www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Riau Masih Nihil, Hotspot Sumatera Paling Banyak Muncul di Sumatera Selatan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Jalan Peranap-Airmolek Rusak Parah Akibat Truk Batu Bara, IPMKP: Tolong Kami Pak Syamsuar
Rabu, 07 Juni 2023 - 21:17:16 WIB

INHU - Rusak parahnya akses jalan provinsi di Kecamatan Peranap-Airmolek yang diduga akibat angkutan batu bara dikecam Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Kecamatan Peranap-Pekanbaru (IPMKP).

Dalam pernyataan sikapnya, IPMKP menegaskan mobil angkutan batu bara yang melebihi batas tonase atau over dimension over loading (ODOL) tersebut, selain menyebabkan kerusakan jalan, juga menghasilkan debu yang membahayakan kesehatan.

"Debu mengancam kesehatan masyarakat, karena mengandung partikel-partikel berbahaya yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan masalah kesehatan lainnya," tulis sebagian isi pernyataan tersebut.

Ketua IPMKP, Notri Lispandi menilai, permasalahan rusak parahnya akses jalan provinsi yang diduga sejak beroperasinya tambang batu bara di Kecamatan Peranap dan Batang Peranap harus dicarikan solusi oleh pemangku kepentingan, baik Pemkab, provinsi dan juga pusat.

"Lebih kurang dua tahun sejak operasional perusahaan tambang batu bara di peranap dan batang peranap, kemudian menggunakan akses jalan umum atau jalan provinsi, jadi penyebab kerusakan jalan yang tak bisa dihindari," sebut Notri, Rabu (7/6/2023).

Sebab itu, sambung dia, harus ada ketegasan sikap dari Pemprov Riau juga Pemkab Inhu kepada perusahaan-perusahaan tambang untuk membuat akses jalan sendiri, yang tidak lagi menggunakan akses jalan umum.

"Kita dorong Pemkab Inhu juga provinsi riau segera memberikan penekanan pada perusahaan tambang tersebut membuat akses jalan sendiri. Karena memang aturannya mereka wajib punya akses jalan sendiri," ungkapnya.

"Bukan seperti sekarang. Sebab itu dalam waktu dekat kami dari IPMKP juga tokoh peranap dan Inhu berencana audiensi dengan Gubri, pak syamsuar. Meminta sikap dan komitmennya. Tolong kami pak syamsuar," paparnya.

Diketahui, belum lama ini Gubernur Riau, Syamsuar meninjau jalan rusak di Kabupaten Inhu hingga ruas jalan lintas menuju Inhil.

Gubri mengakui, truk muatan angkutan batu bara melebihi batas tonase merupakan satu di antara penyebab kerusakan jalan di Provinsi Riau.

"Muatan yang lewat sini bisa mencapai 30 ton, sangat tak sebanding dengan kekuatan badan jalan," kata Gubri.

"Jangan sampai kita cuma kebagian jalan rusak. Nanti kita panggil (perusahaan batu bara), harus ada solusi penyelesaiannya," tegasnya.

Diketahui, aksi penolakan angkutan batu bara di Kecamatan Peranap sudah digelar beberapa kali, bahkan pekan lalu puluhan mobil besar pengangkut batu bara dihentikan massa aksi.(rilis)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi hotspot masih menyala di Pulau Sumatera (foto/int)Riau Masih Nihil, Hotspot Sumatera Paling Banyak Muncul di Sumatera Selatan
ilustrasi NPWP.Cara Cek NIK Sudah Padan dengan NPWP atau Belum
Syamsuar, Edy Natar dan Muhammad Nasir.Deretan Calon Gubernur Riau Sudah Temukan Duetnya di Pilkada 2024
Kapolda ajak Bupati Sintong dan Wabup Sulaiman salam damai.Sempat Nyaris Adu Jotos, Bupati-Wabup Rohil Didamaikan Kapolda Riau
Bakar tongkang di Bagansiapiapi, Rohil.(foto: mcr)Puluhan Ribu Wisatawan Meriahkan Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
  (ki-ka) Bakal Calon Walikota Pekanbaru, Agung Nugroho, Ida Yulita, dan mantan Pj Wako Muflihun (foto/int)Adu Elektabilitas Jelang Pilwako: Agung Nugroho dan Ida Teratas, Muflihun Ungguli Dr Ikhsan
Pelebaran Jalan Sultan Syarif Kasim Pekanbaru.Pelebaran Jalan SSK, Pagar Mesjid Annur dan Tiang Listrik di Median Sudah Dibongkar
ilustrasi.PDI Perjuangan Belum Bocorkan Sosok Didukung di Pilgub Riau, Apakah SF Hariyanto-Wahid ?
Program TMC di Riau.(foto: mcr)Tahap Kedua TMC di Riau, Sudah 6.400 Kg Garam Disemai
Rektor Umri, Saidul Amin.(foto: mcr)Umri Rayakan Milad Ke-16 dengan Serangkaian Acara Penting
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved