HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
BKKBN Minta Tunda Kehamilan di Masa Pandemi Covid-19
 
Ini 7 Kesalahan Berpuasa yang Bikin Berat Badan Malah Naik
Sabtu, 09 Mei 2020 - 08:25:53 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Bulan Ramadhan adalah waktu untuk berpuasa menahan lapar dan haus serta hawa nafsu. Puasa tentu saja membuat jam makanmu menjadi terbatas. Sebenarnya, puasa jika dilakukan dengan benar dapat memberikan dampak yang positif bagi tubuh, salah satunya adalah penurunan berat badan.

Tapi jika kamu sudah berpuasa dan justru mengalami peningkatan berat badan maka kemungkinan besar ada yang salah dari caramu berpuasa. Seperti dilansir dari Al Arabiya, berikut ini 7 kesalahan saat berpuasa yang justru bikin berat badan naik yang perlu kamu tahu dikutip dari detik.

1. Tidak Memiliki Rencana Diet
Selama bulan Ramadhan, penting juga bagimu untuk mengatur rencana diet atau pola makan, seperti dengan merencanakan makanan apa yang akan kamu makan saat sahur dan berbuka puasa. Apakah kamu akan mengonsumsi makanan yang seimbang, bergizi, dan sehat? Termasuk makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan serat seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayur-sayuran, serta daging, ayam, ikan, atau susu yang rendah lemak.

Selain itu, kamu juga perlu membuat rencana untuk berolahraga sebelum ataupun setelah berbuka puasa. Pastikan juga kamu memiliki waktu tidur yang cukup selama di bulan Ramadhan. Pertimbangkan apakah kamu perlu tidur lebih awal untuk bangun sahur atau tidur larut dan tidur siang sebelum berbuka puasa.

2. Hanya Minum Sedikit saat Berbuka Puasa
Membiarkan tubuhmu tetap terhidrasi adalah kunci utama untuk penurunan berat badan selama puasa. Caranya adalah dengan minum setidaknya delapan gelas air saat kamu sahur atau berbuka puasa. Misalnya, dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas di antara iftar dan sahur, dan dua gelas saat sahur.

Minum cukup cairan tidak hanya mencegah kamu mengalami dehidrasi selama puasa, tetapi juga dapat membantu mengendalikan keinginan gula setelah berbuka puasa. Kamu juga perlu membatasi konsumsi kopi atau teh hitam karena itu akan membuat tubuh justru menjadii lebih dehidrasi. Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba mengonsumsi teh herbal.

3. Makan Berlebihan
Walaupun kamu sudah berpuasa seharian namun sangat tidak disarankan untuk makan berlebihan ketika berbuka puasa karena itu justru bisa meningkatkan berat badanmu saat puasa. Jangan melebihi porsi makan yang biasanya kamu konsumsi saat siang atau malam hari.

Kamu bisa memilih makanan-makanan yang bisa menurunkan berat badan, seperti yang tinggi serat, air, dan protein. Cobalah memulai santapan buka puasa dengan sup dan salad rendah kalori. Lalu setelahnya konsumsi makanan yang kaya akan protein, seperti ikan, dada ayam, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, atau susu rendah lemak. Jangan lupa sertakan karbohidrat seperti nasi merah dalam hidangan buka puasamu.

4. Konsumsi Gula Berlebih
Terlalu banyak asupan gula di bulan Ramadhan juga bisa menjadi alasan mengapa kamu mengalami peningkatan berat badan saat berpuasa. Agar berat badan tetap terjaga, cobalah untuk hanya mengonsumsi gula alami yang terdapat dari buah-buahan, molasses atau tetes tebu, dan madu.

5. Makan Makanan Tinggi Lemak
Jika kamu tidak ingin berat badanmu menjadi naik saat kamu tengah berpuasa, maka hindari untuk mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi lemak. Kamu bisa membuat makanan-makanan yang lebih sehat tanpa menggoreng. Sebagai gantinya, kamu bisa mengurangi lemak dalam makananmu dengan cara merebus, memanggang, atau mengukusnya. Namun kamu juga tetap memerlukan lemak baik untuk tubuhmu. Cobalah untuk mencampurkan alpukat dengan salad yang akan kamu konsumsi.

6. Tidak Aktif Bergerak
Berpuasa bukan berarti kamu harus mengisi waktu dengan hanya bermalas-malasan. Hal itu justru yang dapat menjadi penyebab peningkatan berat badanmu. Cobalah untuk menyisihkan sebagian waktumu untuk berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup olahraga ringan seperti berjalan atau membersihkan rumah. Olahraga akan membantumu untuk mencegah hilangnya kekuatan otot dan membuatmu menjadi lebih sehat.

7. Melewatkan Sahur
Puasa memang membuat jam makanmu menjadi terbatas, tetapi hal itu bukan alasan untuk melewatkan sahur. Melewatkan sahur justru akan berdampak pada puasamu di hari-hari selanjutnya. Kamu akan merasa lebih lapar saat berbuka puasa dan pada akhirnya membuatmu makan berlebihan. Saat kamu memilih makanan sahur, cobalah untuk menghindari garam agar kamu tidak merasa lebih haus saat berpuasa. Sahur seimbang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti roti gandum dan protein dari keju atau telur. (*)







Tags: Berpuasa Ramadhan Berat Badan



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)



BERITA TERKAIT    
Ilustrasi.Yang harus Dilakukan Warga Riau di Penghujung Ramadan di Tengah Wabah Covid-19
Berbuka dengan hidangan secukupnya akan membuat lebih sehat.Sering di Rumah Selama Ramadan, Buktikan Kamu Mencintai Tubuhmu dengan​ Lakukan 5 Hal Ini
Paket Sahur atau Paket Bedug dari Axis.Pake AXIS Buat Kompak Bukber Walau Berjarak #KenapaNggak
  Flayer Kuis Berhadiah Program Sejukkan Hati bersama Umi Aisyah dan Aci Cahaya. FOTO: Dok. IstimewaPenyanyi Asal Pekanbaru ‘Aci Cahaya’ Gelar Kuis Berhadiah Islami
IlustrasiIni 7 Kesalahan Berpuasa yang Bikin Berat Badan Malah Naik
Ilustrasi5 Makanan Enak Ini Bisa Atasi Sakit Tenggorokan Saat Berpuasa

 
Berita Lainnya :
  • BKKBN Minta Tunda Kehamilan di Masa Pandemi Covid-19
  • Bentuk Satgas, Pemko Pekanbaru Resmi Bubarkan Gugus Tugas Covid-19
  • Pesawat Militer Ukraina Jatuh, 22 Orang Tewas
  • Telkomsel Dukung Program Bantuan Kuota Data Internet dari Kemendikbud RI untuk Belajar Jarak Jauh
  • Koordinasi dengan Kejari dan Kejati Riau, Pemko Pekanbaru Segera Bangun Lab Biomolekuler
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Hadir di Panam, Freya Aesthetic Clinic Tawarkan Treatment Unggulan
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved