HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Batal Berangkat, Perlengkapan Haji 2020 yang Diterima Bisa Disimpan
 
Benarkah Dilarang Minum Teh Saat Sahur
Rabu, 06 Juni 2018 - 13:48:15 WIB
Ilustrasi minum teh
Ilustrasi minum teh

JAKARTA - Teh kerap menjadi teman jam makan orang besar. Dan, kebiasaan ini bahkan terbawa ketika bulan puasa, khususnya sahur. Teh dipilih karena dapat menambah tenaga dalam waktu cepat, sehingga makan sahur tak terhalang rasa kantuk. Namun di balik itu, tahukah Anda bahwa sebenarnya minum teh saat sahur sangat tidak dianjurkan?

Faktanya, teh merupakan jenis minuman yang mengandung kafein, demikian diungkapkan dr. Kartika Mayasari dari situs Klik Dokter. Selain dapat mencegah rasa kantuk, senyawa tersebut juga memiliki sifat diuretik alias menarik cairan (air dan garam) dari dalam tubuh untuk dikeluarkan bersama urine. Oleh karena itu, kebiasaan minum teh saat sahur bisa meningkatkan intensitas buang air kecil di siang hari.

Nah, jika Anda sering buang air kecil saat puasa sementara asupan cairan sangat terbatas, risiko terjadinya dehidrasi menjadi semakin tinggi. Selanjutnya, jika Anda sudah dehidrasi, sel-sel di dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Alhasil, terjadinya keluhan-keluhan berikut ini tak bisa dihindari lagi:

Rasa haus berlebih
Kulit dan mata kering
Bibir dan mulut kering
Rasa lelah dan kepala terasa pusing
Buang air kecil berwarna kuning pekat
Mata cekung
Tekanan darah menurun dan denyut nadi meningkat
Hindari juga minuman ini saat sahur

Selain teh, terdapat pula beberapa minuman lain yang sebaiknya tidak Anda konsumsi saat sahur di bulan Ramadan. Beberapa minuman tersebut adalah sebagai berikut:

Kopi
Mirip dengan teh, minuman ini juga mengandung kafein di dalamnya. Seperti telah dibahas di atas, kafein bersifat diuretik sehingga meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi saat berpuasa.

Minuman asam
Minuman asam mengakibatkan naiknya asam lambung, yang akan mengganggu ibadah puasa Anda. Ini karena asam lambung yang naik dapat menimbulkan keluhan mual dan muntah, terutama pada Anda yang memiliki mag atau gastritis.

Minuman bersoda
Sama halnya seperti minuman asam, minuman bersoda juga dapat menyebabkan keluhan mual muntah pada penderita gastritis. Oleh karena itu, minuman jenis ini sebaiknya tidak dikonsumsi di waktu sahur.

Minuman manis
Minuman manis akan menyebabkan terjadinya peningkatan insulin di dalam tubuh, sehingga Anda akan lebih cepat lapar di siang hari.

Daripada minuman di atas, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi air putih atau minuman yang mengandung elektrolit seperti air kelapa. Minuman yang seperti ini dapat membantu menghilangkan dahaga, serta membantu menggantikan cairan dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.

Jadi, setelah mengetahui fakta medis di atas, apakah Anda masih berkeinginan untuk minum teh di waktu sahur? Semoga saja tidak ya.(*)

sumber: merdeka.com


Tags:



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Driver Ojol tertangkap kamera tanpa kepala.Viral! Driver Ojol Tanpa Kepala Bawa Motor Sering Tertangkap Kamera di Jakarta
Kalung Kalung "Antivirus" Buatan Kementan Bikin Heboh, Benarkah Bisa Bunuh Covid-19?
Suasana The NextDev Hub Virtual Talks yang digelar Telkomsel sebagai salah satu inisiatif CSR yang ditujukan bagi para startup, penggiat ekosistem digital, pelaku bisnis, dan masyarakat secara umum untuk membantu mereka mengatasi masalah sosial hingga ekonomi, termasuk di tengah pandemi dan kenormalan baru. Telkomsel Dorong Komunitas Startup dan Penggiat Ekosistem Digital untuk Terus Berinovasi
  Ilustrasi.Tiga Cara Jitu Menghilangkan Iklan di Smartphone Android
IlustrasiIni Kata Peneliti Terkait Kain yang Paling Bagus Dijadikan Masker
Booster UnlimitedSmartfren Luncurkan Booster Unlimited, Harga Mulai Rp2.000

 
Berita Lainnya :
  • Batal Berangkat, Perlengkapan Haji 2020 yang Diterima Bisa Disimpan
  • Liverpool Menang, Man City Tumbang
  • Inter Kalah Lawan Bologna di Kandang Sendiri, Napoli Bekuk AS Roma
  • Target Produksi Minyak Mentah Riau Dipangkas Akibat Penurunan Harga
  • Karyawan BOB Salurkan 100 Paket Sembako kepada Warga Siak Terdampak Covid-19
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Silaturahmi Ibu-ibu Perumahan Oasis ke Kampar
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved