www.halloriau.com
14:00 - Kecelakaan Maut Terjadi Lagi di Tol Pekanbaru-Dumai, 5 Orang Tewas 2 Luka Berat | 13:28 - Riau Akan Distribusikan 15.240 Vaksin Covid-19 untuk 3 Daerah Ini | 12:32 - Abaikan Prokes Covid-19, Kerumunan Warga Penerima BLT Dibubarkan | 18:21 - Kadiskes Riau: Rapid Test Antigen Swab Syarat Perjalanan Keluar Daerah | 18:21 - Penahanan Yan Prana, Kejati Beralasan Tersangka Menghilangkan Barang Bukti | 16:00 - Setdaprov Riau, Yan Prana Jaya ditahan Jaksa Penyidik Pidsus Kejati Riau
 
Mahasiswa Cantik Ini Pecahkan Soal Matematika Setengah Abad yang sudah Bikin Bingung Para Pakar
Sabtu, 13 Juni 2020 - 13:59:07 WIB
Lisa Piccirillo
Lisa Piccirillo

JAKARTA - Lisa Piccirillo hanya perlu waktu kurang dari seminggu untuk menjawab soal matematika yang berusia setengah abad yang ditemukan oleh pakar matematika John Conway.

Pada pertengahan tahun 2018, dalam konferensi topologi dan geometri, Piccirillo mendengar tentang soal matematika yang disebut Conway Knot atau simpul Conway.

Piccirillo merasa soal matematika dapat dijadikan landasan untuk menguji sebagian teknik yang telah ia kembangkan saat menjadi mahasiswi di Universitas Texas, Austin.

"Saya sengaja tidak mengerjakannya langsung karena saya rasa soal itu bukan matematika asli, dan saya jadikan itu seperti pekerjaan rumah," kata Piccirillo.

Simpul Conway dengan 11 simpul membuat bingung para pakar matematika selama setengah abad.

Sebelum satu minggu, Piccirillo telah mendapatkan jawabannya dan beberapa hari kemudian dia bertemu dengan Cameron Gordon, guru besar di Universitas Texas dan menyinggung hal itu secara sekilas.

Gordon langsung terkejut dan menyatakan apa yang dilakukan Piccirillo harus langsung masuk ke Annals of Mathematics, salah satu jurnal prestisius untuk bidang disiplin ilmu ini.

"Dia lansung teriak dan bertanya ke saya, mengapa kamu tidak gembira," kata Piccirillo yang saat ini mengambil program pascadoktoral di Universitas Brandeis.

"Tampaknya dia tidak menyadari bahwa apa yang ia tuntaskan adalah soal matematika kuno yang terkenal," kata Piccirillo kepada situs sains Quanta.

"Soal simpul Conway merupakan masalah yang sudah lama dan banyak pakar matematika mencoba memecahkan masalah ini namun tidak bisa menyelesaikannya," kata pakar matematika Javier Aramayona, peneliti di Universitas Madrid dan anggota Institute Matematika (ICMAT) Spanyol.

Simpul matematika, apa itu?

Untuk menjelaskan soal simpul Conway yang perlu diketahui adalah topologi, cabang matematika yang mencakup simpul.

Dalam topologi ada yang disebut teori simpul, objek studi yang memiliki kesamaan dalam kehidupan sehari-hari.

"Kalau kita bayangkan tali dan kita lem ujung-ujungnya, itulah gagasan di balik itu," kata pakar matematika Marithania Silvero dari Institut Matematika Universitas Sevilla, Spanyol, kepada BBC Mundo.

"Apa yang dipelajari dalam teori ini adalah berbagai bentuk yang bisa kitaa buat dengan menyilangkan, menekuk, melipat dan menekan, dan apa yang tidak boleh adalah memotong tali. Itu dilarang," katanya.

"Kita bisa bayangkan simpul dan silang sebanyak mungkin dan serumit mungkin," kata Aramayona.

"Berbagai bentuk simpul penuh dengan contoh silang yang rumit," tambahnya.

Conway meninggal karena Covid-19

Soal simpul Conway ini menjadi terkenal karena Conway sendiri.

Conway meninggal tanggal 11 April lalu karena Covid-19. Pakar matematika ini bekerja di berbagai universitas ternama seperti Cambridge dan Princeton.

Menurut Siobhan Roberts yang menulis biografinya, Conway seperti layaknya "Archimedes, Mick Jagger, Salvador Dali dan pakar fisika Richard Feynman, dalam satu orang".

Pada tahun 1970, Conway mengenalkan simpul dengan 11 silang dan sejak itu banyak pakar matematika yang mencoba memecahkan tapi tak berhasil.

Pemecahan yang dilakukan Piccirillo adalah dengan menggunakan strategi kreatif, bahwa simpul Conway adalah bagian.

Apa yang dibuktikannya dipuji sebagai keindahan matematika dan langkahnya juga dapat membuka jalan menemukan cara baru memahami simpul.(*)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Tangkap Layar video saat Gubernur Riau dihadang mahasiswa Lalu buru-buru naik ke mobilnya dan berlalu. Sumber: Tribunpekanbaru​.Gubernur Riau Dihadang Mahasiswa Siak saat Hadiri Acara Tak Berizin
Massa mahasiswa gelar aksi di Kantor Gubernur Riau.Temui Massa, Suara Edy Natar Tak Terdengar Jelas, Mahasiswa Acuh Lalu Bubar
Demo di DPRD Riau.Unjuk Rasa Ricuh, Mahasiswa Petanyakan Demokrasi
  Mahasiswa kembali menggelar aksi di depan kantor Gubernur Riau menolak UU Cipta Kerja.Mahasiswa Minta Gubri Tegas Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja
Mahasiswa di Pekanbaru kembali unjuk rasa tolak UU Cipta Kerja.Unjuk Rasa Tolak UU Cipta Kerja Kembali Digelar Mahasiswa di Kantor Gubri
Aliansi Mahasiswa dan Pemuda se Riau saat menggelar diskusi publik.Jadi Polemik, Aliansi Mahasiswa dan Pemuda se-Riau Diskusi Diangkatnya Mantan Napi Jadi Pejabat

BERITA LAINNYA    
Tampilan Super Win didalam Duofu Duocai game Higgs Domino yang membuat para pemainnya ketagihan (Int)Dianggap Judi, Seluruh Penjual Chip Higgs Domino di Kepulauan Meranti Akan Dibasmi
Ilustrasi sabuPolda Riau Gagalkan 20 Kg Sabu Asal Malaysia
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku AdisasmitoBeredar Kabar Ada Chip di Vaksin Covid-19, Satgas: Hoaks!
  Rapat koordinasi tentang pengelolaan perhutanan sosial di Kabupaten Kepulauan MerantiPemkab dan Polres Meranti Rapat Terkait Pengelolaan Perhutanan Sosial
Kepala Bappeda Siak, Wan YunusPersingkat Jarak Pelayanan, Verifikasi RAPBKampung di Kecamatan
Suasana pertemuan rombongan DPRD Sumut dengan Pemprov RiauDPRD Sumut-Pemprov Riau Bahas Strategi Pembangunan di Masa Pandemi
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved