www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
DPP Demokrat: Kalau Asri Auzar Mau Posisi Lagi Kita Beri Ruang Seluas-luasnya
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Disbud Riau Ekspose Penelitian Potensi Kawasan Hutan Purbakala Kuansing
Sabtu, 20 November 2021 - 08:15:53 WIB
Foto bersama
Foto bersama

PEKANBARU - Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Riau melakukan ekspose Potensi Kawasan Hutan Purbakala Kabupaten Kuantan Singingi. U

Sementara, temuan alat-alat litik di Desa Logas dan Muara Lembu merupakan bagian perjalanan migrasi manusia dan budaya prasejarah sebelum sampai ke gua lidah aer (Payakumbuh) atau lokasi lain yang belum ditemukan atau dikembangkan penelitiannya yang masuk dalam periode prasejarah.

Ekspose kajian awal oleh konsultan dilakukan Jumat (19/11/21) di Bilik Musyawarah Rahim Mby Dinas Kebudayaan Proinsi Riau, dibuka secara resmi Kepala Disbud Riau,  R Yoserizal Zen, diikuti peserta dari pihak terkait.

Hasil ekspose tersebut dijelaskan Yoserizal, dengan adanya temuan manusia prasejarah dengan kronologi budaya sekitar 73.000 BP di Gua Lidah Aer muncul satu pertanyaan tentang dari mana mereka berasal dan jalur migrasi mana yang mereka tempuh untuk sampai ke Gua Lidah Aer dan produk budaya apa yang mereka gunakan dalam kehidupan pada periode budayanya.

Secara singkronis manusia pada masa itu didukung oleh teknologi peralatan batu berupa alat-alat batu serderhana yang termasuk dalam kelompok paleolitik. Sementara itu, alat-alat batu yang demikian tidak ditemukan di Gua Lidah Aer.

Lebih lanjut, kuat dugaan temuan alat paleolitik Muara Lembu dan Logas ini sebagai bagian dari peralatan pendukung dari manusia prasejarah yang bermigrasi dan kemudian menghuni Gua Lidah Aer pada masa lalu.

Pengembangan penelitian di daerah menurut Yoserizal Zein sangat penting dilakukan karena temuan alat-alat litik di Desa Logas dan Muara Lembu ini dapat disimpulkan merupakan temuan baru bagi pengungkapan budaya prasejarah tidak hanya di wilayah Riau, tapi juga kawasan Sumatera.

Selama ini di Pulau Sumatera termasuk alat litik sejenis baru terungkap di Bengkulu. Begitu juga bila temuan alat-alat litik ini dikaitkan dengan temuan manusia prasejarah di Gua Lidah Aer (Payakumbuh, Sumatera Barat) dengan pertanggalan sekitar 73.000 BP yang temuannya belum didukung dengan temuan budayanya.

“Bisa jadi temuan alat-alat litik di Desa Logas dan Muara Lembu merupakan bagian perjalanan migrasi manusia dan budaya prasejarah sebelum sampai ke Gua Lidah Aer (Payakumbuh) atau lokasi lain yang belum ditemukan atau dikembangkan penelitiannya yang masuk dalam periode prasejarah,” sebut Yoserizal mengulas kembali hasil penelitian itu.

Untuk mengungkap semua itu ungkapnya, tentu harus dilakukan penellitian yang lebih mendalam melalui serangkaian kegiatan ekskavasi arkeologi.

Dan untuk mengetahui kronologi budaya dari sebaran alat-alat litik tersebut perlu didukung oleh analisis pertanggalan secara laboratoris. Sehingga nantinya diperoleh pertanggalan dari budaya litik yang ada didaerah ini.

“Hasil awal dari penelitian ini kiranya dapat ditindaklanjuti dan didukung oleh semua pihak terutama pemerintah kabupaten dan pemerintah pusat melalui Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumbar Riau di Batusangkar serta pihak-pihak yang peduli dengan kebudayaan daerah,” tutup Yoserizal Zen. (rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kepala BPOKK DPP Partai Demokrat, Herman KhaeronDPP Demokrat: Kalau Asri Auzar Mau Posisi Lagi Kita Beri Ruang Seluas-luasnya
Wakil Menteri I Badan Usaha Milik Negara Pahala Nugraha Mansury meresmikan tiga  pembangkit tenaga biogas milik anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero), PTPN V.Akselerasi Dekarbonisasi, Kementerian BUMN Resmikan Tiga PTBg Limbah Sawit PTPN V
Program CSR Asian Agri, perusahaan perkebunan kelapa sawit Group RGE, sentuh sarana rumah ibadah masjid.Asian Agri Fasilitasi Sarana Air Bersih Rumah Ibadah
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru Abdul JamalNaik Rp51.704, UMK Pekanbaru Jadi Rp3.049.675
Polres Inhu gelar upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolsek Batang Cenaku, Selasa (30/11/2021).Ipda Asep Saifurrohman Jabat Kapolsek Batang Cenaku
  Rumah dinas Wakil ketua DPRD Riau.Aduh! Ada PNS Ikut Bikin Kerusuhan di Rumdis Wakil Ketua DPRD Riau
IlustrasiManajemen PTPN V Dilaporkan ke Menteri Erick Thohir
Direktur Politehnik Negeri Padang, DR Surfa Yondri, ST,SST,M.Kom memberikan sambutan saat acara kuliah umum dan peningkatan link & match dengan dunia industri di Kampus PNP Pelalawan.Beri Kuliah Umum, Bupati Zukri Sebut akan Bangun Kampus Utama PSDKU Pelalawan
Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Arfan Usman 526 PNS Pemkab Siak Terima Penghargaan Satyalencana Karya Sayta
Suasana penutupan Musda V DPD Demokrat Riau. Agung Nugroho Terpilih Aklamasi Jadi Ketua Demokrat Riau
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Kepala Balai PPW Riau Tepung Tawari Marulis Menuju MTQ Korpri Nasional
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved