www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Capaian Vaksinasi di Pekanbaru dan Dumai Sudah di Atas 60 Persen
 
Pembuka Pintu Rezeki, Jalankan Beberapa Salat Sunnah Berikut Ini
Kamis, 07 November 2019 - 08:18:57 WIB
Ilustrasi Salat.
Ilustrasi Salat.

JAKARTA - Ada beberapa sholat sunnah yang sering disebut dengan sholat tarik rezeki. Hampir semua doanya khusus memohon rezeki yang halal, berkah dan melimpah.

Seringkali kita menganggap kalau rezeki ini adalah yang nampak oleh mata kita, berupa uang dan materi lainnya. Akan tetapi rezeki tidak hanya selalu dinilai dari uang, kesehatan dan diberi kelengkapan anggota keluarga.

"Siapa yang pagi-pagi merasa aman rumah tangganya, sehat badannya dan mempunyai makanan untuk hari itu, maka bagaikan telah berkumpul baginya dunia dan seisinya." (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan lainnya).

Dirangkum oleh Detikcom, berikut beberapa sholat sunnah dan amalannya yang bisa mendatangkan rezeki:

1. Sholat Sunnah Dhuha

Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dilakukan ketika matahari sedang terbit sampai menjelang masuk waktu dzuhur.

Sholat Dhuha merupakan sholat sunnah yang bisa menggantikan sedekah untuk seluruh persendian di dalam tubuh. Berdasarkan hadits riwayat Muslim, dari Abu Dzar, Nabi Muhammad SAW bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

Artinya: pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma'ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan sholat Dhuha sebanyak 2 raka'at.

2. Sholat Sunnah Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat sunnah malam yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW. Sholat tahajud juga merupakan media yang mustajab untuk menghantarkan doa-doa kita kepada Allah SWT. Harapan dan doa-doa tentang kehidupan yang barokah.

Ada hadist yang menyebutkan bahwa:

"Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta'ala turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman: 'Barang siapa yang menyeru-Ku , akan aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, aku perkenankan permintaannya. Dan barang siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, aku ampuni dia," (HR. Bukhari dan Muslim).

Sholat Hajat

Ketika kita memiliki keinginan, bisa mengutarakannya kepada Allah SWT melalui sholat hajat, termasuk rezeki (https://www.detik.com/tag/amalan-pembuka-pintu-rezeki) yang halal dan barokah. Bahkan, sholat hajat pun bisa membuat rasa tenang dan damai.

Sholat hajat merupakan sholat sunnah yang dikerjakan karena adanya suatu hajat atau keperluan sangat penting. Sholat dikerjakan agar apa yang dibutuhkan akan dikabulkan Allah SWT.

Dalam Al-Qur'an dijelaskan,

"Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Sungguh Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS Al-Baqarah [2]: 153).

Manfaat sholat hajat adalah sebagai energi dahsyat bisa mengubah seseorang dari kedudukannya secara material menjadi manusia yang mulia.

4. Sholat Sunnah Fajar

Shalat Fajar adalah shalat sunnah sebelum shalat subuh yang dimulai setelah adzan berkumandang, bukan sebelum adzan berkumandang. Allah SAW pernah bersumpah dengan waktu subuh di dalam surat Al fajr ayat: 1, yang menjadi tanda bahwa waktu fajar itu adalah waktu yang di berkahi bahkan dalam sabda Rasulullah SAW :

" Ya Allah berkahilah umatku di waktu paginya" (H.R Abu Dawud).

Pahala sholat sunnah fajar ini lebih baik dari dunia dan seisinya, seperti sabda Rasulullah berikut ini:

"Dua rakaat fajar lebih baik daripada dunia dan seisinya" (H.R Muslim)

Bayangkan saja jika kita sekali melaksanakan shalat fajar sudah mendapat dunia dan seisinya apalagi berkali-kali tentu pahalanya banyak sekali.

Kemudian sabda Rasulullah kepada putrinya Fatimah :

"Wahai Fatimah, bangun dan saksikanlah rezeki Tuhanmu karena Allah membagikan rezeki antara shalat Subuh dan terbitnya matahari"

Sangat jelas kaitannya antara shalat fajar dengan rezeki manusia, dari pahala yang Allah janjikan saja terlihat betapa Allah maha pemberi. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kadiskes Riau Mimi Yuliani NazirCapaian Vaksinasi di Pekanbaru dan Dumai Sudah di Atas 60 Persen
Polsek Bagan Sinembah mengawal proses vaksinasi siswa SMUN 1
Polsek Bagan Sinembah Kawal Vaksinasi Siswa SMUN 1
Sosialisasi Perbup Nomor 88/2020, Bupati Bengkalis: Peraturan Bukan Sekadar Pelengkap Administrasi
  IlustrasiHari Ini 106 Pasien Covid-19 di Riau Sembuh
4 Kecamatan di Bengkalis Nihil Pasien Corona Dirawat di Rumah Sakit
Webinar Riset Komunikasi dengan tema “Isu-Isu Kekinian dan Metode Riset Ilmu Komunikasi Special Ilkomers”, Minggu (26/9/2021).
SEF Gelar Webinar Riset Komunikasi Jilid 2
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Manfaat, Realisasi dan Target Penyelesaian IPAL Pekanbaru
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved