HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Bentuk Satgas, Pemko Pekanbaru Resmi Bubarkan Gugus Tugas Covid-19
 
Hadison Olah Bawang Putih jadi Obat Pencegah Kanker
Selasa, 26 November 2019 - 18:12:13 WIB
Black Garlic
Black Garlic

PADANG - Seorang warga Padang Hadison mengolah bawang putih menjadi obat pencegah kanker dengan konsep fermentasi yang khasiatnya mampu menekan perkembangan sel kanker.

Menurut Hadison di Padang, Selasa bawang putih tunggal yang difermentasikan menjadi bawang hitam atau black garlic tersebut sudah mulai diproduksi sejak setahun yang lalu.

Jenis bawang putih yang difermentasikan yakni bawang putih tunggal yang dipesan dari Jawa Timur sebanyak 40 sampai 60 kilogram per bulan.

"Bawang hitam merupakan bawang putih segar yang telah mengalami proses fermentasi sehingga mengubah warna dari putih menjadi hitam," kata dia menerangkan, seperti yang dilansir dari antaranews.

Ia juga mengatakan proses fermentasi tersebut membuatbawang hitammengandung antioksidan yang tinggi, bau yang dihasilkan tidak menyengat seperti bawang putih dan aromanya cenderung lemah.

"Selain itu, bawang hitam memiliki rasa yang lebih manis dengan tekstur yang kenyal," ujar dia yang berprofesi sebagai apoteker.

Black garlicdianggap mengandung berbagai khasiat yakni mampu menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan gula darah, mencegah perkembangan sel kanker, mencegah sakit jantung, mencegah nyeri sendi, mengandung antioksidan 10 kali lipat dari bawang putih segar dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Jika dilihat sekilas seperti bawang putih yang sudah rusak dan busuk. Namun, sebenarnya warna hitam tersebut merupakan hasil fermentasi," kata dia.

Ia juga mengatakan cara membuat black garlic mudah sekali yakni bawang putih difermentasikan dan disimpan dalam wadah yang tertutup dengan suhu 65 derajat celsius sampai 70 derajat celsius selama 14 hari atau lebih.

"Suhu yang tepat untuk fermentasi bawang putih yakni 65 derajat celsius sampai 70 derajat celsius, karena jika suhunya semakin tinggi tidak bagus untuk proses fermentasi begitu pula sebaliknya," kata dia.

Masyarakat yang tertarik untuk mencoba juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakanalat penanak nasi yang dicolokkan ke listrik. Pertama, alasi panci penanak nasi dengan tisu dan letakkan bawang putih di atasnya, kemudian alat penanak nasi yang telah berisi bawang putih dicolokkan ke listrik dan dibiarkan selama 14 hari sampai bawang tersebut menghitam, kata dia.

"Biasanya black garlic ini tahan selama empat sampai enam bulan tanpa menggunakan bahan pengawet sama sekali, karena bawang putih termasuk anti bakteri dan anti virus sehingga membuatnya tahan lama," kata dia menerangkan.

Supaya tahan lama maka sebaiknya disimpan di dalam botol yang tertutup rapat, selain itu juga bisa disimpan di dalam kulkas.

"Awalnya hanya dicoba untuk dikonsumsi pribadi karena dulu sempat mengalami kolesterol tinggi, setelah terasa khasiatnya kemudian saya mulai menjadikannya usaha," kata dia.

Ia menyebutkan harga bawang hitam kemasan besar seberat 200 gram dijual Rp125.000 dan kemasan kecil berat 125 gram dijual seharga Rp80.000 dengan total penjualan mencapai 40 sampai 60 kilogram per bulan.

Selain itu ia juga mengatakan sampai saat ini banyak yang memesan bawang hitam miliknya, bahkan hingga ke luar kota.

"Bawang hitam sudah terjual ke beberapa tempat termasuk ke luar kota seperti ke Jakarta, Bali, Ambon, Kendari dan Kalimantan secara daring," ujar dia.*

Tags: Kanker Bawang Putih Black Garlic



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)



BERITA TERKAIT    
Vidi AldianoPenyanyi Vidi Aldiano Didiagnosa Terkena Kanker Ginjal, Yuk Kenali Gejala Awalnya
Penasihat Asosiasi Vapers Indonesia Dimasz Jeremia memberi penjelasan dalam acara diskusi "Quo Vadis Vape di Indonesia - Pelarangan Bukan Jawaban" di Jakarta, Jumat (15/11/2019). Foto: AntaraIni Zat di Rokok Elektrik yang Bisa Timbulkan Kanker
Mimisan.Tiga Jenis Kanker yang Menyebabkan Mimisan Terus-terusan
  Black GarlicHadison Olah Bawang Putih jadi Obat Pencegah Kanker
Minyak goreng curah.Picu Penyakit Mengerikan, Masih Mau Pakai Minyak Goreng Curah ?
Ilustrasi.Hati-hati, Minum Teh Terlalu Panas Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Kerongkongan

 
Berita Lainnya :
  • Bentuk Satgas, Pemko Pekanbaru Resmi Bubarkan Gugus Tugas Covid-19
  • Pesawat Militer Ukraina Jatuh, 22 Orang Tewas
  • Telkomsel Dukung Program Bantuan Kuota Data Internet dari Kemendikbud RI untuk Belajar Jarak Jauh
  • Koordinasi dengan Kejari dan Kejati Riau, Pemko Pekanbaru Segera Bangun Lab Biomolekuler
  • Hari Ini, Riau Akan Diguyur Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Hadir di Panam, Freya Aesthetic Clinic Tawarkan Treatment Unggulan
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved