www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Kebakaran di Teluk Belitung, 4 Bangunan Ludes Dilahap Si Jago Merah
 
Hasil Riset: ASI Dapat Mencegah dan Mengobati Virus Corona !
Senin, 28 September 2020 - 13:05:28 WIB
ASI bisa mencegah penularan Corona.
ASI bisa mencegah penularan Corona.

BEIJING-Menurut hasil riset baru yang dilakukan oleh para ilmuwan China, Air Susu Ibu (ASI) dapat mencegah atau mengobati Covid-19.

Sebuah tim peneliti di Beijing menguji efek ASI pada sel yang terpapar virus Sars-CoV-2. Susu dikumpulkan pada tahun 2017, jauh sebelum dimulainya pandemi, dan jenis sel yang diuji bervariasi dari sel ginjal hewan hingga sel paru-paru dan usus manusia muda.

Hasilnya sama: sebagian besar virus yang hidup dibunuh oleh susu.

Melansir South China Morning Post, hasil riset yang dipimpin oleh Profesor Tong Yigang dari Universitas Teknologi Kimia Beijing menulis dalam dua makalah non-peer-review yang diposting di biorxiv.org pada hari Jumat menunjukkan, ASI memblokir virus yang ada, virus masuk dan bahkan replikasi virus setelah masuk. Sebelumnya, menyusui dianggap meningkatkan risiko penularan virus.

Menurut laporan media China pada Februari lalu, di Wuhan, tempat virus pertama kali terdeteksi, bayi baru lahir dipisahkan dari ibu yang dites positif dan diberi makan secara eksklusif dengan formula.

Tak hanya itu, seperti dikutip dari kontan.co.id, Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) AS juga memperingatkan bahwa bayi yang disusui oleh ibu yang dicurigai atau dipastikan membawa Covid-19 juga harus dilihat sebagai suspect pembawa virus.

Tetapi studi terbaru mendukung sikap resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa ibu harus terus menyusui bahkan jika mereka mengidap Covid-19.

Badan kesehatan global melacak 46 ibu dengan Covid-19 yang menyusui anak-anak mereka di beberapa negara hingga Juni.

Gen virus terdeteksi dalam ASI tiga ibu, tetapi tidak ada bukti infeksi. Hanya satu anak yang dinyatakan positif dan penularan melalui cara lain tidak dapat dikesampingkan.

Tong dan koleganya mencampurkan beberapa sel sehat ke dalam ASI manusia, kemudian mencuci ASI dan mengekspos sel tersebut ke virus.

Mereka mengamati hampir tidak ada pengikatan atau masuknya virus ke sel-sel ini, dan pengobatan juga menghentikan replikasi virus dalam sel yang sudah terinfeksi.

South China Morning Post memberitakan, mereka menyimpulkan bahwa infeksi dapat dihambat oleh ASI, yang telah diketahui memiliki efek menekan pada bakteri dan virus seperti HIV.

Tong dan koleganya mencurigai virus corona sensitif terhadap beberapa protein antivirus terkenal dalam susu, seperti laktoferin, tetapi tidak menemukan satu pun protein yang bekerja seperti yang diharapkan. (*)





BERITA LAINNYA    
Api membesar dan membakar bangunan di Kelurahan Teluk Belitung, empat unit bangunan ludes dilalap si jago merah, Minggu (24/1/2021).Kebakaran di Teluk Belitung, 4 Bangunan Ludes Dilahap Si Jago Merah
Gear Exhibition di Mal Living World.Perkenalkan Yamaha Gear 125 Multiguna, Alfa Scorpii Gelar Gear Exhibition di Living World
IlustrasiSelama 2020, Pemko Dumai Gelontorkan Rp1,2 Miliar Sewa Hotel untuk Pasien OTG
  Api membesar dan membakar bangunan di Kelurahan Teluk Belitung, empat unit bangunan ludes dilalap si jago merah, Minggu (24/1/2021).Kebakaran di Teluk Belitung, 4 Bangunan Ludes Dilahap Si Jago Merah
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Menaker Ida Fauziyah Bocorkan Jadwal Pencairan BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan 2021
Anggota LMP Macab Kepulauan Meranti tampak sedang membersihkan parit saluran air di area perkantoran Pemkab Kepulauan MerantiLMP Markas Cabang kepulauan Meranti Gotong Royong di Area Perkantoran Pemkab
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Dinas ESDM Riau Serahkan Masker untuk PWI Riau
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved