www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Pensiunan Polisi yang Viral Jadi Manusia Silver Akhirnya Diberi Pekerjaan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Polisi Berhasil Ringkus Tiga Pelaku Karhutla Hutan Lindung Bukit Suligi
Senin, 02 Agustus 2021 - 16:51:39 WIB
Kapolres Rohul Taufiq Lukman Nurhidayat beri keterangan pers ke wartawan terkait penetapan tiga tersangka karhutla dan penjual lahan Hutan Lindung Bukit Suligi.
Kapolres Rohul Taufiq Lukman Nurhidayat beri keterangan pers ke wartawan terkait penetapan tiga tersangka karhutla dan penjual lahan Hutan Lindung Bukit Suligi.

PASIR PANGARAIAN - Akibat buka lahan di Tanjakan Sekilo Kawasan Hutan Lindung Bukit Suligi Desa Puo Raya Kecamatan Tandun, Rokan Hulu (Rohul) dengan cara imas tumbang lalu dibakar, diukur dan dijual, tiga pria ditetapkan Polisi sebagai tersangka pembakaran hutan dan lahan (karhutla).

Hal itu disampaikan Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, ketika beri keterangan resmi kepada sejumlah wartawan di Mapolres Rohul, Senin (2/8/2021).

Modus ketiga tersangka pembakaran sekitar 170 hektar kawasan Hutan Lindung Bukit Suligi terungkap setelah adanya laporan karhutla di Area Bukit Suligi pada Selasa (20/7/2021) lalu.

“Sesuai Laporan Polisi: LP.A/152/2021/ SPKT/ Satreskrim/ Polres Rokan Hulu/ Polda Riau, Tanggal 22 Juli 2021, pembukaan lahan dilakukan tiga tersangka SR, AG dan SN merupakan  warga Tandun. Mareka sudah membuka lahan sejak April 2021 dengan Imas tumbang, selanjutnya membakar lahan dengan brutal sehingga mengakibatkan karhutla dan menghanguskan lebih kurang 170 hektare lahan kawasan Hutan Lindung Bukit Suligi," jelas Kapolres.

Kapolres menambahkan, saat itu pihaknya mendapat informasi dari Bhabinkamtibmas, Bripka Muhammad Murni Harahap, ada kebakaran lahan di Tanjakan Sekilo Kawasan Hutan Lindung, berdasarkan informasi dari warga, lahan yang sedang terbakar tersebut adalah milik kelompok SR beserta koleganya.

"Selanjutnya kepolisian mengamankan tersangka untuk dimintai keterangan. Awalnya SR saat diinterogasi menolak beri keterangan, sebelum melakukan pengecekan ke areal kebakaran. Sehingga, personel kepolisian mengawal SR beserta koleganya ke lokasi kebakaran," bebernya.

“Setiba di lokasi, SR mengakui bahwa lahan yang terbakar tersebut miliknya bersama AG dan SN. Lahan tersebut diakui tersangka dibuka untuk dijual ke orang lain,” sambung Kapolres.

Dari pengakuan ketiga tersangka, Kapolres mengatakan, diketahui lahan hutan lindung tersebut akan dijual Rp8
juta per hektare, bahkan ketiga tersangka sudah menerima uang panjar Rp352 juta.

"Uangnya panjar yang sudah diterima dari calon pembeli dari pengakuan tersangka sudah habis digunakan untuk kepentingan pribadi,” ungkap Taufiq Lukman Nurhidayat.

Saat dtanya sudah berapa orang pembeli, dan mengapa tidak ditahan karena jelas-jelas salah membeli lahan hutan lindung, Kapolres menjelaskan terdapat dua orang pembeli dengan inisial AP dan PP dimana keduanya telah diperiksa sebagai saksi.

“Saat ini kedua pembeli merupakan saksi, kita sudah memintai keterangan 10 saksi bahkan tidak menutup kemungkinan, sesuai dengan penyelidikan pihak kepolisian akan ada tersangka lainnya dalam kasus jual beli lahan di Hutan Lindung Bukit Suligi. Termasuk Kades Puo Raya sebagai saksi,” ucap Kapolres.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, ketiga pria yang kini ditahan di Sel Mapolres Rohul itu dalam waktu dekat berkas dan tersangkanya akan dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Pasir Pangaraian untuk tindak lanjut proses hukum.

Penulis: Syaiful
Editor: Rico


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pensiunan Polisi yang Viral Jadi Manusia Silver Akhirnya Diberi Pekerjaan
IlustrasiHari Ini 106 Pasien Covid-19 di Riau Sembuh
4 Kecamatan di Bengkalis Nihil Pasien Corona Dirawat di Rumah Sakit
Webinar Riset Komunikasi dengan tema “Isu-Isu Kekinian dan Metode Riset Ilmu Komunikasi Special Ilkomers”, Minggu (26/9/2021).
SEF Gelar Webinar Riset Komunikasi Jilid 2
Walikota Dumai Paisal memotivasi peserta SKD CPNS sebelum ujian dimulai. 
Sebanyak 732 Peserta Tes CPNS Dumai Tidak Ikut SKD
  Kadiskes Riau Mimi Yuliani NazirCapaian Vaksinasi di Pekanbaru dan Dumai Sudah di Atas 60 Persen
Polsek Bagan Sinembah mengawal proses vaksinasi siswa SMUN 1
Polsek Bagan Sinembah Kawal Vaksinasi Siswa SMUN 1
Sosialisasi Perbup Nomor 88/2020, Bupati Bengkalis: Peraturan Bukan Sekadar Pelengkap Administrasi
Spanduk pengumuman akan ditutupnya operasional Pelabuhan Tanjung Harapan dan aktifitas kepelabuhanan akan dialihkan ke dermaga pelabuhan JelatikPelabuhan Tanjung Harapan Ditutup 27 September, Aktifitas Embarkasi dan Debarkasi Dialihkan ke Pelabuhan Jelatik
Bupati Siak AlfedriPengurus Tarung Derajat Siak Dikukuhkan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Manfaat, Realisasi dan Target Penyelesaian IPAL Pekanbaru
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved