HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Agar Terhindar dari Korupsi, Kajari Rohil Ceramahi Kaur Keuangan
 
Listrik Padam, Ini Alat Elektronik yang Wajib Dicabut
Minggu, 04/08/2019 - 19:20:14 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi
TERKAIT:
 
  • Listrik Padam, Ini Alat Elektronik yang Wajib Dicabut
  •  

    JAKARTA - Listrik yang padam di beberapa area di Jabodetabek, Banten, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah memang mengganggu aktivitas warga sehari-hari. 

    Tak dimungkiri kalau terganggunya pasokan listrik juga mengganggu kebiasaan harian warga, khususnya saat bersantai di akhir pekan ini. Anda tak bisa lagi nonton tv, menyalakan pendingin udara, menyalakan lampu, mencuci baju dengan mesin cuci, dan lainnya. 

    Akan tetapi meski demikian, ini bukan jadi alasan Anda untuk tetap memasang alat-alat elektronik tersebut. Mengutip dari CNNIndonesia, saat mati lampu Anda sebaiknya mencabut berbagai alat-alat elektronik. 

    Tak dimungkiri kalau alat-alat elektronik memang bakal rusak jika pasokan listrik mendadak mati karena pemadaman listrik dan kembali menyala dengan aliran listrik yang super besar dalam satu waktu. 

    Ketika listrik padam, ada beberapa alat elektronik yang sebaiknya dicabut atau dimatikan terlebih dulu.

    Salah satunya adalah pendingin udara alias air conditioner. Pendingin udara harus dimatikan selama listrik padam. Jangan nyalakan kembali selama beberapa menit setelah listrik menyala kembali. 

    Cabut aliran listrik yang tersambung di komputer pc, penghangat air, microvawe, penanak nasi, kompor listrik, pompa air, dan juga televisi. Lonjakan daya listrik yang tiba-tiba akan menyebabkan kegagalan perangkat keras internal yang merusak. 

    Namun, biarkan lemari es tetap tersambung dengan listrik sekalipun padam. Jika sudah begini, lemari es masih bisa mempertahankan dingin (dalam kondisi tertutup) dan melindungi makanan. 

    Ada baiknya untuk mematikan semua peralatan Anda dimatikan. Anda mungkin juga harus mematikan peralatan di dapur dan kamar mandi. 

    Ada baiknya juga untuk mematikan lampu ruangan. Hanya saja, nyalakan satu lampu hanya untuk mengetahui apakah listrik sudah menyala atau belum.

    Namun satu hal yang harus diingat, hindari untuk langsung menyalakan semua peralatan elektronik setelah listrik kembali menyala. Sebagian besar perangkat membutuhkan gelombang daya yang cukup tinggi untuk kembali beroperasi dengan normal. Padahal di saat itu, ada kemungkinan listrik masih belum stabil.

    Setelah listrik kembali menyala, biarkan peralatan elektronik Anda beberapa saat sampai energi kembali stabil. Menyalakan peralatan listrik langsung setelah usai mati lampu hanya akan membebani infrastruktur listrik lagi. Bisa-bisa, aliran listrik rumah Anda kembali anjlok. 

    Butuh setidaknya energi listrik dua kali lebih tinggi dari biasanya untuk menyalakan kembali peralatan listrik Anda setelah listrik padam, agar listrik tak anjlok dan alat listrik Anda tak rusak. (*)



    Tags:



    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0813 7176 0777
    via EMAIL: redaksi@halloriau.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)

     
    Berita Lainnya :
  • Agar Terhindar dari Korupsi, Kajari Rohil Ceramahi Kaur Keuangan
  • Beda Tantangan Ekonomi Zaman Now dan 10 Tahun Lalu
  • Tawarkan Promo Akhir Tahun, Showroom Event Astra Daihatsu Manjakan Konsumen
  • Komisi V DPRD Riau Siapkan Rp100 Miliar Lebih untuk Rohil
  • Deteksi Dini, Satpol PP Dumai Gelar Pemeriksaan HIV
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Penyerahan Hadiah Pemenang Doorprize
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved