www.halloriau.com
14:00 - Kecelakaan Maut Terjadi Lagi di Tol Pekanbaru-Dumai, 5 Orang Tewas 2 Luka Berat | 13:28 - Riau Akan Distribusikan 15.240 Vaksin Covid-19 untuk 3 Daerah Ini | 12:32 - Abaikan Prokes Covid-19, Kerumunan Warga Penerima BLT Dibubarkan | 18:21 - Kadiskes Riau: Rapid Test Antigen Swab Syarat Perjalanan Keluar Daerah | 18:21 - Penahanan Yan Prana, Kejati Beralasan Tersangka Menghilangkan Barang Bukti | 16:00 - Setdaprov Riau, Yan Prana Jaya ditahan Jaksa Penyidik Pidsus Kejati Riau
 
Malam Tahun Baru Diwarnai Ledakan Bom di Pusat Perbelanjaan, 2 Tewas dan 32 Luka-luka
Senin, 31 Desember 2018 - 19:21:36 WIB
Sebuah bom meledak di pusat perbelanjaan di Kota Cotabato, Filipina mengakibatkan dua orang tewas dan melukai 32 lainnya. Diduga itu ulah teroris. FOTO: AFP / Ferdinandh Cabrera
Sebuah bom meledak di pusat perbelanjaan di Kota Cotabato, Filipina mengakibatkan dua orang tewas dan melukai 32 lainnya. Diduga itu ulah teroris. FOTO: AFP / Ferdinandh Cabrera

JAKARTA - Sebuah bom meledak di halaman depan pusat perbelanjaan di Kota Cotabato, selatan Filipina pada Senin (31/12/2018). Kejadian itu membuat dua orang tewas dan melukai 32 lainnya.

Juru bicara Kepala Kepolisian Filipina, Rowell Zafra, mengatakan tak lama setelah insiden terjadi aparat langsung menggeledah seluruh isi mal. 

Hasil penggeledahan polisi menemukan satu barang mencurigakan diduga bom lainnya yang langsung dimusnahkan.

Hingga kini, aparat Filipina belum bisa mengatakan jenis bom yang digunakan dalam peristiwa itu, begitu juga dengan identitas tersangka pelaku.

Puing-puing terlihat berserakan, termasuk barang-barang yang dijual khusus menyambut perayaan tahun baru. Sepatu dan sandal yang berlumuran darah juga terlihat tergeletak persis di depan pintu masuk mal, lokasi ledakan terjadi.

Dikutip AFP, dilansir cnn, saksi mata mengatakan jendela-jendela bangunan di sekitar lokasi kejadian ikut pecah akibat ledakan.

Wilayah Filipina selatan telah diguncang kekerasan kelompok ekstremis, militan, hingga separatis Islam selama beberapa dekade terakhir.

Zafra memaparkan sejumlah kelompok ekstremis Islam yang berbasis di luar Cotabato telah mendeklarasikan berbaiat pada organisasi teroris ISIS.

Berdasarkan data pemerintah Filipina, setidaknya 100 ribu nyawa melayang akibat pemberontakan dan kekerasan yang terjadi di wilayah itu.

Presiden Rodrigo Duterte juga menerapkan darurat militer hingga akhir 2018 di selatan Filipia, terutama selatan Mindanao setelah ISIS memporak-porandakan Kota Marawi pada pertengahan 2017.

Pada September dan Agustus lalu, serangkaian bom menerjang Kota Isulan, 77 kilometer dari selatan Cotabato. Insiden itu menewaskan tiga orang.

Otoritas mengatakan kelompok bersenjata Bangsamoro Islamic Freedom Fighters (BIFF) yang bertanggung jawab atas insiden tersebut. BIFF salah satu kelompok bersenjata di Filipina, selain Abu Sayyaf yang berbaiat kepada ISIS. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Koordinator Pusat BEM Nusantara, Hengky PrimanaBEM Nusantara Minta Tempat Hiburan Malam Tutup Saat Malam Tahun Baru
Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Riau, Hj Dinawati, SAgPerempuan Sebagai Agen Perdamaian Cegah Radikalisme dan Terorisme
Ilustrasi Karhutla.Atasi Karhutla di Riau, Gubri Minta Bantuan Perusahaan Lakukan Water Bombing
  Helikopter Chinook.Antisipasi Karhutla 2021, Riau Dapat Tawaran Bantuan Helikopter Water Bombing Chinook dari BNPB
Gubernur Riau (Gubri) SyamsuarBNPB Pusat Bantu Riau 6 Heli Water Bombing untuk Penanganan Karhutla
Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Perempuan Pondasi Penting Bangsa Indonesia

BERITA LAINNYA    
Tampilan Super Win didalam Duofu Duocai game Higgs Domino yang membuat para pemainnya ketagihan (Int)Dianggap Judi, Seluruh Penjual Chip Higgs Domino di Kepulauan Meranti Akan Dibasmi
Ilustrasi sabuPolda Riau Gagalkan 20 Kg Sabu Asal Malaysia
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku AdisasmitoBeredar Kabar Ada Chip di Vaksin Covid-19, Satgas: Hoaks!
  Rapat koordinasi tentang pengelolaan perhutanan sosial di Kabupaten Kepulauan MerantiPemkab dan Polres Meranti Rapat Terkait Pengelolaan Perhutanan Sosial
Kepala Bappeda Siak, Wan YunusPersingkat Jarak Pelayanan, Verifikasi RAPBKampung di Kecamatan
Suasana pertemuan rombongan DPRD Sumut dengan Pemprov RiauDPRD Sumut-Pemprov Riau Bahas Strategi Pembangunan di Masa Pandemi
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved