HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Beberapa Organisasi Wartawan Dukung Langkah Infokom Inhil
 
Hati-hati, Kunyit Tak Baik bagi Orang dengan Kondisi Ini
Minggu, 16/06/2019 - 08:03:53 WIB
Kunyit
Kunyit

JAKARTA - Sering diasumsikan bahwa sesuatu yang alami tidak akan menimbulkan efek samping, terutama kunyit. Ya, kunyit memang menjadi rempah ke-3 paling populer karena memiliki banyak manfaat kesehatan, memiliki aroma yang unik atau dapat digunakan sebagai pewarna alami.

Kandungan utama kunyit, yaitu kurkumin dan minyak atsiri, diketahui dapat membantu dalam pengobatan hepatitis, berfungsi sebagai antioksidan, mengatasi gangguan pencernaan, anti mikroba, anti kolesterol, anti HIV, anti tumor, menghambat perkembangan sel tumor payudara, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari Viva, namun, bukan berarti kunyit tidak memiliki efek samping. Kunyit dapat menyebabkan banyak efek samping, seperti pusing, mual, diare, dan sakit perut pada orang-orang tertentu. Oleh karena itu, ada kelompok orang tertentu yang tidak boleh mengonsumsi kunyit. Siapa saja?

Seseorang dengan gangguan pencernaan

Menurut Pusat Medis Universitas Maryland, kunyit dapat mengganggu obat antasid dan dapat menyebabkan peningkatan asam lambung jika dikombinasikan dengan obat antasid, seperti Pepcid, Nexium, Tagamet, Prevacid atau Zantac. Kunyit mengandung sifat pedas, dan konsumsi dalam waktu lama dapat menyebabkan gangguan lambung.

Penipisan darah

Kunyit juga dapat memperlambat pembekuan darah seperti yang ditemukan oleh National Institutes of Health. Karena itu, Anda tidak boleh menggunakannya dengan obat antikoagulan dan atau antiplatelet. Sebelum Anda mulai mengonsumsi kunyit atau suplemennya, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika Anda sedang minum obat pengencer darah.

Orang dengan masalah kantong empedu

Kunyit dapat memperburuk masalah kandung empedu, jadi Anda harus menghindarinya jika Anda memiliki obstruksi saluran empedu atau batu empedu.

Individu dengan obat-obatan tertentu

Orang-orang ini juga harus hati-hati jika ingin mengonsumsi kunyit, karena dapat mengganggu antikoagulan, seperti warfarin, aspirin, dan clopidogrel. Selain itu, kunyit juga dapat mengganggu obat-obatan seperti obat antiinflamasi atau nonsteroid. Anda juga perlu mengombinasikannya dengan obat-obatan herbal.

Ibu hamil dan menyusui

Kunyit sangat aman untuk dikonsumsi selama kehamilan dan menyusui jika dikonsumsi dalam jumlah sedang melalui mulut. Namun, akan sangat tidak aman jika dikonsumsi secara oral oleh wanita hamil, karena dapat membahayakan kehamilan, merangsang rahim dan meningkatkan periode menstruasi. 

Pasien dengan obstruksi saluran empedu

Terlepas dari kenyataan bahwa kurkumin yang ditemukan dalam kunyit berhasil mengosongkan kandung empedu dan menurunkan risiko pembentukan batu empedu dan kanker kandung empedu, pasien dengan obstruksi saluran empedu disarankan untuk menghindari rempah-rempah ini. (*)




Tags:



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
 

 
Berita Lainnya :
  • Beberapa Organisasi Wartawan Dukung Langkah Infokom Inhil
  • Dalam Sehari Polsek Bangko Berhasil Tangkap Empat Pelaku Narkoba
  • Pertamina Dumai Gelar Bersih-Bersih Kampung Bersama Warga Tanjung Palas
  • IDI hanya Bisa Sosialisasi, Peran Besar Pencegah Karhutla Ada pada Pemprov Riau
  • Lewati Jembatan Rusak, Bocah 2 Tahun di Inhil Jatuh dan Tenggelam di Sungai
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Abiyomi Entertaint Hadirkan Koplopolitan "Didi Kempot"
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved