Inhu
Pemkab Inhu | DPRD Inhu
 
+ INDEX BERITA

21:05 - Pasien Terkonfirmasi Covid...
15:58 - Pastikan Situasi Aman dan ...
15:22 - Total Terkonfirmasi Covid-...
12:23 - Tiga Warga Inhu Keracunan ...
17:01 - Total Pasien Suspek Covid-...
16:50 - Kumulatif Suspek di Inhu 2...
23:31 - Kasus Covid-19 di Inhu Men...
22:06 - Bhayangkara Jip Community ...
14:23 - Simulasi Pengamanan TPS di...
21:31 - Antisipasi Penyebaran Covi...
12:54 - Kapolres Pimpin Sertijab, ...
18:04 - Latihan Pra Operasi, Pers...
17:40 - Pasien Suspek Meninggal Du...
20:01 - Data Terbaru Covid-19 di I...
13:55 - Pemburu Teking Covid-19 Po...
12:52 - Jajaran Polsek Pasir Penyu...
06:01 - Gebrak Masker di Inhu, Ket...
17:32 - Antisipasi C3, Polsek Kela...
10:56 - Belasan Warga dan Satu Pel...
17:42 - Huni Bekas Kandang Ternak,...
 
Respon Pandemi, Rotte Foundation Salurkan Bantuan Sembako di Seberida
Jumat, 23 Oktober 2020 - 18:51:54 WIB
Penyerahan paket sembako kepada warga duafa dan yang terdampak Covid-19 secara ekonomi.
Penyerahan paket sembako kepada warga duafa dan yang terdampak Covid-19 secara ekonomi.
TERKAIT:

MERESPON Pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai, Rotte Foundation (Yayasan Rotte Indonesia Mulya) menyerahkan bantuan langsung paket sembako kepada warga duafa dan mereka yang terdampak secara ekonomi.

Penyerahan digelar di salah satu cabang Rotte Bakery, yakni Rotte Cabang Seberida yang beralamat di Lintas Timur Simpang Empat Belilas, Kelurahan Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu.

Bantuan diserahkan langsung oleh Pimpinan Yayasan Rotte Indonesia Mulia H. Budi Suhari, S.Pt yang juga Ketua Bidang Zakat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kota Pekanbaru, Kamis (22/10/2020).

“Hari ini Rotte Foundation berbagi sembako lewat donasi yang terkumpul dari para donatur, dan dibagikan di kepada warga sekitar di lingkungan Outlet Rotte. Di samping sebagai agenda rutin dari salahsatu Core Program Rotte Foundation yakni Program Kemanusiaan, kegiatan ini juga sebagai bentuk respon dan peduli yayasan atas dampak pandemi yang berimbas secara ekonomi kepada keluarga, khususnya keluarga dhuafa dan mereka yang kurang beruntung," ujar Budi.

Lebih jauh, Budi menguraikan, sejak digulirkan sejak 2018 lalu Rotte Foundation mempunyai 5 program inti yang menjadi Core Program yakni: Kemanusiaan, Kesehatan, Ekonomi, Pendidikan dan Program Dakwah. Dimana kelima program ini bergulir secara rutin dan berkesinambungan dengan menyasar berbagai lini, khususnya para yatim dan dhuafa.

Di Program Kemanusiaan, Rotte Foundation menggelar Bakti Sosial dan Bantuan Sembako Rotte yang diberikan kepada warga dhuafa ataupun mereka yang membutuhkan di wilayah Pekanbaru dan sekitar.

Di Program Kesehatan, Rotte Foundation mengoperasikan Rotte Ambulans Siaga yang standby 24 jam. Ambulans Rotte khusus melayani masyarakat atau pemenuhan kebutuhan kaum dhuafa yang bersifat periodik, rutin ataupun insidental, seperti melayani penjemputan dan pengantaran jenazah yang semula hanya di dalam kota, kini merambah hingga antar provinsi, seperti ke Sumatera Barat.

Kemudian Khitanan Massal, yakni kegiatan kemanusiaan melayani anak-anak yatim dan dhuafa dalam melakukan perintah syariat, khitan (sunat rasul). Lalu Rotte Peduli Covid-19, dimana Rotte Foundation bekerjasama dengan berbagai instansi, klinik atau rumah sakit dalam upaya pencegahan dan pengentasan Pandemi Covid-19, dalam pembagian masker, Alat Pelindung Diri (APD), handsanitizer hingga bagi-bagi roti dari Rotte Bakery. Lain waktu, Rotte juga ikut membantu biaya pengobatan pasien rumah sakit.

Di Program Pendidikan, Rotte Foundation rutin menyerahkan bantuan Beasiswa Yatim dan Dhuafa kepada para santri dan siswa yang tengah menempuh pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar, menengah dan kejuruan. Bukan hanya bagi pelajar yang sekolah di sekolah negeri, tapi juga swasta.

Langkah konkret lainnya, dengan beroperasionalnya Pondok Pesantren AUFIA Global Islamic Boarding School (GIBS) Riau sebagai pesantren rintisan Rotte Foundation yang beralamat di Jalan Bypass Chevron Rumbai, Minas, Kabupaten Siak.

Di Program Ekonomi, Rotte Foundation mengemas dalam Bantuan UMKM Rotte, yakni program pemberdayaan melalui pinjamam modal disertai pelatihan manajemen, perubahan karakter dan jaringan usaha kepada warga, khususnya di Pekanbaru dan sekitarnya.

Program berkelanjutan ini juga dibarengi pemberdayaan bagi mustahik melalui pelatihan guna peningkatan keterampilan untuk meningkatkan taraf ekonomi. Di sisi lain, Rotte Foundation di Bidang Ekonomi juga melakukan Program Bedah Rumah dan Warung bagi warga kurang mampu guna menaikkan taraf hidup menjadi lebih baik.

Di Program Dakwah, Rotte Foundation menyalurkan sebentuk dana yang dikemas dalam bentuk Bantuan Operasional Masjid/Mushalla. Beberapa masjid dan mushalla terutama yang berada di sekitaran Kantor Rotte Foundation di kawasan Bukit Barisan Pekanbaru pun sudah menerima bantuan ini selama dua tahun belakangan.

Kemudian, Bakti Sosial (Baksos) masjid/musala yakni aksi pembersihan masjid. Tak hanya di Pekanbaru, Baksos Aksi Bersih Masjid yang baru saja dilakukan yakni Masjid Al Ikhlas di Belilas, Indragiri Hulu.

Dalam pelaksanaan program dan kegiatannya, Rotte Foundation tak jarang bergandengan tangan dan bekerjasama dengan berbagai pihak atau instansi baik swasta maupun pemerintah seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, BTN Syariah, Bank Syariah Mandiri, Rumah Sakit Awal Bros, RSUD Arifin Achmad dan beberapa rumah sakit besar serta Puskesmas di Pekanbaru.

Terkadang menggandeng instansi pendidikan seperti SDN 041 Pekanbaru, beberapa sekolah dasar di Sukajadi, Sail, Gobah sampai Rumbai. Kemudian dengan Unit Pelaksana Teknik (UPT) Latihan Kerja (LK) Wilayah Riau, Generasi Baru Indonesia (GenBI) Wilayah Riau, AKSI Bersama Indonesia (ABI) Riau, Laznas Riau, Rumah Yatim dan pihak lainnya.

Suasana pandemi yang belum bisa dibilang benar-benar tuntas, membuat acara dikemas dalam skala terbatas, namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

Acara dimulai dengan sambutan Manager Operasional Rotte Foundation Edy Siswoyo. Dalam sambutannya, Edy memahat harap, bantuan yang diberikan benar-benar memberi dampak manfaat bagi mereka yang menerima. Selanjutnya, penyerahan sembako secara gratis, setelah sebelumnya nama-nama penerima di data dengan berkolaborasi dengan RT setempat sesuai KK yang tertera.

Sementara itu, salah seorang warga penerima bantuan sembako, Jumiati (40) yang saat ditemui usai menerima bantuan menyampaikan rasa haru dan terima kasihnya kepada Rotte Foundation.

"Alhamdulillah, saya dan keluarga sudah diberi bantuan sembako ini, semoga Rotte ke depan lebih maju lagi dan lebih banyak memberi manfaat lagi buat masyarakat. Mudah-mudahan Rotte tambah banyak rejekinya,” ucapnya.

Untuk diketahui, Outlet Rotte Belilas grand opening pada Januari awal tahun silam. Dan, acara ini turut dihadiri oleh Fachmy Nanda (General Manager Operasional PT. Rotte Ragam Rasa 3R), Ronald Smith (Operasional Manager Wilayah Belilas), Manager Program Rotte Foundation Chandra Wijaya beserta Tim Rotte Foundation. (rilis)

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Mobil Dokter Terbakar di Parkiran RS Aulia
  • Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Inhu Capai 531 kasus
  • Perluasan Jaringan dengan Biaya Lebih Efisien, XL Axiata Uji Coba Open RAN di Indonesia Timur
  • Positif Covid-19 Riau Bertambah 155 Kasus, Sembuh 161 Pasien
  • Presiden Lepas Ekspor Senilai Rp23,75 T, RAPP dan APR Ekspor Kertas dan Rayon ke Berbagai Negara
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved