www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Menkes Budi Gunadi: Masyarakat dan Pemerintah Harus Kerja Keras Tekan Laju Covid
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
CV Semangat Perubahan Nilai Sistem yang Digunakan Pokja ULP Kuansing Cacat Hukum
Sabtu, 28 September 2019 - 10:49:20 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

TELUK KUANTAN - CV Semangat Perubahan menilai produk pada sistem yang digunakan Pokja Unit Layanan Pengadaan pada Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKBPJ) Kabupaten Kuansing cacat hukum.

Hal tersebut disampaikan pihak CV Semangat Perubahan menindaklanjuti tender proyek terhadap pekerjaan peningkatan jalan Sp Kompe Berangin - Kampung Baru + Ness II Cerenti (Aspal).

Dimana Pokja pemilihan telah menetapkan pemenang tender CV Rahmat Kampar sebagai pemenang lelang. Merasa keberatan dengan hal tersebut, CV Semangat Perubahan melayangkan surat sanggahan.

"Kerja Pokja sudah salah, kalau dirugikan kita tidak ada dirugikan karena saat tender kita berada teratas," ujar pihak CV Semangat Perubahan kepada halloriau.com, Kamis lalu.

Menurutnya, pokja tidak melakukan koreksi terhadap sistem yang mereka pakai, sehingga menghasilkan produk yang cacat hukum. Bahkan pihak CV Semangat Perubahan sudah melakukan konsultasi dengan pengacara yang akan membuat sanggah banding nantinya. "Kata mereka itu cacat hukum," katanya.

Menurutnya, kerja Pokja yang dinilai cacat hukum tersebut karena tidak hati-hati dengan sistem. "Pertama mau dihilangkan tender berulang, setelah itu diadakan oleh mereka, dan dibuat satu menit," katanya.

Pihak CV Semangat Perubahan juga telah menerima jawaban dari Pokja ULP Kuansing Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKBPJ) tertanggal 24 September 2019. Dimana dari jawaban tersebut disampaikan Pokja, menindaklanjuti perihal sanggah pada pekerjaan peningkatan jalan Sp Kompe Berangin - Kampung Baru + Ness II Cerenti (Aspal).

Pada poin 2-3-4 disampaikan Pokja, aplikasi SPSE versi 4.3 merupakan versi terbaru dari pengambangan SPSE versi sebelumnya yaitu versi 4.1 dan 4.2.

Mengingat pada aplikasi SPSE 4.3 yang masih baru diterapkan, hal ini tentunya masih terdapat kekurangan-kekurangan yang ditemukan pada proses tender TA 2019 diantaranya adanya penawaran dari penyedia yang errorr atau tidak sesuai penawaran yang disampaikan penyedia atau tidak terbaca.

Dan salah satu kekurangan lainnya adalah belum tersedianya menu pilihan untuk melewati atau tidak memberlakukan E-reverse Auction sebagaimana ketentuan yang ditetapkan dalam dokumen pemilihan.

Karena tidak tersedianya menu pilihan untuk melewati atau tidak memberlakukan E-Reverse Auction maka proses ini tetap diberlakukan didalam sistem SPSE agar proses tender berikutnya dapat berjalan.

Sehubungan waktu reverse auction yang diberikan selama 1 menit, melalui jawabannya Pokja menyampaikan, bahwa sesuai dengan penjelasan pada point 2 dan 3, pokja melaksanakan tahapan tersebut hanya untuk mengakomodir menu pilihan dalam sistem SPSE.

Karena apabila tahapan tersebut hanya diberikan waktu selama 1 jam dan CV Semangat Perubahan melakukan penawaran ulang, maka hasil E-Reverse Auction juga tidak akan bisa dilaksanakan karena sesuai dengan ketentuan dalam LDP bahwa E-Reverse Auction tidak dberlakukan.

"Ya kita akan lakukan sanggah banding, ini sudah tanggung-tanggung kerja," ujar pihak CV Semangat Perubahan sebelumnya.

Sebelumnya pihak Pokja ULP Kuansing yang dikonfirmasi Rabu (25/9/2019) lalu mengatakan, kalau jawaban atas sanggahan yang disampaikan CV Semangat Perubahan sudah dijawab.

"Ada tiga sanggahan yang masuk, semuanya sudah kita jawab," ujar Pokja.

Namun pihak Pokja sendiri tidak bisa menyampaikan isi jawaban tersebut. "Sebaiknya langsung ke perusahaan yang melakukan sanggah, karena jawaban sudah kita kirim," katanya.

Penulis : Robi Susanto
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Penyerahan SK kepengurusan baru PWI Pokja PekanbaruKepengurusan Baru PWI Pokja Pekanbaru Terbentuk
Ketua DPRD  Bengkalis, H Khairul UmamLanggar Kesepakatan Tunda Tender Proyek Besar, DPRD Akan Panggil Plh Bupati Bengkalis
IlustrasiGubri Minta Seluruh Kepala OPD Segera Tenderkan Kegiatan
  Wakil Ketua YPRH Jenewar Efendi, menyerahkan SK ke Plt Rektor UPP Hariyanto disaksikan Bendahara YPRH Arfizal Anwar.YPRH Tunjuk Hardiyanto Plt Rektor UPP, Adolf Bastian Tegaskan Itu Cacat Hukum
Tender Proyek Fisik di Pemkab Bengkalis.Pemkab Bengkalis Mulai Tender Proyek Fisik dengan Pagu Miliaran Rupiah
IlustrasiPemko Kembali Lelang Tender Masterplan Pengendalian Banjir di Pekanbaru

BERITA LAINNYA    
Menteri Kesehatan atau Menkes Budi Gunadi SadikinMenkes Budi Gunadi: Masyarakat dan Pemerintah Harus Kerja Keras Tekan Laju Covid
IlustrasiSudah Ditetapkan, 4 Daerah di Riau Usulkan Pelantikan Bupati dan Walikota Terpilih
Kepala Bareskrim Komjen Pol Listyo Sigit PrabowoHari Ini, Jokowi Lantik Listyo Sigit Sebagai Kapolri
  ilustrasiRamalan Zodiak Keuangan 27 Januari 2021, Gemini Dapat Rezeki Nomplok, Scorpio Batasi Pengeluaran
Anggota KPU Provinsi Riau, Firdaus SH (paling kiri) mengikuti sidang pemeriksaan pendahuluan MK secara Daring di Gedung Grand Mercure Jakarta. 
KPU Riau Dampingi 5 Daerah di Persidangan MK
Camat Dumai Timur, Zulfahren secara simbolis menyerahkan bantuan Pertamina RU II Dumai kepada Yustanto ketua MPA Kelurahan Tanjung Palas.
Mitigasi Bencana Karhutla, Pertamina Dumai Latih dan Bantu MPA Tanjung Palas
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved