HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Empat Pencuri Pipa Minyak Chevron Ditangkap di Duri, Satu Orang Ternyata Residivis
 
Tips Berbelanja, Bepergian dan Bekerja di Kantor agar Tak Terinfeksi Virus Corona
Jumat, 10 April 2020 - 06:30:02 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Sampai saat ini, penyebaran virus corona covid-19 masih terus meluas. Padahal berbagai upaya sudah dilakukan untuk menghentikan virus yang menyerang sistem pernapasan ini. Mulai dari social distancing hingga lockdown. Sebenarnya, antara lockdown dan social distancing punya prinsip yang sama yaitu jaga jarak dengan orang lain.

Tapi, apakah benar bahwa penularan virus corona covid-19 saat ini bisa ditekan hanya dengan menerapkan jaga jarak? Jika benar, lantas berapa jarak yang harus dilakukan? Bagaimana pula cara menerapkan jaga jarak, padahal setiap hari kita harus bersinggungan dengan orang lain?

Berikut ulasan terkait jaga jarak untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

1. Pentingnya Jaga Jarak

Jaga jarak memang bisa menjadi kunci dari memutus mata rantai penularan virus corona covid-19. Pasalnya, seperti yang kita ketahui virus ini menyebar dengan cepat dan meluas karena cara penularannya yang melalui droplet atau percikan air dari mulut dan hidung orang yang terinfeksi.

Dilansir dari merdeka.com, Ketua Tim Pinere (Penyakit Infeksi Emerging dan Remerging) RSU dr. Soetomo, dokter Soedarsono menyebut droplet virus corona covid-19 bisa mencapai 1 meter. Namun, yang terbaru menurut WHO, social distancing sebaiknya dilakukan dalam jarak antara 1-3 meter. Artinya, jaga jarak sebaiknya dilakukan setidaknya 1 meter dari orang lain.

Dengan menjaga jarak dengan orang lain secara otomatis akan memperkecil kemungkinan kita untuk tertular virus corona covid-19. Jaga jarak akan lebih efektif apabila dilakukan dengan berbagai cara, seperti isolasi mandiri atau mengurangi kegiatan di luar rumah.

Namun, kadang dalam kondisi tertentu kita harus bertemu dengan orang lain karena keperluan, seperti berbelanja, naik kendaraan umum, atau bahkan saat harus bekerja di kantor. Kalau sudah begitu, kita harus pandai-pandai mengatur siasat agar tetap bisa menjaga jarak dan tetap aman dari ancaman virus corona covid-19.

2. Jaga Jarak Saat Berbelanja

Meskipun sudah menyediakan berbagai kebutuhan saat akan menjalani karantina mandiri di rumah, tapi terkadang tetap saja akan ada keperluan mendadak yang harus dibeli. Selain itu, akan ada saatnya pula persediaan kebutuhan seperti makanan akan habis, sehingga mengharuskan kalian untuk keluar membeli kebutuhan tersebut.

Lantas, kalau sudah begitu bagaimana cara kita menjaga jarak saat berada di pusat perbelanjaan yang terdapat banyak orang? Berikut beberapa tips untuk menjaga jarak selama berbelanja:

1. Mengambil barang yang tidak antre

Hindari mengambil barang belanjaan yang sedang dikerumuni. Jika barang belanjaan yang kalian beli terletak di kerumunan, ambillah barang belanjaan lain dulu. Setelah itu, kembalilah ketika tempat itu sudah sepi.

2. Membuat jarak saat mengantre di kasir

Saat hendak membayar di kasir, tunggulah sampai antrian tidak begitu panjang atau berjejal. Setelah itu mengantrelah dengan memberi jarak 1-2 meter dengan orang yang berdiri di depan dan di belakang antrean.

3. Ke toilet saat sepi

Jika saat berbelanja kalian ingin pergi ke toilet, ada baiknya kalian memastikan terlebih dahulu apakah toilet tersebut sedang ramai atau sepi. Sebaiknya kalian, ke toilet saat keadaan sepi.

3. Jaga Jarak di Kendaraan Umum

Kendaraan umum menjadi tempat yang sangat memungkinkan untuk kita bersinggungan dengan banyak orang. Namun, tak perlu khawatir ada beberapa tips juga untuk kalian agar tetap bisa jaga jarak saat naik kendaraan umum:

1. Memilih tempat duduk yang lengang

Tips pertama, saat naik kendaraan sebisa mungkin pilihlah kursi atau tempat duduk yang masih lengang. Duduklah di kursi yang sebelahnya kosong. Kursi kosong itulah yang kemudian akan berfungsi sebagai jarak dengan orang lain.

2. Batasi pergi ke toilet

Jika kalian berada di kendaraan jarak jauh seperti kereta, bus, pesawat, atau kapal, sebaiknya kalian membatasi ruang gerak kalian. Termasuk, untuk pergi ke toilet. Hal ini berfungsi agar jaga jarak dengan penumpang lain tetap terjaga.

4. Jaga Jarak di Kantor

Meski pemerintah sudah menyarankan untuk memberlakukan bekerja dari rumah. Namun, faktanya ada beberapa pekerjaan yang memang mengharuskan karyawannya bekerja di kantor. Padahal di kantor seseorang akan relatif berdekatan dengan orang lain. Tak perlu risau, berikut tips jaga jarak saat di kantor:

1. Hindari menggunakan lift

Jika kantor kalian berada di gedung bertingkat, sebaiknya kalian menghindari penggunaan lift. Sebab di dalam lift kemungkinan besar kalian akan berdesak-desakan dengan orang lain.

Sebaiknya kalian menggunakan tangga. Namun, tetap pastikan tangga tidak sedang ramai saat kalian melintas.

2. Manfaatkan Sosial Media untuk Komunikasi

Selama di kantor, ada baiknya kalian memanfaatkan sosial media untuk berkomunikasi dengan rekan kerja. Hal ini akan meminimalisir terjadinya droplet yang bisa berisiko penularan virus corona covid-19.

3. Membawa perlengkapan pribadi

Selama wabah pandemi virus corona covid-19 ini masih berpotensi menyebar, sebaiknya kalian membawa berbagai perlengkapan pribadi seperti tisu dan peralatan ibadah sendiri. Hal ini akan sangat berguna untuk membatasi interaksi kalian dengan orang lain.

Itulah pentingnya melakukan jaga jarak, serta tips-tips yang bisa kalian lakukan untuk tetap jaga jarak dalam berbagai kondisi seperti saat berbelanja, saat di kendaraan umum, dan saat bekerja di kantor. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak jaga jarak demi mencegah penularan virus corona covid-19. (*)




Tags: Virus Corona Berbelanja Bepergian Bekeja COVID-19



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiIni Tips dari Dokter agar Penyandang Diabetes Tak Terinfeksi Covid-19
IlustrasiMuncul Klaster dari Gowes, Berikut 4 Tips Cegah Covid-19 Saat Touring Sepeda
Ragam Kesalahan Terbesar saat Tidur, Nomor Tiga Paling Sering Dilakukan
  IlustrasiLima Kelompok Berikut Ini Punya Risiko Kematian Tinggi Bila Terinfeksi Covid-19
Seorang petugas XL Axiata menunjukkan paket khusus “Xtra Conference” dan “Xtra Edukasi” yang tersedia di aplikasi myXL.XL Axiata Hadirkan Paket “Xtra Conference” dan “Xtra Edukasi”, Bekerja dan Belajar di Rumah Lebih Ringan
Alpukat.Trik Mudah Memilih Alpukat yang Sudah Matang

 
Berita Lainnya :
  • Empat Pencuri Pipa Minyak Chevron Ditangkap di Duri, Satu Orang Ternyata Residivis
  • Sistem Belajar Daring Banyak Dikeluhkan, Nofrizal Sarankan Sekolah Pakai Pola Belajar Manual
  • Puluhan Wartawan Rohul Datangi Rumah Dinas Bupati Sambil Bawa Toa
  • Investasi Properti Tetap Meningkat di Tengah Pandemi
  • Bahas Masalah Perkebunan dan Kehutanan, Gubri Tampung Usulan Komisi II DPRD Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Silaturahmi Ibu-ibu Perumahan Oasis ke Kampar
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved