www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Wabup Bengkalis Gadungan Tipu Pengurus Masjid Ar-Raudah, Modus Ingin Beri Dana Hibah
Senin, 23 Januari 2023 - 18:24:35 WIB

BENGKALIS - Seorang penipu mengaku-ngkau sebagai Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso berusaha melancarkan aksinya dengan sasaran pengurus Masjid Ar-Raudah, terkait dengan bantuan dana hibah.

Dalam aksinya, pelaku menggunakan layanan WhatsApp dengan nomor +6282140685794 dengan menggunakan foto Wabup Bengkalis, H Bagus Santoso mengenakan Pakaian Dinas Umum (PDU) lengkap memakai atribut.

Awalnya, pelaku menghubungi mantan pengurus Masjid Ar-Raudah melalui WA dan menanyakan apakah yang bersangkutan masih mengurus Masjid Ar-Raudah.

"Kalau tahun lalu, iya saya ketuanya pak Wabup, sekarang tidak lagi. Sekarang nama ketuanya pak ilham," jawab korban kepada pelaku.

Setelah mendapat jawaban itu, pelaku kemudian memperkenalkan diri sebagai Wabup, bagus santoso.

"Sebelumnya perkenalkan, saya dengan H bagus santoso wakil bupati riau kabupaten bengkalis," isi pesan WA pelaku.

"Ada yang perlu saya sampaikan terkait program dana hibah untuk masjid/mushola tahun anggaran 2022 kemarin dan tahun 2023 ini bapak," lanjut pelaku.

Karena merasa yakin itu adalah Wabup, Bagus santoso, korban lantas membalas WA tersebut.

"Ya pak Wabup. Silakan pak," jawab korban.

Tak sampai di situ, Wabup gadungan ini terus berinteraksi, agar lebih meyakinkan calon korbannya.

"Apakah masjid Ar-Raudah di tahun 2022 kemarin sudah pernah mendapat dana/hibah dari Pemkab bengkalis?," tanya pelaku.

Korban menjawab lagi.

"Setahu saya belum pernah pak Wabup," ucap korban.

Pada kesempatan itu, Wabup gadungan ini meminta kepada mantan ketua pengurus Masjid Ar-Raudah untuk mengirimkan data untuk persyaratan, seperti foto KTP pengurus/takmir masjid, nomor rekening masjid, susunan pengurus dan gambar bangunan masjid.

Selanjutnya pengurus diminta untuk mengirimkan seluruh berkas melalui WA, dan berjanji akan diserahkan ke Sekda, kemudian Sekda akan menghubungi. Persyaratan akan ditunggu sampai tanggal 25 Januari 2023.

Sebagaimana diketahui aksi serupa yang mengaku sebagai Wabup Bengkalis, Bagus Santoso juga pernah terjadi pada 18 Juni 2022 lalu.

Dalam penipuan itu, pelaku yang menggunakan nomor 081334073013 menghubungi Pondok Quran Uwais Al Qarni, Bengkalis yang bakal menerima bantuan donoasi via transfer.

Terkait kejadian ini, Kadiskominfotiksan Bengkalis, Hendrik Dwi Yatmoko meminta kepada masyarakat, khususnya pengurus rumah ibadah maupun lembaga pendidikan dan pondok pesantren, serta kelompok dan perorangan, agar tidak percaya dengan aksi yang mengatasnama pejabat untuk memberikan dana hibah.

Karena pemberian dana hibah maupun bantuan, sudah dianggarkan di APBD 2023, dan biasanya akan disalurkan setelah melalui proses menyerahkan persyaratan oleh pengurus yang bakal menerima hibah.

"Jika ada yang mengatasnamakan kepala daerah atau pejabat langsung menghubungi pengurus, menyatakan kalau lembaga atau institusinya menerima dana bantuan hibah, sudah dipastikan tidak benar. Untuk itu, kami minta kepada warga untuk lebih berhati-hati, jangan cepat percaya," ungkap mantan Camat Bantan ini.

Lebih lanjut Hendrik mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah mengirimkan data-data pribadi, seperti foto KTP, nomor rekening dan data dokumen lainnya.

Penulis: Zulkarnaen
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Harimau Sumatera.(ilustrasi/int)Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Jalan Mustika Pekanbaru.(foto: int)Jalan Mustika Pekanbaru Segera Berlaku Satu Arah, Ini Skemanya
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: int)Tak Sekedar Ganti Nama Jadi PSPS Pekanbaru, Muflihun: Manajemen Usulan Ganti Logo
Suzuki Jimny 5-Door di event IIMS 2024.(foto: istimewa)Antusiasme Tinggi Pengunjung IIMS 2024 Terpikat Jimny 5-Door dan Unit Hybrid Suzuki
Pusat Kuliner Kelapa Gading ditutup Pemkab Inhil.(foto: mcr)Banyak Warung Remang-remang, Pemkab Inhil Tutup Pusat Kuliner Kelapa Gading
  Polda Riau sebar foto dan identitas buronan pemilik 640 butir pil ekstasi.(foto: tribunpekanbaru.com)Sebar Foto dan Identitas, Polda Riau Buru Pemilik 640 Ekstasi di Pekanbaru
Jalan rusak di Pekanbaru diserahkan ke Pemprov Riau.(ilustrasi/int)Pemko Targetkan Serah Terima 36 Ruas Jalan di Pekanbaru ke Pemprov Rampung Maret 2024
Rider Gresini Ducati, Marc Marquez.(foto: int)Ini 3 Rider yang Masih Sulit Dikejar Marquez di MotoGP 2024
Pabrik Suzuki di Cikarang.(foto: int)Suzuki Siap Produksi Model Baru di Indonesia, Jimny 5 Pintu Masuk Daftar?
Event HSMS 2024 di Living World Pekanbaru dari Capella Honda Riau.(foto: mg1/halloriau.com)Jangan Lewatkan Ragam Promo Capella Honda Riau di HSMS 2024 Living World Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Banjir di Pekanbaru, Pemilik Kendaraan Dorong Mobil di Jalan Jembatan Siak 4
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved