www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Rumah Yatim Bagikan Program Bantuan Zakat Fitrah untuk Keluarga Prasejahtera Kota Pekanbaru
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Istana Surati Panglima TNI dan Kapolri soal Konflik Lahan di Gondai Riau
Senin, 12 April 2021 - 11:07:29 WIB
Deputi II KSP, Abetnego Tarigan
Deputi II KSP, Abetnego Tarigan

PEKANBARU - Konflik eksekusi lahan perkebunan sawit di Desa Gondai, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau mendapatkan perhatian dari istana. Melalui Kantor Staf Presiden (KSP) yang dikomandoi Jenderal (Purn) Moeldoko, istana mengirim surat kepada Panglima TNI dan Kapolri.

Dalam surat bernomor B-21/KSK/03/2021 tertanggal 12 Maret 2021 itu, istana meminta agar tidak ada kriminalisasi terhadap petani sawit pada eksekusi lahan tersebut. Kedua lembaga keamanan negara tersebut juga diminta dapat melindungi para petani.

Perihal surat tersebut juga dibenarkan Deputi II KSP, Abetnego Tarigan. "Intinya meminta kerja sama dari pihak TNI dan Polri agar memperkuat koordinasi dan menciptakan kondisi yang kondusif," kata Abetnego kepada wartawan, Senin (12/4/2021).

Abetnego menjelaskan, saat ini KSP juga tengah membahas sejumlah konflik agraria bersama dengan kementerian terkait, termasuk konflik eksekusi lahan di Desa Gondai. Penyelesaian terkait konflik di Desa Gondai ini, kata Abetnego, disepakati akan ditangani oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dia mengatakan, ini sesuai dengan kesepakatan dari rapat lintas kementerian bersama dengan sejumlah lembaga, kejaksaan serta Polda Riau. "Selanjutnya kami akan memonitor," tambahnya.

Abetnego juga menyebutkan di berbagai media bahwa Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus terhadap persoalan sengketa lahan di Desa Ginda tersebut.

Pasalnya, ada 3.323 hektare perkebunan kelapa sawit yang menjadi target eksekusi bersama dengan PT Peputra Supra Jaya (PSJ). Di mana lahan perkebunan sawit tersebut sudah dikelola oleh 537 kepala keluarga sejak 22 tahun lalu di bawah asuhan PT PSJ sebagai mitra masyarakat.

Ratusan kepala keluarga itu merupakan anggota sejumlah kelompok, yakni Gondai Bersatu, Gumala Sakti dan Tani Harapan Kita. Sejak eksekusi berlangsung, ratusan petani tersebut terus melakukan perlawanan agar sawit produktif mereka tidak ditebang.

Menurut Abetnego, lahan yang dikuasai masyarakat yang tergabung dalam koperasi dan kelompok tani bukan bagian dari lahan milik dari perusahaan yang sedang bersengketa. KSP dalam surat itu juga meminta pihak keamanan segera menghentikan sementara proses penebangan sawit atau penggusuran milik petani.

KSP juga meminta Kanwil ATR/BPN Provinsi Riau untuk mengklarifikasi status hak atas tanah warga dan status tanah HGU kedua perusahaan. Ini untuk memperjelas posisi dan batas-batas tanah milik warga melalui koperasi dan di mana tanah HGU dari kedua perusahaan yang bersengketa, yakni PT PSJ dan PT Nusa Wana Raya (NWR).

Penulis : Bayu
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
 

BERITA LAINNYA    
Nenek MinahRumah Yatim Bagikan Program Bantuan Zakat Fitrah untuk Keluarga Prasejahtera Kota Pekanbaru
Tampak pemudik menggunakan jasa penyeberangan kapal pompong menuju SelatpanjangPemudik Nekad Lewat 'Jalur Gelap' Demi 'Balek Kampong' ke Selatpanjang
Manajemen SPR Langgak bagikan sembako ke warga kurang mampu di Kecamatan Tandun, juga anjangsana ke Panti Asuhan di Kecamatan Ujung Batu.
SPR Langgak Berbagi dengan Warga Tandun dan Anak Yatim Jelang Idul Fitri
Anugerah Bisnis Indonesia Social Responsibility Award (BISRA) 2021 dan TOP CSR Awards 2021.Program Sosial XL Axiata Raih Apresiasi Publik
Bupati Siak AlfedriBupati Alfedri Tinjau Perbatasan Siak-Kampar di Kampung Rantau Bertuah
  Foto: DetikComeback, Aston Villa Vs Man Utd, Setan Merah Menang 3-1
Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil salurkan beras langsung kepada pedagang di pasarBupati Salurkan Langsung Ratusan Karung Beras ke Pedagang Pasar dan Masyarakat Miskin
PLN Gerak Cepat Pulihkan Pasokan Listrik yang Sempat Putus Akibat Longsor di Kampar
AlwizarPeriode Zonasi Ini Jadi Rujukan Pelaksanaan Salat Ied di Masjid Bengkalis
Foto bersama.Cegah Penularan Covid-19, Bupati Siak Pantau Pos Penyekatan Minas dan Kandis
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved