HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Coklit Pilkada Serentak, KPU Bengkalis Sasar ODGJ
 
5 Makanan Enak Ini Bisa Atasi Sakit Tenggorokan Saat Berpuasa
Kamis, 07 Mei 2020 - 06:22:42 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Sakit tenggorokan kerap dirasakan saat berpuasa. Umumnya karena kekurangan cairan. Atasi dengan konsumsi beberapa makanan ini saat sahur.

Menahan haus dan lapar saat menjalani puasa membuat tubuh kita kekurangan cairan atau dehidrasi. Dehidrasi tidak hanya membuat tubuh menjadi lemas, tetapi juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

Karenanya kamu perlu mengasup makanan bernutrisi yang dapat mengembalikan cairan tubuh. Selain itu, pilih juga makanan yang teksturnya lembut, sehingga tidak memperparah infeksi pada tenggorokan.

Dilansir dari detik, berikut 5 pilihan menu sahur untuk mengatasi sakit tenggorokan.

1.Sup Ayam

Menurut Ahli Gizi Dr. Li, sakit tenggorokan disebabkan karena terjadinya peradangan dan dehidrasi. Karenanya ia menyarankan untuk mengonsumsi sup ayam. Sup ayam juga bisa menjadi pilihan menu yang baik saat sahur.

"Cairan seperti kaldu dalam sup ayam dapat mengisi kembali cairan yang hilang dalam tubuh," ujar Dr. Li.

Sup ayam memiliki nutrisi yang bersifat anti-inflamasi. Nutrisi tersebut berperan untuk membantu mengurangi luka dalam tenggorokan dan mengurangi berkembangnya virus.

Selain itu adanya kandungan garam pada sup ayam dapat membantu tubuh untuk menahan cairan di dalam jaringan. Dalam hal ini, bukan berarti kamu harus memasukkan garam dalam jumlah yang banyak.

2. Madu

Madu telah disebut-sebut sebagai obat andalan dalam pengobatan sejak zaman kuno. Madu dapat menyembuhkan penyakit yang disebabkan karena infeksi dari bakteri atau virus.

Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan dengan madu adalah sakit tenggorokkan yang kerap dirasakan saat menjalankan puasa. Khasiat madu tersebut juga telah dibuktikan dalam sebuah penelitian.

"Madu dapat meningkat sistem kekebalan tubuh, juga menyembuhkan berbagai penyakit seperti sakit tenggorokan, flu hingga demam," ujar Dr Li.

Selain itu, madu juga mampu menurunkan produksi lendir yang di tenggorokan dan memiliki sifat antibakteri yang dapat membasmi kuman penyebab sakit tenggorokan.

3. Kentang Tumbuk

Kentang tumbuk bisa menjadi pilihan menu sahur yang praktis. Selain penyajiannya yang praktis, kentang tumbuk juga dapat mengatasi seseorang yang mengalami sakit tenggorokan akibat dehidrasi.

Kentang tumbuk mengandung nutrisi seperti magnesium, vitamin C dan antioksidan dalam jumlah yang banyak. Nutrisi kentang tersebut berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mengonsumsi kentang tumbuk, pastikan tidak terlalu panas. Mengonsumsi kentang tumbuk yang panas dapat membuat tenggorokan kamu iritasi lebih parah, ungkap Ahli Gizi Dr. Favini.

Hal ini juga diungkap oleh Ahli Gizi asal Amerika, Dr. Mia. Ia mengatakan bahwa kentang tumbuk akan mudah ditelan bagi penderita sakit tenggorokan dan juga sangat mengenyangkan.

4. Smoothie

Smoothie merupakan cara yang bagus untuk mengobati sakit tenggorokan. Dalam hal ini Ahli Gizi Dr. Li menyarankan untuk menggunakan bahan-bahan seperti kangkung, seledri dan buah berry untuk membuat smoothie.

Ketiga bahan tersebut mengandung antioksidan yang berperan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Kamu juga bisa mencampurkan jeruk peras utuh ke dalam smoothie.

Kandungan vitamin C pada jeruk ampuh memerangi infeksi virus penyebab sakit tenggorokan. Selain itu jeruk juga mengandung serat insulin yang baik untuk kesehatan tubuh, khususnya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ahli Gizi Dr. Favini menyarankan untuk mengonsumsi smoothie paling tidak satu gelas dalam sehari, untuk menenangkan sakit tenggorokan yang dirasa.

5. Telur Orak-arik

Telur juga disarankan oleh ahli gizi untuk dikonsumsi untuk mengatasi sakit tenggorokan. Supaya teksturnya lebih halus, kamu dapat mengolah telur menjadi telur orak-arik untuk menu sahur.

Dr. Li mengatakan bahwa telur kaya akan mineral seperti, seng, zat besi, selenium, vitamin D, B12. Nutrisi tersebutlah yang akan berperan membantu menangkal infeksi buruk yang menyebabkan sakit tenggorokan.

Tak hanya itu, sahur dengan menu telur orak-arik dapat memenuhi asupan nutrisi, karena telur juga dilengkapi dengan protein dan asam lemak omega-6 yang dapat membantu melawan peradangan pada tenggorokan. (*)








Tags: Makanan Berpuasa Sakit Tenggorokan



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiIngat! Selama Puasa Ini Waktu Terbaik Makan Buah
 Ghrelin, Biang Lapar Meski Sudah Kenyang
   Usia Ideal Ajarkan Anak Berpuasa
 Ternyata Jenis Musik Tertentu Bisa Bikin Makanan Terasa Nikmat

 
Berita Lainnya :
  • Coklit Pilkada Serentak, KPU Bengkalis Sasar ODGJ
  • Pemko Pekanbaru Ajukan Ranperda Retribusi Sampah dan Pelayanan Kesehatan
  • Gubri Minta Seluruh Kepala OPD Segera Tenderkan Kegiatan
  • Razia Protokol Kesehatan, Data Sementara 25 Pelanggar Disanksi Denda dan Kerja Sosial
  • Sebagian Wilayah Riau Hari Ini Bakal Diguyur Hujan
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Silaturahmi Ibu-ibu Perumahan Oasis ke Kampar
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved