www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Marwan Yohanis: Pengawasan Distribusi Minyak Goreng di Riau Kurang
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Kasus Ilegal Logging, Kepala Desa Kedabu Rapat Ditetapkan Sebagai Tersangka
Kamis, 09 Desember 2021 - 06:50:35 WIB
Kayu Bakau ilegal logging yang diduga milik Kepala Desa Kedabu Rapat ditahan oleh pihak kepolisian Polres Kepulauan Meranti
Kayu Bakau ilegal logging yang diduga milik Kepala Desa Kedabu Rapat ditahan oleh pihak kepolisian Polres Kepulauan Meranti

SELATPANJANG - Kepala Desa Kedabu Rapat, Kecamatan Rangsang Pesisir,
Mahadi akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Reserse Kriminal Polres Kepulauan Meranti.

Penetapan tersangka Mahadi yang juga ketua Apdesi Kepulauan Meranti ini karena diduga terindikasi kasus perkara ilegal logging (illog).

Peran Mahadi disebut sebagai pemilik kapal serta ribuan batang kayu teki yang gagal diselundupkan ke negara tetangga Malaysia (27/11/21), oleh empat orang tersangka lainnya.

Penetapan tersangka Mahadi dan empat orang terkait dibenarkan oleh Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul Lapawesean Tendri Guling SIk MH

"Sesuai prosedur, penyidik telah melakukan gelar perkara terhadap penetapan tersangka terhadap Kepala Desa Kedabu Rapat. Selanjutnya penyidik akan melayangkan panggilan sebagai tersangka," kata AKBP Andi Yul, Senin (6/12/2021) malam.

Selanjutnya Kapolres belum bisa membeberkan secara rinci terkait perkara yang dimaksud. Pasalnya ini akan dijabarkan saat konferensi pers yang akan dilaksanakan beberapa hari lagi.

Diberitakan sebelumnya, aparat kepolisian dari Polres Kepulauan Meranti, meringkus 4 orang pelaku ilegal logging (Ilog) di wilayah Desa Centai, Kecamatan Pulau Merbau pada hari Sabtu (27/11/2021) siang, sekitar jam 11.00 WIB.

Kayu Bakau sebanyak 3.200 batang 
tanpa dilengkapi surat sah keterangan hasil hutan kayu itu diketahui milik Kepala Desa Kedabu Rapat, Kecamatan Rangsang Pesisir.

Penangkapan itu berawal dari laporan dan informasi dari masyarakat bahwa ada orang yang melangsir kayu yang diduga hasil ilegal logging.

Selanjutnya Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul Lapawesean Tendri Guling SIk MH langsung mengerahkan tim menggunakan speed boat melakukan pemantauan di sekitar desa Centai.

Sekitar pukul 14.00 WIB, tim melihat ada 1 unit kapal yang berlayar dengan haluan mengarah ke Selat Malaka (Malaysia). Akhirnya petugas berhasil menghentikan kapal Ambisi dengan Gross Tonnage (GT) 23 NO 1504/PPF 2006 PPF NO 3022 / L bermesin Mitsubishi 6D itu setelah sempat kejar-kejaran selama setengah jam.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, di dalam kapal terdapat hasil hutan kayu jenis Bakau sebanyak 3.200 batang tanpa dilengkapi surat sah keterangan hasil hutan kayu, barang tersebut bersama 4 orang yang membawa kayu kemudian dikawal ke Selatpanjang untuk proses pemeriksaan lebih lanjut,” kata Kapolres.

Empat orang pelaku yang ditangkap berinisial HER (37) sebagai Nahkoda kapal, SUR sebagai kepala kamar mesin, HAN (31), dan ZUL (24), sebagai ABK Kapal.

“Dari keterangan keempat pelaku ini, kayu ini mereka muat di Perairan Sungai Terus Desa Alai, Tebing Tinggi Barat Meranti pada pagi harinya. Kayu tersebut mereka bawa untuk dijual kepada Along (WNA) yang berdomisili di Batu Pahat, Malaysia. Dan pemilik Kapal Motor atas nama Mahadi, Kepala Desa Kedabu Rapat yang juga pemilik kayu tersebut," kata AKBP Andi Yul.

Penulis : Ali Imroen


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Anggota DPRD Riau Marwan YohanisMarwan Yohanis: Pengawasan Distribusi Minyak Goreng di Riau Kurang
Walikota Dumai Serahkan DPA 2022, OPD Diminta Segera Laksanakan Program Kerja. 
Walikota Dumai Serahkan DPA 2022, OPD Diminta Segera Laksanakan Program Kerja
Pelaku begal Alvin SaputraTendang Korban hingga Jatuh, Begal Motor Scoopy Akhirnya Diringkus Polisi 
Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul Lapawesean Tendri Guling SIk MH disuntik vaksin BosterKapolres Kepulauan Meranti dan Personel Ikut Suntik Vaksin Boster di Kantor Bupati
Jaksa gadungan ditahan. Tersangka Jaksa Gadungan Dilimpahkan ke Kejari Bengkalis
  Tokoh pendiri Pelalawan, Daslir MaskarViral Video Panglima DPP LLMB Lecehkan Pelalawan, Pendiri Pelalawan Ingin Kasus Ini Dibawa Ke Ranah Hukum
Sekda Pekanbaru M JamilPemko Pekanbaru Bakal Pinjam Pakaikan Gedung Eks OPD
Kepala Pelaksana BPBD Dumai Adyan Bangga Pranata HarahapCuaca Ekstrem, BPBD Dumai Tingkatkan Patroli Cegah Karhutla
Selenggarakan donor darah di Dumai, Pertamina berhasil kumpulkan 307 kantong darah. Donor Darah di Dumai, Pertamina Kumpulkan 307 Kantong Darah
Kadis Sosial BEM Unri, Daffa HauzannabilMahasiswa Unri Bentuk Tim Usut Aktor Politik yang Diduga Dalang Aksi Demo Soal Dugaan Korupsi Sekwan Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Jasa Raharja Riau Kunjungi Metro Riau Group
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved