HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
PDP di Inhu Bertambah Jadi Dua orang, Total 30 Pasien
 
Pemimpin yang Ideal Menurut Perspektif Budaya Melayu
Minggu, 28 Juni 2020 - 09:22:29 WIB
H Mardiamal, SPd, MM
H Mardiamal, SPd, MM

 PEKANBARU - Dewasa ini, kepemimpinan menjadi persoalan yang sangat penting dan krusial bagi setiap bangsa. Setiap kali kita berbicara masalah kepemimpinan tentunya tidak terlepas dari masalah kualitas dan karakter kepemimpinan tersebut. 

Bila suatu daerah atau bangsa dengan kualitas kepemimpinan yang buruk atau tidak bisa menjadi role model (teladan), mudah disetir, tidak tegas dalam mengambil suatu keputusan, berbagai penyimpangan etika dan perilaku  negatif lainnya, tentunya akan mengurangi wibawa pemimpin tersebut dan akan berdampak kepada rusaknya tatanan sosial pada masyarakat yang dipimpinnya.

Kepemimpinan ditinjau  dari kaca mata Islam merupakan salah satu hal yang sangat penting dan mutlak dalam kehidupan ini, karena pada dasarnya setiap kita diamanahkan oleh Allah SWT untuk menjadi pemimpin (Khalifah), minimal kita memimpin diri sendiri, kita akan diminta bertanggung jawab terhadap apa yang telah kita lakukan, kemudian sebagai kepala keluarga kita juga bertanggung jawab terhadap istri dan anak-anak.

Kemudian tentunya juga dalam memimpin masyarakat yang lebih luas atau kelompok tertentu maka wajib mempertanggung jawabkan kepemimpinannya di hadapan manusia dan di hadapan Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda “Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan diminta pertanggung jawaban atas yang dipimpinnya.“ (HR.Bukhari).

Pemimpin  ditinjau dari perspektif Kearifan Budaya Melayu yang identik dengan Islam, seorang pemimpin memiliki dua fungsi utama. Pertama berfungsi sebagai Imam atau pemberi keteladanan (role model) baik etika, sikap atau prilaku. Yang kedua pemimpin sebagai pemberi keadilan dalam segala asfek dengan tujuan  untuk memakmurkan rakyat yang dipimpinnya. 

Pemimpin berfungsi sebagai pemberi keteladanan. Seorang pemimpin dalam Budaya Melayu terlebih dahulu memperbaiki dirinya dalam segala asfek dan menjauhkan diri dari perbuatan tercela dan mampu mengendalikan diri dari godaan nafsu syahwat.

Konsep kepemimpinan sebagai pemberi keteladanan ini secara terperinci tergambar dalam kitab suci Alquran dan telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW yang terlahir sebagai Pemimpin terbaik, bukan hanya untuk umat Islam saja, melainkan untuk seluruh alam. Sifat–sifat Nabi Muhammad SAW adalah : Shiddiq berarti menjunjung tinggi kebenaran, Amanah berarti dapat dipercaya, Tabliq bermakna menyampaikan kebenaran serta Fathonah yang berarti cerdas.

Seorang pemimpin berfungsi pemberi keadilan dan kemakmuran tentunya harus berusaha memakmurkan dan meningkatkan kesejahteraan rakyatnya dengan prinsip keadilan dalam berbagai asfek seperti sosial, ekonomi, hukum dan sebagainya. Seorang Pemimpin mempunyai sifat Shiddiq dapat diartikan seluruh ucapan, pebuatan dan sikap tentunya harus sejalan,konsisten dan komitmen yang kuat untuk suatu kebenaran. 

Amanah berarti dipercaya, dalam arti kata seorang pemimpin harus memilki kredibilitas dan integritas yang tinggi sehingga dipercaya oleh masyarakatnya. Tabliq bermakna menyampaikan kebenaran, dalam arti kata seorang pemimpin harus mempunyai Communication Skill yang baik. Sehingga dengan kemampuan komunikasi yang baik, pemimpin tersebut diharapkan bisa berperan sebagai jembatan menghubungkan satu individu dengan individu lainnya atau antar kelompok masyarakat, dia bisa memahami yang berbeda pendapat bukan dianggap sebagai musuh.

Pemimpin tersebut bisa merangkul bukan memukul, pemimpin yang bisa mengajak bukan mengejek, pemimpin yang membina bukan menghina, pemimpin yang menghargai perbedaan bukan mencari pembenaran. 

Fathonah berarti Cerdas. Seorang Pemimpin harus mempunyai Intelektualitas yang memadai dan Profesional, sehingga ia mampu memutuskan kebijakan yang tepat dan akurat  dan sejalan dengan akal sehat serta  tidak bertentangan dengan syariat Islam dan kearifan budaya lokal. Seorang Pemimpin yang mempunyai Intelektualitas yang tinggi akan mampu berfikir jauh kedepan ( Visioner ) serta dia memahami ilmu kepemimpinan (Leadership).

Akhir tulisan ini, mari kita semua menyadari  bahwa  kepemimpinan adalah suatu amanah yang harus kita pertanggungjawabkan dunia dan akhirat. Oleh karena itu, siapapun kita dan dimanapun kita  berada serta apapun jabatan kita, kiranya kita harus menyadari semua ini.

Sebuah ungkapan budaya Melayu yang sangat familiar, mungkin patut kita renungkan bersama: Pemimpin adalah orang yang didahulukan selangkah, yang ditinggikan seranting, dilebihkan serambut, dimuliakan sekuku dan dituakan oleh orang banyak. Bila Amanah sudah dipegang, Ikhlaskan hati dan dada hendaklah lapang, Kalau  amanah sudah diterima, Ikhlaskan Hati dan jagalah  nama.
   
Penulis : H. Mardiamal, SPd, MM
ASN Pekanbaru dan Pengurus LAM Riau




Tags: Pemimpin Budaya Melayu Kepemimpinan



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
 

 
Berita Lainnya :
  • PDP di Inhu Bertambah Jadi Dua orang, Total 30 Pasien
  • 9 Provinsi Termasuk Riau, Nihil Kasus Baru Covid 19 Hari Ini
  • Demi Cukupi Kebutuhan, Lansia Ini Harus Berjalan Kaki 10 KM Cari Buah Pinang
  • Pasien Corona di Indonesia Hari Ini Tambah 1.611, Total 72.347 Kasus
  • 305 Anak Jadi Korban Predator Seks Asal Prancis, Gunakan Kamera Tersembunyi Rekam Pencabulan
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Silaturahmi Ibu-ibu Perumahan Oasis ke Kampar
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved