www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Hadiri Perayaan Natal, Samuel Marpaung Ajak BKAG Riau Bangun Kolaborasi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Korem 031/WB Gandeng Sinar Mas Agribusiness and Food Latihan Gabungan Penanggulangan Karhutla
Jumat, 25 November 2022 - 18:38:50 WIB
Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung bersama para peserta latihan gabungan penanggulangan karhutla bersama Sinar Mas Agribusiness and Food.(foto: istimewa)
Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung bersama para peserta latihan gabungan penanggulangan karhutla bersama Sinar Mas Agribusiness and Food.(foto: istimewa)

INHIL - Korem 031/Wira Bima menggandeng Sinar Mas Agribusiness and Food dalam latihan gabungan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Bagan Jaya, Kecamatan Enok, Kabupaten Inhil.

Latihan yang melibatkan Pemkab Inhil, BPBD, Manggala Agni, serta Masyarakat Peduli Api (MPA) ini bertujuan meningkatkan kemampuan seluruh peserta dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla.

Area perusahaan PT Bumipalma Lestaripersada (BPLP), grup Sinar Mas Agribusiness and Food dipilih sebagai lokasi latihan yang digelar selama lima hari dari tanggal 21-25 November 2022 ini.

Dalam kegiatan ini, Sinar Mas Agribusiness and Food tidak hanya mendukung penyediaan lokasi dan sarana pelatihan, tetapi juga melibatkan Masyarakat Siaga Api (MSA) binaan dan Tim Kesiapsiagaan Tanggap Darurat (KTD) dalam simulasi gabungan pengendalian karhutla.

Juga memberikan sesi materi pelatihan berupa sharing pengalaman terkait sistem manajemen pencegahan dan penanganan karthula secara terpadu yang dilakukan oleh perusahaan.

Salah satunya adalah penggunaan GeoSMART, sebuah aplikasi untuk mendeteksi titik panas (hotspot) tiga kali lebih cepat dari proses sebelumnya dengan memanfaatkan teknologi satelit.

Head of Fire and Peat Management Sinar Mas Agribusiness and Food, Achmad Supriyanto mengatakan, pihaknya siap bersinergi dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla.

"Kami sangat mengapresiasi Korem 031/WB yang telah menggagas latihan ini dan melibatkan kami di dalamnya. Kami siap untuk terus bersinergi dengan berbagai pihak demi pencegahan dan penanggulangan karhutla yang semakin baik di provinsi riau," ujarnya, Jumat (25/11/2022).

Peserta yang berjumlah sekitar 220 orang juga mendapatkan materi berupa teori dan praktik dari beberapa instansi. Misalnya, mereka mendapatkan pelatihan penegakan hukum karhutla dari Polres Inhil, pelatihan pemadaman api dari Manggala Agni, keterampilan pertolongan pertama dari Diskes Inhil, serta materi lainnya.

Pada akhir pelatihan, terdapat simulasi pemadaman karhutla yang melibatkan banyak peserta dan armada pemadam kebakaran untuk meningkatkan kesigapan peserta.

Sementara itu, Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung mengapresiasi pihak-pihak yang mendukung latihan gabungan ini sehingga dapat terselenggara dengan baik.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk memperkuat sistem terpadu dalam penanggulangan bencana alam karhutla.

"Terimakasih, hari ini kita dapat melaksanakan latihan bencana penanggulangan karhutla di kabupaten Inhil. Ini adalah latihan terintegrasi, baik dari Kodim, BPBD, Basarnas, Damkar, rekan-rekan BPLP, kepolisian dan lainnya," kata Danrem yang hadir di lokasi latihan.

"Latihan ini adalah cara kita menyiapkan kekuatan yang ada di wilayah untuk menghadapi bencana karhutla dan bencana-bencana lain," ungkapnya.

Ia juga menuturkan, koordinasi yang solid antar pihak sangat dibutuhkan dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla di Provinsi Riau.

"Semoga dengan adanya pelatihan ini, dapat terbangun koordinasi dan komunikasi di antara stakeholders untuk menghadapi bencana. Diharapkan dengan adanya koordinasi yang baik, kita bisa menyelesaikan bencana dengan efektif dan efisien, sehingga mengurangi korban ataupun kerugian yang lain," tukasnya.(rilis)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ketua Umum DPP GM BKAG, Samuel MarpaungHadiri Perayaan Natal, Samuel Marpaung Ajak BKAG Riau Bangun Kolaborasi
Ilustrasi.(int)Semalaman Diguyur Hujan, Pagi ini Hotspot di Riau Nihil
Ruas jalan dalam Kota Pekanbaru rute TDSi 2022 ditutup sementara besok.(foto: bayu/halloriau.com)Besok City Race Pekanbaru, Mulai Jam 9 Rute Etape III TDSi 2022 Ditutup Sementara
Peserta TDSi Etape II melintas di Jalan Hangtuah Ujung Pekanbaru.(foto: mcr)Warga Tenayan Raya Antusias Sambut Peserta TDSi 2022 di Etape II
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi.(foto: int)Argentina Bakal Menang Meyakinkan Hadapi Australia Dini Hari Nanti
  Ilustrasi.(int)Gemini Harus Lebih Tenang, Pisces Tegas Jangan Mau Dimanfaatkan
Ilustrasi.(int)Cuaca Pekanbaru Hari ini Cerah, Pebalap Bakal Nyaman Gowes Etape III TDSi 2022
Ilustrasi.(int)CFD Pekanbaru Tetap Digelar Sampai Jam 9, Ini Rute TDSi 2022 Etape III
Gubernur Riau, Syamsuar.(foto: mcr)Hari Bhakti ke-77 PU, Gubri: Peresmian SPAM Durolis Tunggu Menteri PUPR
Telkomsel melakukan pengembangan dan perubahan layanan MyAds yang meliputi tampilan website, article page, offdeck display banner, report & insight campaign, dan diskon khusus komunitas.(foto: istimewa)Telkomsel MyAds Hadirkan Ragam Fitur Baru untuk Pengalaman Terbaik Beriklan Digital
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
JNE Pekanbaru bersilaturahmi ke kantor Halloriau.com
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved