HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Akibat Abrasi, 4 Pulau di Riau Terancam Tenggelam
 
Penelitian Ungkap Orang Golongan Darah A Lebih Berisiko Alami Gejala Serius Covid-19
Sabtu, 06 Juni 2020 - 06:07:50 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, studi menunjukkan bahwa golongan darah A mungkin lebih berisiko mengalami gejala serius virus corona dibanding pasien dengan orang bergolongan darah lainnya. 

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Jerman dan Norwegia menunjukkan bahwa orang dengan golongan darah tertentu mungkin lebih rentan terhadap penyakit tertentu, termasuk virus corona.

Mengutip Telegraph, para peneliti menemukan dua poin dalam genom manusia yang dikaitkan dengan peningkatan risiko kegagalan pernapasan pada pasien dengan Covid-19. Salah satu poin ini adalah gen yang menentukan golongan darah.

Para peneliti mengambil sampel darah dari 1.610 pasien di rumah sakit di Italia dan Spanyol yang membutuhkan oksigen atau harus menggunakan ventilator. Mereka mengekstraksi DNA dan memindainya menggunakan teknik yang disebut genotyping.

Mereka kemudian membandingkan temuan ini dengan 2.205 donor darah yang tidak memiliki Covid-19. Mereka kemudian melihat DNA pasien Covid-19 untuk menentukan apakah mereka memiliki kode genetik yang sama.

Peneliti menemukan, pemilik golongan darah tipe A dikaitkan dengan penelitian 50 persen dalam kemungkinan bahwa pasien bergolongan darah A membutuhkan bantuan oksigen atau menggunakan ventilator.

Andre Franke, profesor kedokteran molekuler di Universitas Kiel dan penulis utama studi tersebut mengatakan tidak pasti apakah golongan darah yang menentukan apakah seseorang akan sakit lebih parah, atau penanda genetik.

"Kami belum bisa menguraikan apakah sebenarnya golongan darah itu risiko atau beberapa varian genetik yang terkait dengan golongan darah. Menggunakan golongan darah sebagai proksi, kami memperkirakan perlindungan 50 persen lebih tinggi untuk [golongan darah] O dan risiko 50 persen lebih tinggi untuk A," kata Franke dikutip dari cnnindonesia.

Studi terpisah dari Cina dan Amerika Serikat juga menunjukkan bahwa orang dengan golongan darah A lebih rentan terhadap penyakit daripada orang-orang dengan tipe O, tipe darah yang lebih umum. Sebelumnya, selama epidemi SARS 2002-2003, penyakit dari virus corona yang dekat dengan covid-19 juga menemukan bahwa mereka yang memiliki golongan darah A lebih mungkin terinfeksi penyakit ini.

Namun peneliti masih tak yakin mengapa ada kaitan di antara keduanya. Penelitian ini belum dipublikasikan dalam jurnal dan membutuhkan penelitian lain (peer review), 

Meski Franke belum bisa menemukan alasan dan kaitannya, namun ada kemungkinan alasan mengapa hal ini bisa terjadi, salah satunya adalah karena antibodi.

Sakthi Vaiyapuri, profesor di bidang farmakologi kardiovaskular dan racun di Universitas Reading yang tak terlibat dalam penelitian ini mengatakan bahwa kelompok darah yang berbeda memiliki antibodi yang berbeda yang dapat memberikan perlindungan terhadap beberapa penyakit yang berbeda.

"Tapi mekanisme molekuler di balik golongan darah untuk perlindungan dan kerentanan untuk beberapa penyakit masih kurang dipahami." (*)




Tags: Golongan Darah A Peneliti COVID-19 Virus Corona



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiSedang Diuji ke Manusia, Vaksin Corona Harganya Hanya Rp50 Ribu
IlustrasiVIrus Corona Bisa Ditularkan Lewat Mata, Begini Cara Pencegahannya
IlustrasiPenelitian Ungkap Orang Golongan Darah A Lebih Berisiko Alami Gejala Serius Covid-19
  IlustrasiPenelitian Ungkap Masker Cara Paling Efektif Tekan Penularan Corona
Foto: AntaraPenelitian Ungkap Masker Dapat Cegah Gelombang Kedua Covid-19
IlustrasiBerapa Lama Virus Corona Bertahan di Tubuh Orang yang Terinfeksi?

 
Berita Lainnya :
  • Akibat Abrasi, 4 Pulau di Riau Terancam Tenggelam
  • SKK Migas dan KKKS Serahkan Paket Sembako ke PWI Riau
  • Gagasan Webinar Komunikasi Kesehatan: Kreativitas, Sesuaikan Aktor hingga Gunakan Pantun
  • Direktur PT DSI Ditetapkan Sebagai Tersangka Pembakar Lahan di Riau
  • Soal Petugas PPDP Reaktif Rapid Test, KPU Bengkalis Tunggu Hasil Swab
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Silaturahmi Ibu-ibu Perumahan Oasis ke Kampar
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved