HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Cegah Karhutla, Pemerintah Rekayasan Hujan untuk Basahi Gambut Riau Saat Idul Fitri
 
Mengandung Lemak Tinggi, Konsumsi Telur Satu Hari Sekali Aman Bagi Jantung
Rabu, 12 Februari 2020 - 09:14:34 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Telur sering disebut mengandung lemak tinggi sehingga perlu dibatasi konsumsinya. Nyatanya penelitian terbaru menyebut aman konsumsi telur sebutir sehari.

Sejak dulu telur jadi andalan untuk memenuhi asupan nutrisi harian. Ini karena telur mengandung protein, lemak, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Banyak orang menghindari kuning telur lantaran kandungan kolesterolnya.

Namun penelitian terbaru menemukan bahwa konsumsi telur, sebutir setiap hari baik untuk kesehatan. Sementara selama ini orang masih percaya bahwa telur harus dibatasi konsumsinya. Ini karena kandungan lemak jenuh yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Penelitian ini mengambil fokus kaitan konsumsi telur dengan aliran darah dan penyakit kardiovaskular. Juga pada angka kematian dalam studi global yang melibatkan populasi dari negara miskin, menengah dan kaya.

Peneliti mempelajari 177.000 orang dari total 50 negara di 6 kontinen, dengan mengacu data pada 3 studi lanjutan terdahulu. Studi melengkapi dengan banyak data tentang kaitan pola makan dan kesehatan kardiovaskular dengan latar belakang sosial ekonomi.

Dilansir dari detik (12/2) dan publikasi di The American Journal of Clinical Nutrition, Mahshid Dehghan, penulis pertama dan peneliti pada Population Health Research Institute (PHRI) dari McMaster University menyimpulkan hasil penelitian ini.

'Penelitian menemukan konsumsi telur dengan porsi sedang, sekitar 1 butir sehari yang dilakukan banyak orang, tidak menyebabkan naiknya risiko penyakit kardiovaskular. Juga tidak menaikkan angka kematian meskipun pada orang-orang yang punya riwayat penyakit kardiovaskular atau diabetes', ungkapnya.

Selain itu ia juga menegaskan tak ada hubungan antara konsumsi telur dengan kolesterol darah, baik komponennya atau faktor risiko lainnya. Penemuan ini berlaku pada mereka yang sehat maupun yang pernah menderita penyakit kardiovaskular.

Hasil penelitian ini mematahkan penelitian tahun lalu yang menyebutkan adanya kaitan antara konsumsi telur dengan risiko penyakit kardiovaskular. karena studi itu berfokus pada populasi lebih kecil hanya di Amerika Serikat saja. Selain itu juga tidak disebutkan secara rinci sumber kolesterol dari makanan mereka, apakah dari telur atau sumber lainnya.

Penelitian terbaru ini tidak mengharuskan penggemar berat telur untuk mengurangi makan telur. Karena sebagian besar kolesterol dan lemak jenuh ada pada kuning telur. Jadi cukup mengurangi asupan kuning telur saja.

Cara mengolah telur juga tidak dibahas dalam penelitian terbaru ini. Apakah telur digoreng, direbus atau dipanggang. Karena menggoreng akan membuat telur berubah nutrisinya. Sebaiknya konsumsi telur dengan cara mudah dan sederhana. Khusus buat mereka yang pernah menderita penyakit kardiovaskular, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter soal porsi konsumsi telur per hari.

Telur merupakan sumber makanan yang kaya nutrisi, mudah didapat dan harganya murah. Sebutir telur mengandung 75 kalori, 7 gram protein, 5 gram lemak dan 1.6 gram lemak jenuh. Selain itu juga mengandung zat besi, vitamin, mineral dan karotenoid. (*)



Tags: Konsumsi Telur Kesehatan Jantung Asupan Nutrisi



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiVirus Corona yang Menempel di Benda Mati Bisa Bertahan 9 Hari
IlustrasiMengandung Lemak Tinggi, Konsumsi Telur Satu Hari Sekali Aman Bagi Jantung
IlustrasiWaspada, Risiko Stroke Ancam Bagi yang Tidur Terlalu Lama, Ini Sebabnya
  IlustrasiPenting, Agar Terhindar dari Serangan Jantung, Lakukan Hal Sederhana Ini untuk Cek Kondisi Jantung
IlustrasiTanda-tanda Kebesaran Allah SWT, Begini Ajaibnya Air Hujan Menurut Alquran
IlustrasiNafsu Seks Wanita Lebih Besar dari Pria, Benarkah Demikian?

 
Berita Lainnya :
  • Cegah Karhutla, Pemerintah Rekayasan Hujan untuk Basahi Gambut Riau Saat Idul Fitri
  • Hadapi New Normal, Pemerintah Wajibkan Pedagang Batasi Akses Keluar Masuk Pengunjung
  • Sebagian Wilayah Riau Hari Ini Bakal Diguyur Hujan
  • Harga Ayam di Pasar Tradisional Pekanbaru Melonjak Akibat Tradisi Masak Opor Saat Lebaran
  • PLN Sambung Aliran Listrik 7 Desa Terpencil di Riau Jelang Lebaran
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Silaturahmi Ibu-ibu Perumahan Oasis ke Kampar
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved