HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
PLN Imbau Masyarakat Laporkan Tagihan Listrik yang Melonjak, Ini Caranya
 
Ternyata Alasan Orang Jepang Suka Pakai Masker Bukan Demi Kesehatan
Jumat, 06 September 2019 - 12:43:55 WIB
Warga Jepang suka mengenakan masker.
Warga Jepang suka mengenakan masker.

PEKANBARU - Jika menyaksikan tayangan berbau Jepang, anda tentu pernah melihat jika beberapa warganya kerap menggunakan masker.

Di Jepang, orang-orang yang memakai masker biasanya menggunakannya untuk alasan medis, seperti menghindari alergi serbuk bunga saat musim semi atau sedang sakit dan harus pergi kesekolah/ ketempat kerja agar flunya tidak menular keorang lain. Memakai masker dianggap sebagai salah satu pilihan tepat dan menunjukkan kesopanan.

Tapi dalam sebuah penelitian disebutkan jika sebagian orang di Jepang memakai masker bukan karena alasan medis, sakit atau menghindari serbuk bunga. Bahkan tidak ada hubungannya dengan kebersihan.

Sebelum kita bahas, mari kita lihat awal mula boomingnya masker di jepang.

Hal ini bermula pada tahun 2003, saat salah satu pembuat masker di jepang meluncurkan masker tipe baru untuk orang-orang yang alergi serbuk bunga. Terbuat dari bahan non woven yang lebih efektif menghalangi serbuk sari saat musim semi, masker ini sering dibeli dalam jumlah besar karena hanya sekali pakai dan harganya yang murah.  Akibatnya perusahaan tersebut menguasai pasar hingga 86%.

Dengan harga yang murah dan penggunaannya yang hanya sekali pakai, banyak orang Jepang senang memakainya, apalagi saat berada di kereta api atau bus yang bisa menghabiskan waktu 1 jam atau lebih dengan keadaan yang berdesak-desakan, tidak semua orang menutup mulutnya saat bersin atau batuk.

Angka penjualan menunjukkan tingginya penggunaan masker selama 1 dekade terakhir. Hal ini disebabkan karena wabah infuenza pada tahun 2009 dan kekhawatiran partikel mikro yang disebabkan gempa bumi dan kecelakaan nuklir pada tahun 2011. Dengan perkiraan keuntungan penjualan masker  23,9 miliyar yen (Sekitar Rp 27 triliun)

Kembali ke pernyataan awal, ternyata sebagian orang Jepang memakai masker bukan karena alasan kesehatan. Melainkan untuk menghindari interaksi sosial saat diluar rumah.

Seperti cerita seorang ibu 46 tahun asal Jepang yang tak  mau disebutkan namanya. Ia memakai masker sepanjang musim dingin untuk mencegah sakit. Berbeda dengan anaknya yang sudah SMA, sang ibu memakai masker dengan alasan yang tidak ada hubungannya dengan kesehatan.

“Dia memakai masker dan headphone di telinganya saat keluar rumah sehingga orang tidak akan mengganggu dirinya. Ini membuat orang-orang sulit untuk mulai berbicara dengannya," ujar sang ibu.

Seorang psikolog remaja, Jun Fujikake telah membuat pengamatan tentang fenomena ini.

“Ketika kita berinteraksi dengan orang lain, kita harus berfikir apakah kita harus tersenyum atau marah”, ujar Jun. "Dengan memakai masker, anda dapat mencegah agar tak melakukan itu semua. Tren memakai masker agar tidak secara langsung berhadapan dengan lain mungkin memiliki akar dalam budaya remaja saat ini dimana banyak dari mereka lebih terbiasa berkomunikasi secara tidak langsung melalui email dan media sosial," ungkapnya.

Tetapi tidak semua orang Jepang memakai masker untuk menghindari hal-hal yang negatif, masker  juga sering digunakan untuk menjaga  kecantikan, menjaga kualitas suara, dan mencari kehangatan saat musim dingin.(*)




Tags:



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
ilustrasiMau Buat Masker Kain Sendiri? Ini Bahan Kain Terbaik yang Bisa Cegah Corona
Putri Natasya terima putusan hakim yang mensahkannya jadi Ahmad Putra Adinata.Ganti Kelamin, Pengadilan Sahkan Putri Natasya Jadi Ahmad Putra
Bumi mengeluarkan suara mirip degungan yang diduga para ahli sebagai tanda lahirnya gunung baru.Menguak Asal Suara Misterius yang Diperdengarkan Bumi
  Masker disetrika.Viral Masker Bedah Disetrika Agar Bisa Dipakai Ulang, Ternyata...
Pengantin pria ngamuk di pernikahanPengantin pria ngamuk di pernikahan. FOTO: Screenshot YoutubeKisah Pengantin Pria Murka di Pelaminan, Istrinya Dituduh Pakai Pelet
Kemasan unik Indomie di Kroasia.Tak hanya Asia, Afrika, dan Amerika, Orang Indonesia Bangga Indomie Juga Favorit di Kroasia, Kemasannya Beda!

 
Berita Lainnya :
  • PLN Imbau Masyarakat Laporkan Tagihan Listrik yang Melonjak, Ini Caranya
  • Sudah Dua Minggu Kasus Baru Corona di Pekanbaru Nihil, Pemko Rancang Pengembalian Anggaran
  • Pemkab Siak Siapkan Anggaran untuk Hadapi New Normal
  • Bertambah 13 Pasien dari Kota Padang, Positif Corona di Sumbar Capai 607 Kasus
  • Data Penerima Masih Proses Verifikasi, Insentif Covid-19 Nakes di Riau Belum Cair
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Silaturahmi Ibu-ibu Perumahan Oasis ke Kampar
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved