HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
BKKBN Minta Tunda Kehamilan di Masa Pandemi Covid-19
 
Mengenal Sakit Gagal Ginjal, Berikut Gejala dan Tahapannya
Rabu, 05 Februari 2020 - 18:14:21 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

JAKARTA - YouTuber sekaligus presenter Allan Wangsa meninggal dunia pada Selasa (4/2) malam. Allan mengembuskan napas terakhirnya akibat gagal ginjal yang dideritanya sejak lama.

Gagal ginjal bukan sembarang penyakit. Ini merupakan kondisi saat ginjal tak mampu menyaring racun dalam darah. Saat ginjal kehilangan fungsinya, racun akan terus menumpuk dan bisa berbahaya bagi tubuh.

Mengutip cnnindonesia, banyak faktor yang menyebabkan, mulai dari paparan racun, penyakit kronis tertentu, dehidrasi parah, hingga trauma ginjal.

Umumnya, seseorang dengan gagal ginjal akan memiliki beberapa gejala. Beberapa gejala yang mungkin dialami di antaranya:
- jumlah urine berkurang
- pembengkakan pada kaki
- napas pendek
- rasa kantuk dan lelah yang berlebihan
- mual persisten
- kebingungan
- rasa sakit atau tekanan di dada
- kejang
- koma

Penyakit ini dapat didorong oleh beberapa kondisi atau penyebab. Beberapa orang memiliki risiko lebih tinggi mengalami gagal ginjal. Orang dengan penyakit jantung, liver, dehidrasi, memiliki luka bakar yang parah, mengalami reaksi alergi, hingga infeksi berat seperti sepsis berisiko mengalami gagal ginjal.

Selain itu, beberapa jenis penyakit kanker juga berkontribusi terhadap risiko gagal ginjal. Sebut saja kanker prostat, usus besar, serviks, dan kandung kemih yang dapat memblokir saluran kemih.

Kondisi lain yang dapat mengganggu buang air kecil seperti batu ginjal dan adanya gumpalan darah di saluran kemih juga dapat menyebabkan gagal ginjal.

Penyakit ini umumnya diklasifikasikan menjadi lima tahap. Mulai dari sangat ringan (tahap 1) hingga gagal ginjal lengkap (tahap 5). Gejala dan komplikasi meningkat seiring tahapannya. Berikut tahapannya:

Tahap 1
Pada tahap ini, Anda mungkin tak mengalami gejala yang terlihat. Anda juga masih dimungkinkan untuk memulihkan gagal ginjal dengan menjalani gaya hidup sehat seperti makanan gizi seimbang, olahraga secara teratur, dan tidak merokok. Mempertahankan berat badan juga penting untuk mencegah gagal ginjal.

Tahap 2
Tahap 2 masih dianggap sebagai bentuk ringan. Namun, Anda bisa mendeteksinya lewat urine. Selain itu, kerusakan fisik pada ginjal akan terlihat lebih jelas.

Pendekatan gaya hidup sehat dapat terus dipertahankan. Berbicara dengan dokter juga bisa menjadi solusi. Dokter akan menjelaskan mengenai faktor risiko lain yang dapat membuat penyakit berkembang lebih cepat seperti jantung, peradangan, dan kelainan darah.

Tahap 3
Pada tahap ini, ginjal tak berfungsi sebagaimana mestinya. Gejala mungkin terlihat lebih jelas pada tahap ini, mulai dari pembengkakan di tangan dan kaki, nyeri punggung, dan perubahan buang air kecil.

Untuk mengatasinya, pendekatan gaya hidup sehat bisa membantu. Dokter juga akan mempertimbangkan pengobatan untuk memperbaiki kondisi kegagalan.

Tahap 4
Pada tahap ini, ginjal tidak berfungsi dengan baik, tapi belum gagal sepenuhnya. Gejala yang muncul dapat termasuk komplikasi seperti anemia, tekanan darah tinggi, dan penyakit tulang.

Tahap 5
Pada tahap ini, ginjal hampir gagal sepenuhnya. Gejala akan semakin jelas termasuk muntah dan mual, sesak napas, kulit gatal, dan masih banyak lagi.

Jika sudah memasuki stadium 5, Anda perlu rutin melakukan cuci darah atau transplantasi ginjal. (*)






Tags: Gagal Ginjal Gejala Sakit



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)



BERITA TERKAIT    
IlustrasiBenarkah Sakit Tenggorokan Pertanda Covid-19?
IlustrasiPasca Sembuh dari Corona, 5 Gejala Ini Masih Dikeluhkan Pasien
Jessica Iskandar diminta ganti namanya. Foto: DetikKerap Jatuh Bangun dalam Asmara hingga Sakit, Jessica Inskandar Diminta Ganti Nama
  Umi PipikUmi Pipik Idap Tumor Kelenjer Getah Bening, Berikut Gejala yang Harus Dikenali
Potret ibu dari Boyolali menangis dan minta bantuan di depan rumah Baim Wong, Selasa (4/8/2020). FOTO: Capture YouTube Baim PaulaMinta Rp10 Juta, Diberitakan Rp3 Juta, Baim Wong Ngaku Cuma Beri Rp 250 Ribu kepada Ibu Asal Boyolali
Megabintang Bollywood Aishwarya Rai BachchanPositif Covid-19 dan Alami Sesak Napas, Aishwarya Rai Dilarikan ke Rumah Sakit

 
Berita Lainnya :
  • BKKBN Minta Tunda Kehamilan di Masa Pandemi Covid-19
  • Bentuk Satgas, Pemko Pekanbaru Resmi Bubarkan Gugus Tugas Covid-19
  • Pesawat Militer Ukraina Jatuh, 22 Orang Tewas
  • Telkomsel Dukung Program Bantuan Kuota Data Internet dari Kemendikbud RI untuk Belajar Jarak Jauh
  • Koordinasi dengan Kejari dan Kejati Riau, Pemko Pekanbaru Segera Bangun Lab Biomolekuler
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Hadir di Panam, Freya Aesthetic Clinic Tawarkan Treatment Unggulan
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved