www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Hampir 20 Persen Pasien Tanpa Gejala Ikut Alami Long Covid
 
Duh, Fitur Ini Malah Bocorkan Nomor HP Pengguna WhatsApp ke Mesin Pencari
Rabu, 10 Juni 2020 - 08:55:35 WIB
WhatsApp
WhatsApp

JAKARTA - Banyak orang yang tak mau nomor teleponnya muncul di hasil pencarian Google, namun ada fitur WhatsApp yang bisa membuat nomor telepon penggunanya bisa muncul di mesin pencari terbesar tersebut.

Adalah Athul Jayaram, seorang peneliti keamanan siber, yang mengungkap hal ini, yaitu fitur yang bisa bikin 'bocornya' nomor telepon pengguna WhatsApp ke hasil pencarian di Google.

Menurut Jayaram, fitur tersebut adalah opsi Click to Chat yang bisa dipasang di sebuah situs, di mana orang yang mengklik link tersebut akan diarahkan untuk membuka WhatsApp dan memulai percakapan dengan nomor yang dipasang.

Google bakal memasukkan kode embed dan menampilkan nomor telepon tersebut dalam hasil pencarian di mesin pencarinya, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Selasa (9/6/2020).

"Nomor telepon anda akan muncul dalam bentuk teks di URL ini, dan siapa pun yang punya URL tersebut bisa mengetahui nomor telepon Anda. Hal ini tak dimatikan. Saat nomor telepon sudah bocor, penyerang bisa mengirim pesan ke mereka, menelpon mereka, menjual nomor telepon mereka ke marketer, spammer, dan scammer," tulis Jayaram.

Lebih parahnya lagi, setelah mengetahui nomor telepon ini, siapa pun bisa melihat foto profil WhatsApp si korban dan melakukan pencarian reverse-image untuk mencari akun media sosial korban yang lain, dan menemukan banyak hal mengenai si korban.

WhatsApp pun mengeluarkan pernyataannya terhadap temuan Jayaram ini. Menurut WhatsApp ini bukan masalah besar, karena pengguna WhatsApp (seharusnya) sudah sadar untuk mempublikasikan nomor teleponnya lewat URL di fitur ini.

"Semua pengguna WhatsApp, termasuk pengguna WhatsApp Business, bisa memblok semua pesan yang tak diinginkan dengan menekan sebuah tombol," tulis WhatsApp dalam pernyataannya.

"Temuan ini tak lolos syarat untuk sebuah bounty karena ini hanyalah menampilkan hasil index URL yang memang disadari oleh pengguna WhatsApp saat mempublikasikan nomor telepon mereka," tambahnya dikutip detikcom.

Namun menurut Jayaram, sebenarnya WhatsApp bisa dengan mudah menghindari masalah ini. Yaitu dengan mengenkripsi nomor telepon penggunanya, dan menambahkan baris kode robots.txt yang berfungsi untuk meminta Google bahwa informasi ini tak bisa masuk ke dalam indeks di mesin pencari mereka. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
IlustrasiHampir 20 Persen Pasien Tanpa Gejala Ikut Alami Long Covid
IlustrasiUsai Divaksin AstraZeneca, Puluhan Pekerja di Batam Dilarikan ke Rumah Sakit
istHasil Italia Vs Swiss: Gli Azzurri Menang 3-0, Lolos ke Babak 16 Besar
  IlustrasiPenularan Covid-19 Bisa Lewat AC Mobil, Ini Cara Menanganinya
Gelandang Timnas Italia Manuel Locatelli merayakan golnya ke gawang Swiss bersama dengan Lorenzo Insigne pada laga Grup A Euro 2020 di Estadio Olimpico, Roma, pada 16 Juni 2021. Foto: KompasHasil Piala Eropa: Italia Tampil Memukau, Rusia Buka Peluang
Terawan Agus PutrantoDitanya Kenapa Vaksin Nusantara Dianggap Bahaya, Jawaban Terawan Mengejutkan!
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Balai PPW Riau Tinjau Program Pamsimas dan Kotaku di Kuansing
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved