www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Vaksinasi Covid-19 untuk 1,47 Juta Tenaga Kesehatan Ditargetkan Selesai Februari
 
Banyak di Asia Tenggara, Berikut Daftar Negara yang Menggunakan Vaksin Sinovac
Rabu, 13 Januari 2021 - 16:54:27 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Sinovac mulai disuntikkan ke sejumlah tokoh di Indonesia pada Rabu (13/1/2021) sebagai upaya mengantisipasi COVID-19. Presiden Joko Widodo, para menteri, dan sejumlah tokoh terdaftar sebagai penerima vaksin.

Indonesia tentu bukan satu-satunya negara yang menggunakan vaksin Sinovac. Dikutip dari New York Times, Sinovac dan produsen vaksin COVID-19 lainnya asal China telah membuat kesepakatan di lebih dari 15 negara.

"Banyak dari pemesan awal adalah negara yang bekerja sama dalam uji coba tahap akhir di fase tiga. Brazil sudah punya sekitar 10,8 juta dosis vaksin dan ingin memproduksinya sendiri," tulis New York Times.

Sama seperti Indonesia, Sinovac bukan satu-satunya vaksin COVID-19 yang digunakan suatu negara. Tiap negara menjalin kesepakatan dengan produsen vaksin lainnya sesuai kebutuhan dosis.

Daftar negara yang menggunakan vaksin Sinovac dikutip dari detik:

    Brazil
    Chili
    Turki
    Vietnam
    Malaysia
    Filipina
    Thailand
    Singapura
    Mesir

Selain negara yang telah disebutkan, Hong Kong juga masuk dalam daftar pemesan Sinovac. Dikutip dari Devex, Hong Kong berharap bisa mulai memberikan vaksin pada warganya pada Februari 2020.

Dikutip dari Arab News, Mesir telah memberikan persetujuan atas penggunaan Sinovac. Menteri Kesehatan Mesir Hala Zayed menjelaskan hal ini setelah mendapat persetujuan dari dewan legislatif setempat.

"Kami berharap bisa memproduksi vaksin Sinovac dan mendistribusikannya ke negara Afrika. Bagian produksi telah siap dan sekarang kami sedang bernegosiasi terkait bidang keuangan," kata Zayed.

Di kawasan Asia Tenggara, Singapura punya kebijakan berbeda terkait Sinovac. Di negara lain, Sinovac menjadi vaksin pertama yang diberikan pada masyarakat. Singapura memulai vaksin dengan Pfizer-BioNTech's BNT162, meski telah menyepakati pembelian Sinovac.

Dikutip dari BBC, Sinovac sebetulnya adalah nama perusahaan biofarmasi asal China yang memproduksi vaksin. Sedangkan nama vaksinnya adalah CoronaVax yang bekerja dengan sistem inactivated vaccine.

"CoronaVax menggunakan metode yang lebih tradisional namun terbukti sukses diterapkan pada vaksin lain, misal rabies. Metode ini jelas berbeda dengan vaksin mRNA," ujar Prof Luo Dahai dari Lee Kong Chian School of Medicine-NTU.

CoronaVax berisi partikel virus mati yang dipaparkan pada sistem imun. Selanjutnya tubuh akan membuat pertahanan pada virus tersebut, tanpa respon gangguan serius. Sinovac sebelumnya menghadapi berbagai kontroversi, namun akhirnya tetap digunakan di berbagai negara. (*)





BERITA LAINNYA    
IlustrasiVaksinasi Covid-19 untuk 1,47 Juta Tenaga Kesehatan Ditargetkan Selesai Februari
Doni MonardoMasyarakat Diminta Waspada, Doni Monardo Duga Dirinya Terinfeksi Corona Saat Makan
El SyabrinaSiapkan Regulasi Pungut Retribusi, Pemko Pekanbaru Bakal Tata PKL
  Penyerahan plakat dari HIPMI Kota Pekanbaru kepada Walikota Pekanbaru yang diterima El Syabrina.Pembangunan Kota Pekanbaru Butuh Peran Aktif Pengusaha Muda
IlustrasiJika Ada Perubahan UU, Pilkada Pekanbaru Digelar 2022
IlustrasiSiram Tanaman dengan Susu, Ini Khasiatnya
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Dinas ESDM Riau Serahkan Masker untuk PWI Riau
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved