www.halloriau.com
HalloSawit
BREAKING NEWS :
Kadis Kominfotik Riau Chairul Rizki Positif Covid-19
 
Iran Bantah Merudal Pesawat Ukraina yang Tewaskan 176 Orang, tapi Tolak Serahkan Black Box
Kamis, 09 Januari 2020 - 10:50:15 WIB
Barang-barang milik penumpang Ukrine International Airlines dikumpulkan di lokasi jatuhnya pesawat di pinggiran Teheran, Iran. FOTO: Reuters/Wana
Barang-barang milik penumpang Ukrine International Airlines dikumpulkan di lokasi jatuhnya pesawat di pinggiran Teheran, Iran. FOTO: Reuters/Wana

TEHERAN - Iran telah menepis spekulasi bahwa pesawat Boeing 737-800 milik Ukraine International Airlines (UIA) jatuh di Teheran akibat ditembak rudal. Namun, Teheran menegaskan tidak akan menyerahkan black box (kotak hitam) pesawat kepada Boeing di tengah memanasnya ketegangan antara Washington dengan Teheran.

Pemerintah Ukraina awalnya menyimpulkan tragedi yang menewaskan 176 orang pada hari Rabu kemarin akibat kerusakan mesin. Namun, kesimpulan itu tiba-tiba dicabut. Tragedi itu memicu perebutan internasional untuk melakukan penyelidikan.

Kecelakaan pesawat terjadi tiga setengah jam setelah Iran menembakkan serentetan rudal balistik terhadap dua pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Ain al-Assad dan Erbil di Irak. Serangan sekitar 15 misil itu sebagai balas dendam atas pembunuhan jenderal Qassem Soleimani oleh serangan udara AS di Baghadad pada Jumat pekan lalu.

Pesawat Boeing 737-800 Ukraine International Airlines jatuh ketika sedang menuju Kiev usai lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini di Teheran. Pesawat jatuh sekitar pukul 06.00 pagi tak jauh dari bandara.

Kepala Organisasi Penerbangan Sipil Iran, Ali Abedzadeh, mengatakan investigasi jatuhnya pesawat Ukraina itu akan dilakukan pihak Teheran. "Kami tidak akan memberikan kotak hitam ini kepada pabrikan dan Amerika. Belum jelas ke negara mana kotak hitam akan pergi untuk penyelidikan," ujarnya, seperti dikutip The Guardian, Kamis (9/1/2020).

"Kecelakaan ini akan diselidiki oleh organisasi penerbangan Iran, tetapi Ukraina juga dapat hadir selama penyelidikan insiden ini," ujarnya, dikutip sindonews.

Menurut manifes yang dirilis UIA, para korban termasuk 83 warga Iran dan 63 warga Kanada. Korban tewas lainnya adalah sepuluh warga Swedia, empat warga Afghanistan, tiga warga Jerman, dan sebelas warga Ukraina termasuk sembilan awak.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mendesak investigasi menyeluruh atas kecelakaan mematikan itu. "Pemerintah kami akan terus bekerja sama dengan mitra internasionalnya untuk memastikan bahwa ... (kecelakaan itu) diselidiki secara menyeluruh, dan bahwa pertanyaan orang Kanada dijawab," katanya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan, "Prioritas kami adalah untuk menetapkan kebenaran dan mereka yang bertanggung jawab atas bencana mengerikan ini."(*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Puing pesawat Ukraina yang jatuh di Iran.PM Kanada Sebut Iran Merudal Pesawat Ukraina, Bisa Jadi Tidak Sengaja
 Ukraine International AirlinesPesawat Ukraina Berpenumpang 180 Orang Jatuh di Iran
  Barang-barang milik penumpang Ukrine International Airlines dikumpulkan di lokasi jatuhnya pesawat di pinggiran Teheran, Iran. FOTO: Reuters/WanaIran Bantah Merudal Pesawat Ukraina yang Tewaskan 176 Orang, tapi Tolak Serahkan Black Box

 
Berita Lainnya :
  • Kadis Kominfotik Riau Chairul Rizki Positif Covid-19
  • Tabrak Fuso di Tol Pekanbaru-Dumai, Sopir Innova Tewas
  • Positif Covid-19 Riau Bertambah 227 Kasus, Sembuh 178 Orang, 5 Meninggal
  • Antisipasi Politik Uang, Gakkumdu Gandeng Pihak Perbankan
  • Lewat Bimtek dan Orientasi, Bawaslu Bekali Pengawas TPS
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Potret Lensa
    Salat Idul Adha Pertama di Hagia Sophia
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved