Inhu
Pemkab Inhu | DPRD Inhu
 
+ INDEX BERITA

11:32 - Ketua TP PKK Inhu Lantik P...
10:39 - Masa Kepemimpinan Yopi, Pe...
11:31 - Polres Inhu Launching Apli...
11:27 - Cacat Fungsi Akibat Kecel...
10:45 - Kerja Sama Pemkab Inhu den...
12:23 - Lantik Kasi Pidum Baru, Ka...
10:01 - Hadiri Panen Raya Ubi Racu...
08:38 - Masyarakat Keluhkan Kondis...
19:38 - Peroleh 28.518 Dukungan, d...
11:44 - Apel Siaga Karhutla PT RAU...
17:49 - Sidak PT SSS, DPRD Inhu: K...
12:31 - Lantik 62 Kades Terpilih, ...
13:26 - Milad ke-3 FPI, DPW FPI In...
12:03 - Dua Plt Kadis Dicopot, Ini...
11:46 - Senin Depan, 62 Kades Terp...
10:31 - Dipimpin Bupati, Forkopimd...
12:28 - Pemkab Inhu Gelar Musrenba...
22:09 - PLN Rengat Lakukan Pemadam...
21:03 - Giliran Rengat Barat Gelar...
19:19 - Pemkab Inhu Gelar Musrenba...
 
Beri Perhatian Besar, Inhu Meraih Predikat Kabupaten Layak Anak
Selasa, 17/12/2019 - 08:28:00 WIB
Bupati Inhu H Yopi Arianto senam bersama anak.
Bupati Inhu H Yopi Arianto senam bersama anak.
TERKAIT:

RENGAT- Perhatian Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu terhadap anak tidak diragukan lagi. Berbagai perhatian terhadap perkembangan dan masa depan anak terus dilaksanakan melalui berbagai kegiatan dan momen yang ada.

Besarnya perhatian Pemkab Indragiri Hulu terhadap anak membuat Kabupaten Indragiri Hulu mendapatkan predikat Kabupaten layak anak dari pemerintah pusat. Salah satu kegiatan yang cukup besar  dilaksanakan dalam rangka  memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 tingkat Kabupaten.

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPA) Kabupaten Inhu dalam memperingati HAN menyelenggarakan kegiatan Gebyar Hari Anak Nasional, yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Inhu, Selasa (29/10/2019), dengan mengambil tema "Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak" dengan tagline "Kita Anak Indonesia, Kita Gembira!"

Acara diawali dengan senam bersama yang diikuti oleh Bupati Inhu yang diwakili Asisten Administrai Umum  Inhu Erlina Wahyuningsih,  Ketua TP. PKK Kabupaten Inhu Ny. Rezita Meylani Yopi Arianto didampingi Kepala DPPPA Inhu Wardiati S.Sos, , serta sekitar 4000 anak yang datang dari seluruh kecamatan di Kabupaten Inhu mulai dari tingkat PAUD hingga SMA. 

"Peringatan HAN dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air," ujar Kepala DPPA Inhu Wardiati dalam sambutannya.

Dengan Peringatan HAN Tahun 2019 menurut Wardiati diharapkan pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat dapat bersama-sama berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan kepedulian dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi, dan memastikan segala hal yang terbaik untuk anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

Wardiati juga berharap kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan kepedulian semua warga bangsa Indonesia, baik orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media massa dan pemerintah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. 

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan Pengukuhan Pengurus Forum Anak (FA) Kabupaten Indragiri Hulu Periode 2019-2021. Pengukuhan dilakukan langsung oleh Asisten Administrasi Umum  Inhu Erlina Wahyuningsih mewakili Bupati. Dilanjutkan dengan Penyerahan Piagam Daffa Award Kabupaten Indragiri Hulu. Terbaik I diraih FA Kecamatan Rengat kategori Kegiatan Pendidikan. Kemudian Terbaik II diraih FA Kecamatan Pasir Penyu kategori Kegiatan Partisipasi. Terakhir Terbaik III diraih FA Kecamatan Rengat Barat Kategori Kegiatan Partisipasi.

Selain itu juga diadakan lomba mewarnai yang diikuti siswa PAUD dan TK. Puncak dari rangkaian Peringatan HAN ini adalah pemberian kejutan bagi anak-anak Inhu yang berulang tahun dibulan Oktober. Anak-anak yang berasal dari 14 kecamatan di Kabupaten Inhu tersebut mendapat kejutan perayaan ulang tahun dan masing-masing anak menerima nasi tumpeng.

Dalam peringatan HAN 2019 ini juga ada pemandangan berbeda dari peringatan sebelumnya. Ny. Rezita Meylani Yopi hadiri acara tersebut bersama kedua putranya.  Kehadirannya, di suguhi gendang musik tradisional (rebana) dan shalawatan dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Selanjutnya, senam bersama menjadi pembuka rangkai acara.

“Selamat hari anak nasional tahun 2019 khususnya untuk anak-anak di Kabupaten Inhu. Kita berharap, tentunya dengan adanya momentum ini bisa bersama-sama mulai di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa hingga seluruh masyarakat meningkatkan kepeduliannya demi melindungi hak-hak anak tersebut,” ucap Rezita Meylani Yopi.

Dikatakan, terkait kasus kekerasan terhadap anak yang terjadi dari laporan tugas tim dinas terkait mengatakan bahwa kebanyakan pelakunya adalah orang-orang terdekat.

“Karena itu saya berharap kepada semua pihak dapat menyediakan fasilitas-fasilitas yang berbasis layak anak sebagai upaya melindungi mereka dari kekerasan,” jelasnya.

Moment perayaan ini juga menjadi moment yang menggembirakan bagi putra Bupati Inhu H Yopi Arianto, Soenara Putra Arianto yang saat itu  berulang tahun kedua dan ikut dirayakan dalam kegiatan tersebut.

Bersamaan dengan itu, Pemkab Inhu turut memberikan kado spesial bagi anak-anak yang berulang tahun di bulan oktober.

Asisten Administrasi Umum Erlina Wahyuningsih mewakili Bupati Indragiri Hulu, Yopi Arianto mengatakan bahwa Pemkab Inhu sangat konsen terhadap upaya perlindungan anak. Hal ini dapat dibuktikan dengan ditetapkannya Kabupaten Inhu sebagai kabupaten layak anak dari pemerintah pusat dengan predikat madya.

“Saya minta kepada segenap jajaran pemerintahan, dunia usaha dan masyarakat agar selalu meningkatkan kepedulian terhadap anak melalui program kegiatan sehingga kita bisa menyiapkan secara dini generasi penerus,” jelasnya.

Kebijakan Pemkab Inhu berkaitan hak anak telah menerbitkan peraturan daerah no 5 tahun 2019 tentang perubahan atas perda nomor 3 tahun 2014 tentang perlindungan anak.

Sementara itu ketua DPRD Syamsudin yang hadir dalam peringatan HAN Inhu  mengucapkan selamat. Ia berharap peringatan ini menjadi moment bagi seluruh unsur untuk bersama-sama meningkatkan upaya perlindungan kepada anak-anak.

Termasuk juga menurut Syamsudin memperhatikan permasalahan pendidikan serta masa depan anak. Semua pihak terkait harus dapat memperhatikan anak sejak dini sebagai generasi penerus bangsa.

Puncak dari acara peringatan HAN di Kabupaten Indragiri Hulu ditandai dengan pelepasan balon ke udara dan penyerahan hadiah bagi peserta lomba. Ribuan anak dan masyarakat yang hadir dihalaman Kantor Bupati Inhu merasa puas dengan perhatian Pemkab Inhu terhadap anak, perkembangan dan masa depannya.(Advertorial Diskominfo Inhu).

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • 11 Hotspot Masih Terpantau di Riau Hari Ini
  • Tersangka Karhutla di Riau Bertambah Jadi 21 Orang
  • MPR Minta Pemerintah RI Lobi Saudi, Khawatir Kebijakan Stop Umrah Berlanjut ke Haji
  • Meningkat, Korban Tewas Akibat Virus Corona hingga Hari Ini Capai 2.858 Orang
  • Ngeri, Kelamin Suami Dipotong Istri karena Malas Bertani
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved