www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Piala Asia U-23 2024: Irak Imbangi Indonesia, Skor Sementara 1-1
 
Anak-anak Sekarat karena Kelaparan di Gaza Utara,13 Ribu Terbunuh Sejak 7 Oktober 2023
Rabu, 06 Maret 2024 - 06:08:16 WIB

PALESTINA - Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus baru-baru ini mengabarkan kondisi memprihatinkan anak-anak di Gaza Utara.

Mereka yang merupakan korban perang Gaza dalam konflik Palestina dan Israel disebut tengah sekarat karena kelaparan.

Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Senin (4/3/2024) pun mengaku prihatin, seperti dikutip dari media Turki, Yeni Safak.

“Malnutrisi tingkat parah, anak-anak sekarat karena kelaparan, kekurangan bahan bakar, makanan dan pasokan medis, gedung rumah sakit hancur,” tulis Tedros Adhanom Ghebreyesus.

“Situasi di Rumah Sakit Al-Awda sangat memprihatinkan, karena salah satu bangunannya hancur. Rumah Sakit Kamal Adwan adalah satu-satunya rumah sakit anak di utara Gaza, dan kewalahan menampung pasien,” tambahnya.

Ghebreyesus mengatakan kekurangan makanan mengakibatkan kematian 10 anak, dan menambahkan bahwa kekurangan listrik juga menimbulkan “ancaman serius” terhadap perawatan pasien, terutama di area kritis seperti unit perawatan intensif dan unit neonatal.

“Kami mengimbau Israel untuk memastikan bantuan kemanusiaan dapat disalurkan dengan aman dan teratur. Warga sipil, terutama anak-anak, dan staf kesehatan membutuhkan bantuan yang lebih besar segera.”

“Tetapi obat utama yang dibutuhkan semua pasien ini adalah perdamaian. Gencatan senjata,” tambahnya.

Sementara itu, AA melaporkan, sebanyak 13.430 anak-anak telah terbunuh di Jalur Gaza akibat serangan udara dan operasi darat Israel sejak dimulainya perang Israel-Hamas pada 7 Oktober 2023 menurut Kantor Media di Gaza pada Senin.

Laporan tersebut mencatat, 8.900 perempuan terbunuh selama 150 hari, dan 7.000 orang, 70 persen di antaranya adalah perempuan dan anak-anak, masih berada di bawah reruntuhan atau hilang.
Kantor media mengatakan 364 petugas kesehatan dan 132 jurnalis juga kehilangan nyawa selama periode tersebut.

Sebagai peringatan terhadap meningkatnya kelaparan di Gaza, kantor tersebut mengatakan Israel telah mencegah masuknya makanan dan pasokan bantuan dan bahkan menargetkan kendaraan bantuan yang mencoba mencapai wilayah tersebut, yang menyebabkan kematian puluhan orang yang mencari makanan untuk keluarga mereka.

Israel telah melancarkan serangan mematikan di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober.

Pemboman Israel yang terjadi kemudian telah menewaskan 30.534 orang dan melukai 71.920 lainnya dengan kehancuran massal dan kekurangan bahan-bahan kebutuhan pokok.

Perang Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

Adapun Israel telah melancarkan serangan militer mematikan di Jalur Gaza sejak serangan kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober 2023, yang menurut Tel Aviv menewaskan hampir 1.200 orang.

Setidaknya 30.534 warga Palestina telah terbunuh dan 71.920 lainnya terluka di tengah kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.

Israel juga memberlakukan blokade yang melumpuhkan Jalur Gaza, menyebabkan penduduknya, khususnya penduduk Gaza utara, berada di ambang kelaparan.

Perang Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza, seperti yang dilansir dari tribunnews. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Piala Asia U-23 2024, Indonesia vs Irak.(ilustrasi/int)Piala Asia U-23 2024: Irak Imbangi Indonesia, Skor Sementara 1-1
Deputy Head of Communications RAPP, Disra Alldrick foto bersama Ketua Umum Serikat Perusahaan Pers 2023-2027, Januar P Ruswita.(foto: istimewa)Majalah Internal RAPP, APRIL Digest Raih SPS Award 2024
Peserta Safety Riding Competition Regional Riau 2024.(foto: istimewa)60 Peserta Ikuti Kompetisi Safety Riding Honda Regional Riau 2024, Ini Para Juaranya
  Pemain Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024.(foto: int)Indonesia Unggul 1-0 atas Irak di Piala Asia U-23 2024
Inflasi di Riau.(ilustrasi/int)April 2024, Inflasi di Riau Capai 3,99 Persen
Edy Natar kembalikan formulir pendaftaran Bacalon Gubernur Riau ke NasDem Riau.(foto: detik.com)Edy Natar Kembalikan Formulir Pendaftaran Bacalon Gubernur Riau ke 3 Partai Politik
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Kajati Riau Ditabalkan Gelar Adat di Balai Adat LAMR
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved