www.halloriau.com
HalloSawit
BREAKING NEWS :
Sapi Kurban PTPN V Tak Sampai ke DPRD Riau, Ini Penjelasannya
 
Sarankan Warga Miskin Cuci Masker dengan Bensin, Presiden Filipina: Saya Tidak Bercanda
Jumat, 31 Juli 2020 - 21:18:05 WIB
Presiden Filipina Rodrigo Duterte.
Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

MANILA – Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyarankan kepada warganya untuk mendisinfeksi masker wajah mereka dengan bensin untuk mencegah penyebaran virus corona. Dia mengatakan bahwa saran itu serius, menegaskan bahwa dirinya “tidak bercanda”.

Duterte membuat pernyataan serupa pekan lalu, tetapi langsung dikoreksi oleh para pejabatnya, mengatakan bahwa saran sang presiden hanyalah lelucon. Para pejabat kesehatan Filipina mengatakan bahwa masker kain harus dicuci secara normal, dan masker bedah diganti setelah digunakan.

Tetapi, seperti ditulis okezone.com, pada Jumat (31/7/2020) Duterte kembali menegaskan sarannya. Dia mengatakan “apa yang saya katakan benar... pergilah ke pompa bensin”.

Tidak ada bukti bahwa bensin dapat mensterilkan masker; kontak yang terlalu lama dengan bensin juga dianggap bisa berbahaya; dan menuangkan cairan yang mudah terbakar bisa menjadi risiko kebakaran.

Mengacu pada komentar sebelumnya, Duterte berkata: "Mereka (kritikus) berkata, 'Duterte gila.' Bodoh! Jika saya gila, Anda harus menjadi presiden, bukan saya,” ujarnya sebagaimana dikutip BBC.

"Apa yang saya katakan itu benar. Jika alkohol tidak tersedia, terutama bagi orang miskin, pergi saja ke pompa bensin, dan gunakan (bensin) untuk mendisinfeksi.

"Saya tidak bercanda," tegasnya.

Duterte mengatakan mereka yang tidak memiliki persediaan pembersih dapat menggunakan bensin sebagai desinfektan untuk membersihkan masker mereka.

"Pada akhirnya, gantung (masker) di suatu tempat dan semprotkan dengan Lysol jika Anda mampu membelinya," katanya, merujuk pada merek desinfektan yang populer.

"Untuk orang-orang yang tidak (memiliki Lysol), basahi dengan bensin atau solar... cari saja bensin (dan) celupkan tanganmu (dengan masker) di dalamnya."

Setelah komentar Duterte minggu lalu, Juru Bicara Kepresidenan Harry Roque dengan cepat menyampaikan koreksi.

"Saya tidak percaya bahwa setelah empat tahun menjabat sebagai presiden, Anda masih belum mengenalnya," kata Roque sebagaimana dilansir Rappler.

"(Ini hanya lelucon). Mengapa kita menggunakan bensin untuk mencuci?"

Sementara itu, pejabat kesehatan Maria Rosario Vergeire mengatakan masker kain harus dicuci dan dikeringkan secara normal, dan masker bedah diganti setelah digunakan.

Sementara itu, pejabat kesehatan Maria Rosario Vergeire mengatakan masker kain harus dicuci dan dikeringkan secara normal, dan masker bedah diganti setelah digunakan.(*)




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ilustrasi situasi di Korea Selatan saat pandemi Covid-19. Foto: CNNIndonesiaPemimpin Sekte di Korsel yang Halangi Penanganan Corona Ditangkap
Swedia, negara di Eropa yang tak terapkan lockdown untuk cegah virus Corona. Foto: DetikTanpa Lockdown Kasus Corona di Negara Ini Turun, Apa Strateginya?
Masker berkatup tidak aman buat hadapi corona.Memang Lebih Nyaman, Tapi Masker Berkatup Ternyata Tak Efektif dan Malah Bisa Sebarkan Covid-19
  Presiden Filipina Rodrigo Duterte.Sarankan Warga Miskin Cuci Masker dengan Bensin, Presiden Filipina: Saya Tidak Bercanda
Lamborghini Huracan senilai 318.000 dollar AS (Rp 4,6 miliar).Selewengkan Dana Bantuan Corona, Pria Ini Beli Lamborghini
Kuil untuk Unik, Warga di India Justru Sembah 'Dewi Corona' Sampai Puas

 
Berita Lainnya :
  • Sapi Kurban PTPN V Tak Sampai ke DPRD Riau, Ini Penjelasannya
  • Besok, Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang IV Dibuka
  • Petronas Melesat, Quartararo Tercepat di FP2 MotoGP Ceko
  • Tapal Batas 93 Desa di Kepulauan Meranti Bermasalah, Berpotensi Timbulkan Konflik
  • Butuh Bantuan, Kapolres Kepulauan Meranti Jenguk Balita yang Mengidap Jantung Bocor
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Potret Lensa
    Salat Idul Adha Pertama di Hagia Sophia
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved