www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Rotte Foundation Salurkan Paket Sembako di Pangkalan Kerinci dan Perawang
 
Deretan Sayuran Penurun Kolesterol yang Perlu Anda Ketahui
Jumat, 13 September 2019 - 12:58:16 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

BAGI Anda yang memiliki kolesterol tinggi, dianjurkan mengatur menu khusus untuk santapan sehari-hari. Anda bisa mengonsumsi beragam jenis sayuran penurun kolesterol sebagai pilihan dalam mengurangi kadar kolesterol.

 Pada dasarnya, tiap manusia membutuhkan kolesterol. Kolesterol adalah lemak esensial yang bertugas membantu fungsi tubuh agar bekerja dengan baik. Namun, kolesterol tinggi berisiko memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Kondisi ini bila dibiarkan, bisa memicu penyakit yang berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke.
Beberapa Sayuran Penurun Kolesterol

Jika total kolesterol Anda sudah telanjur tinggi, Anda dapat berupaya untuk menurunkannya dengan mengonsumsi beragam sayuran penurun kolesterol. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Tomat
Selain dikenal membantu melawan kanker, tomat juga dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal itu beralasan karena tomat mengandung likopen, yaitu antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa mengonsumsi likopen tiap hari sebanyak 25 mg dapat membantu menurunkan low-density lipoprotein cholesterol (LDL) atau dikenal sebagai kolesterol jahat sebanyak 10%.

Bayam
Hampir semua sayuran memang dapat membantu menurunkan kolesterol, akan tetapi jenis sayuran hijau gelap, seperti bayam, dinilai paling efektif dalam menurunkan kolesterol. Tidak hanya itu, salah satu sayuran penurun kolesterol ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal itu dikarenakan kandungan lutein dan karotenoid dalam bayam yang menjadi peran penting dalam menyingkirkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh.

Bawang putih
Bawang putih telah lama digunakan sebagai bahan masakan dan obat-obatan yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Sebuah studi mengemukakan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat, akan tetapi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut perihal ini.

Terong
Salah satu manfaat terong yaitu membantu menurunkan kolesterol jahat. Tidak hanya itu, mengonsumsi sayur yang dapat ditemukan dengan mudah ini juga bermanfaat meningkatkan fungsi jantung serta menurunkan gula darah.

Sebenarnya selain sayuran, ada juga beragam makanan lainnya yang bisa membantu menurunkan kolesterol, di antaranya seperti gandum, kacang-kacangan, buah apel, anggur, strawberi, serta ikan.

Anda mengombinasikan jenis makanan di atas dengan sayuran penurun kolesterol agar mendapat nutrisi yang beragam untuk kesehatan tubuh.  Selain itu, jangan lupa juga untuk menerapkan gaya hidup sehat sebagai salah satu cara dalam membantu menurunkan kolesterol serta terhindar dari penyakit. Bila perlu, konsultasikan lebih lanjut. (*)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Foto bersama.Rotte Foundation Salurkan Paket Sembako di Pangkalan Kerinci dan Perawang
IlustrasiBegini Cara Kerja Oximeter yang Kini Wajib Dimiliki Pasien Isolasi Mandiri Covid-19
Gubernur Riau Syamsuar hadiri vaksinasi tahap kedua.Kemunculan Pertama Pasca Positif Covid-19, Gubri Hadiri Vaksinasi Kedua
  Foto: DetikDitunjuk Jadi Kapolri, Segini Gaji Listyo Sigit Prabowo
IlustrasiSoal Liga 2021, PT LIB Diminta Fokus Dapatkan Izin Polisi Dulu Sebelum Bicara Jadwal
Pameran Motor Yamaha di salah satu SPBU Pekanbaru.Dongkrak Penjualan, Yamaha Gelar Pameran di SPBU, Nikmati Promo Menarik di Sini
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Dinas ESDM Riau Serahkan Masker untuk PWI Riau
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved