HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Fatwa Muhammadiyah: Tak Perlu Tarawih di Masjid Selama Corona
 
Cara Mengatasi dan Merawat Kulit Wajah Kering
Jumat, 22/11/2019 - 16:51:16 WIB
Atasi kulit kering.
Atasi kulit kering.

Perawatan kulit wajah merupakan salah satu langkah penting untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan kencang. Hanya saja, kulit kemungkinan kehilangan cairan akibat kondisi tertentu, sehingga menjadikannya tampak kering.

Agar masalah kulit kering dapat dihindari, perlu perawatan kulit wajah yang tepat.Perawatan kulit wajah perlu dilakukan untuk mengurangi risiko mengalami kulit kering.

Sebab, semakin bertambahnya usia, risiko untuk mengalami kulit kering akan lebih besar. Dirilis ALODOKTER, tanda bahwa kulit mengalami kekeringan bisa berupa permukaan kulit wajah yang terasa kasar, mengelupas, pecah-pecah dan terasa gatal.

Mempertahankan Kelembapan Kulit Wajah

Beberapa kebiasaan berikut dapat dilakukan sebagai perawatan kulit wajah untuk memperbaiki kondisi kulit wajah kering:

    Basuh wajah dengan air biasa

Hindari penggunaan air panas karena dapat memperburuk kondisi kulit yang kering. Saat mandi, sebaiknya batasi waktu mandi hanya sekitar 5-10 menit.

    Cermat memilih pembersih wajah

Gunakan produk yang lembut dan tanpa tambahan pengharum, tujuannya adalah agar kulit Anda terhindar dari iritasi kulit yang dapat menyebabkan kulit semakin kering.

    Segera pakai pelembap setelah mencuci wajah

Lebih baik memilih pelembap dalam bentuk krim atau salep untuk wajah kering, dibandingkan bentuk lotion.

    Pilih pelembap yang mengandung minyak alami

Misalnya, pelembap dengan minyak zaitun atau minyak jojoba. Selain itu, bahan lain yang juga dapat membantu kulit kering adalah lactic acid, hyaluronic acid, gliserin, lanolin, minyak mineral dan petrolatum.

     Gunakan pelembap dengan tekstur berminyak dan kental

Sebelum membeli, coba oleskan di telapak tangan, kemudian balikkan tangan Anda. Jika pelembap menetes berarti belum cukup kental untuk kulit kering.

    Waspadai produk yang dapat membuat kulit kering

Beberapa produk yang sebaiknya tidak digunakan untuk Anda yang berkulit kering, misalnya produk yang mengandung alkohol, pengharum, retinoid dan alpha-hydroxy acid (AHA).

Menghindari Penyebab Kulit Wajah Kering


Kondisi kulit kering terjadi saat lapisan kulit paling luar mengalami kekurangan cairan, yang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Sebaiknya Anda menghindari berbagai penyebab kulit wajah kering tersebut. Di antaranya adalah:

    Salah menggunakan pelembap wajah

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan adalah menggunakan pelembap saat kulit kering. Padahal produk itu bermanfaat maksimal, yaitu ketika digunakan saat kulit dalam keadaan lembap atau sesaat setelah mandi.

    Mandi dengan air panas terlalu lama

Hal ini dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit. Lebih baik pilih air hangat dan keringkan kulit dengan cara menepuk dengan handuk secara pelan-pelan, jangan menggosok berlebihan.

    Sabun yang terlalu banyak

Sebagaimana air panas, sabun juga dapat menghilangkan minyak alami kulit. Apalagi jika digunakan terlalu banyak. Hindari penggunaan sabun yang mengandung pewangi tambahan.

    Udara kering

Ini merupakan salah satu penyebab utama yang dapat menghilangkan kelembapan kulit. Selain itu, pendingin udara juga dapat memiliki pengaruh yang sama terhadap kulit. Karena itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembap kulit.

    Paparan sinar matahari

Manfaat sinar matahari memang sangat baik bagi tubuh, terutama sinar matahari pagi. Namun, sinar matahari juga merupakan salah satu penyebab kulit kering. Minimalkan efeknya dengan menggunakan tabir surya ataupun topi lebar yang melindungi wajah.

    Penggunaan obat-obatan

Beberapa jenis obat memiliki efek mengeringkan kulit, seperti obat untuk tekanan darah tinggi, obat penurun kolesterol, antialergi, dan obat jerawat.

     Kondisi kesehatan tertentu

Kulit kering bisa menjadi tanda tubuh tengah mengalami perubahan atau mengalami penyakit tertentu. Misalnya, perubahan hormon pada wanita paruh baya menjelang menopause. Selain itu, beberapa kondisi seperti diabetes, gangguan tiroid, dan kurang gizi juga dapat menyebabkan kulit kering.

Kapan Harus Dilakukan Pemeriksaan?


Jika perawatan kulit untuk wajah kering telah dilakukan, hasilnya biasanya akan tampak setelah beberapa waktu. Namun, jika kulit semakin kering dan menimbulkan keluhan seperti gatal atau kulit menjadi merah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kulit.

Waspadai kemungkinan kulit kering sebagai tanda adanya gangguan kesehatan pada tubuh. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan krim atau salep yang dapat membantu mengatasi keluhan pada kulit, dan menangani penyebab utamanya, apabila ada.

Selain mengganggu penampilan, kulit wajah kering dapat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Karena itu, penting untuk melakukan perawatan kulit wajah kering dengan cermat. Pastikan Anda minum air putih yang cukup dan mengonsumsi banyak buah serta sayur-sayuran, juga menghindari kebiasaan merokok yang dapat berdampak pada kulit. Terapkan pola hidup sehat untuk membantu menjaga kondisi kulit yang sehat.

ALODOKTER adalah super app yang memberikan segala solusi mengenai berbagai masalah kesehatan yang terjadi di kalangan keluarga muda Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut terkait ALODOKTER, bisa mengunjungi www.alodokter.com , Instagram @alodokter_id , facebook/alodokter , twitter @alodokter , dan silakan mengunduh langsung aplikasi ALODOKTER di Google Play Store dan Apple Store.

*Artikel ini ditinjau dr. Allert Benedicto Ieuan Noya selaku dokter dari ALODOKTER


Tags: kecantikan tips Kulit Wajah Kering



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Likee #AntiCorona Activation.Ancaman Virus Corona, Berikut Lima Tips Agar Tetap Fit!
Tips pilih durian yang bagus.11 Tips Menjadikanmu Ahli Memilih Durian Berkualitas, Tepuk-tepuk yang Bulat !
Bersihkan wajah secara rutin agar kulit wajah jadi cerah.Buat Para Pria, Cukup 3 Langkah untuk Mencerahkan Wajah
  IlustrasiBuat yang Jera Jadi 'Pelakor, Lima Cara Move On Setelah Jadi Selingkuhan
Jeruk nipis untuk wajah.Pakai Jeruk Nipis Bisa Cerahkan Wajah dengan Dua Cara Simple Ini
Atasi kulit kering.Cara Mengatasi dan Merawat Kulit Wajah Kering

 
Berita Lainnya :
  • Fatwa Muhammadiyah: Tak Perlu Tarawih di Masjid Selama Corona
  • Imbas Corona, Paket Pekerjaan Fisik DAK Kepulauan Meranti Rp91 Miliar Batal Dilelang
  • Akhirnya! Satu Pasien Positif Corona di Riau Sembuh dan Dipulangkan
  • Anggota DPR Achmad Gandeng Awal Bross Semprot Disinfektan 12 Fasilitas Umum di Rohul
  • Datangi KSOP, Masyarakat Minta TKI Non Meranti Tidak Diturunkan Lagi di Selatpanjang
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Silaturahmi Ibu-ibu Perumahan Oasis ke Kampar
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved