang berukuran sangat kecil, di bawah 5 mikron, juga disebut bisa menempel di permukaan benda. Skenario seseorang bisa tertular karena hal itu yakni saat permukaan terpapar aerosol disentuh tangan kemudian memegang area wajah seperti mulut, hidung, atau mata.

Jusri mengatakan jika benar virus corona mampu menular melalui udara, hal itu akan sangat rentan terjadi di kabin mobil yang tertutup dan menggunakan sistem AC.

Sistem AC bertugas melakukan sirkulasi udara di kabin mobil, dalam jangka waktu lama udara akan terperangkap. Hal itu positif sebab membuat suhu di kabin bisa diatur sesuai yang dinginkan, namun berpotensi menjadi tidak sehat saat dihirup penumpang jika sistem AC kotor atau tercemar virus dan bakteri.

"Ya yang dikhawatirkan kan kita satu ruangan dengan orang tidak dikenal, misalnya naik taksi, kereta, bus, itu udaranya muter aja di situ. Mau tidak mau ya membentengi diri," kata Jusri melalui telepon, Kamis (8/7/2020).

Menurut Jusri untuk mengantisipasi hal itu seseorang di dalam kabin mobil atau di transportasi umum yang menggunakan AC disarankan menggunakan alat pelindung diri atau APD seperti anjuran pemerintah, yakni masker dan sarung tangan.

Ditulis cnnindonesia, Jusri bilang agar lebih aman seseorang dapat meningkatkan kualitas masker dari bahan kain menjadi standar N95. Kemudian kenakan juga faceshield untuk 'membentengi' wajah.

Lebih lanjut, Jusri menambahkan, untuk mencegah penularan sebaiknya seluruh penghuni kabin tidak banyak berbicara atau intens berkomunikasi. Menurut dia ini sebagai tindakan meminimalisir penularan wabah via udara.

Kaca mobil juga disarankan dibuka secara berkala agar sirkulasi udara tetap baik.

"Jika sudah di dalam kabin pada ruangan tertutup, semaksimal mungkin dengan orang yang tak dikenal jangan sering komunikasi. Kemudian selalu jaga kebersihan diri, lalu pemilik kendaraan juga rajin membersihkan mobilnya seperti yang dilakukan sejak awal," ucap Jusri.(*)



Tags: Corona



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiTak Lagi 14 Hari, Masa Isolasi Pasien Corona Bergejala Ringan Diubah CDC
IlustrasiHapus Pemakaian Kata ODP, PDP dan OTG, Ini 6 Istilah Baru Seputar Covid-19 dari Pemerintah
Amitabh BachchanAmitabh Bachchan Megabintang Bollywood Positif Corona
  Pakai masker cuma di dagu adalah salah satu kesalahan yang membuatnya nyaris tak berguna. Foto: Detik Jadi Tak Berguna, Berikut 8 Kesalahan Pakai Masker
IlustrasiVirus Corona Bisa Menular Lewat Udara, Ini yang Harus Dilakukan untuk Mengurangi Penularannya
Kabin mobil.AC Mobil Dikhawatirkan Jadi Media Penularan Corona Lewat Udara

 
Berita Lainnya :
  • 18 Tambahan Kasus Baru Covid-19 di Kuansing, Seluruhnya dari Klaster Tahanan
  • Kalah Memalukan, Hotel Messi Cs Digeruduk Fans, Diteriaki Umpatan dan Caki Maki
  • Kasus DBD di Pekanbaru Capai 445 Kasus, Tinggal 2 yang Dirawat
  • Viral, Diduga Dicatut, Foto dan Profil Tabrani Beredar di Medsos dengan Ujaran Kasar
  • Kasus Korupsi Pipa Transmisi, Kejati Riau Masih Teliti Berkas Plt Bupati Bengkalis Nonaktif
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Silaturahmi Ibu-ibu Perumahan Oasis ke Kampar
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved