www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Pemprov Riau Segera Bangun Kembali Jembatan Panglima Sampul Meranti
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


PHR dan Polda Riau Bentuk Tim Investigasi Buntut Pekerja Tewas Tertimpa Besi
Sabtu, 21 Januari 2023 - 06:09:04 WIB

PEKANBARU - Pekerja sumur minyak milik PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) tewas tertimpa besi full opening safety valve (fosv). Buntut insiden itu, PHR bersama tim Polda Riau melakukan investigasi.

Corporate Secretary PT Pertamina Hulu Rokan, Rudi Ariffianto mengaku pihaknya sangat berduka atas insiden tersebut. Di mana duka mendalam juga disampaikan Direktur Utama PHR, Jaaffee A Suardin.

"PHR menyampaikan duka cita yang sangat mendalam atas meninggalnya salah seorang pegawai mitra kerja di lokasi rig sumur 5D-28 Kampung Minas Barat. Direktur Utama PHR Jaffee A Suardin secara langsung menyampaikan belasungkawa kepada anggota keluarga korban saat ditemui di Puskesmas Minas," kata Rudi, Jumat 20/1/2023).

Terkait insiden tersebut, PHR memastikan akan memberi perhatian serius. Terutama melakukan investigasi secara menyeluruh atas tewasnya Derison Siregar (23).

"PHR memberikan perhatian serius terhadap kejadian ini. Berkolaborasi dengan Polda Riau, proses investigasi secara menyeluruh saat ini sedang berjalan," kata Rudi.

Selain itu, pihak manajemen PHR juga meminta seluruh kru untuk melakukan safety stand down. Hal ini adalah bentuk empati terhadap korban melalui doa bersama.

"Kejadian tersebut sebagai pengingat seluruh pekerja agar senantiasa menjaga fokus dan memastikan lingkungan kerja yang selamat," tutupnya.

Sebelumnya pekerja sumur minyak Wilayah Kerja Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Desa Minas Barat, Siak bernama Derison Siregar (23) tewas. Pekerja asal Tapanuli Tengah, Sumatera Utara itu tewas saat pengeboran minyak.

Kasatreskrim Polres Siak, Iptu Toni Prawira mengatakan insiden kecelakaan kerja itu terjadi, Rabu (18/1/2023). Saat kejadian korban berangkat bersama rekannya ke lokasi Sumur Rig PHR di Area 5D-28 KM 33 Minas Barat.

"Pukul 08.30 WIB, karyawan PT Asrindo Citraseni Satria yang berjumlah 17 orang bekerja di sumur Rig PHR. Mereka bekerja untuk membongkar meja floor atau lantai kerja Rig," kata Kasat, Kemarin.

Saat itu korban menurunkan peralatan baik elevator dan observer dari meja floor ke tanah. Di mana rekannya sebagai operator mengoperasikan Air Hoist.

Secara terpisah korban dan rekan lainnya mendorong benda yang dikaitkan di Air Hoist supaya keluar dari pagar meja floor. Kemudian benda tersebut diturunkan ke tanah lalu dilepaskan dari hook (pengait) Air Hoist.

Operator bernama Bayu (29) minta korban dan rekannya Octa (45) untuk memberi aba-aba angkat atau turun. Sebab posisi operator di driller console dan tidak dapat melihat ke arah atas karena tertutup kanopi.

"Kemudian saksi II (Octa) memberi aba-aba dengan mengatakan 'angkat' kepada operator tanpa tahu persis posisi korban. Setelah Air Hoist yang mengangkat Fosv melewati lubang Mongkeyboard kira-kira 20 meter dari meja floor tiba-tiba Fosv jatuh," kata Toni.

Bayu dan Octa yang saat itu ada lokasi melihat Fosv sudah berada di sebelah kanan korban. Sementara korban sudah dalam keadaan tergeletak dengan kepala di atas meja Floor dan tidak bergerak lagi.

"Saksi II (Octa) kemudian berlari ke arah camp untuk mengambil tandu. Karyawan PT ACS lainnya langsung membawa korban menggunakan mobil ke klinik PHR," kata Toni.

Setelah sampai di klinik PHR, sekitar pukul 09.15 WIB tenaga medis PHR mengatakan korban sudah meninggal dunia. Kondisi korban mengalami pecah kepala di kening dan tangan sebelah kanan patah, seperti yang dilansir dari detik.

Penyebab kecelakaan kerja diduga akibat terlepasnya fosv atau full opening safety valve dari pengait Air Hoist. Untuk korban setelah kejadian langsung dibawa ke rumah duka dan kasusnya ditangani Sat Reskrim Polres Siak. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto.(foto: sri/halloriau.com)Pemprov Riau Segera Bangun Kembali Jembatan Panglima Sampul Meranti
Pemkab Rohul raih Opini WTP dari BPK RI perwakilan Riau.(foto: mcr)Bupati Rohul Terima LHP LKPD 2023 dengan Opini WTP dari BPK Riau
Penyerahan remisi khusus untuk Napi Lapas Kelas II A Pekanbaru.(foto: mcr)22 Napi Lapas Kelas II A Pekanbaru Terima Remisi Khusus Hari Raya Waisak
Ilustrasi dugaan korupsi dana desaKepala Desa Beting Dinonaktifkan Sementara dari Jabatannya, Kasusnya di Polres Sudah Naik Penyelidikan
Fahd Yudhanegoro selaku Head of Circle Sumatra Indosat saat launching 3Store baru di Bengkulu.(foto: istimewa)Indosat Buka 3Store Baru di Kota Bengkulu dengan Konsep Gaya Hidup Digital Gen Z
  Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa.(foto: media center pekanbaru)Resmi jadi Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa Prioritaskan Jalan Rusak
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa bersama Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto.(foto: sri/halloriau.com)Minta Semua Pihak Legowo, Pj Gubri: Yang Terpilih Putera Terbaik
Bacalon Walikota Pekanbaru dr Rahmansyah saat mengembalikan formulir ke DPD PKS Pekanbaru, Kamis (23/5/2024) (foto:rinai/halloriau)Bacalon Walikota Pekanbaru Rahmansyah Kembalikan Formulir Pendaftaran ke DPD PKS
Pelepasan JCH Pelalawan.(foto: andi/halloriau.com)Lepas Keberangkatan JCH Pelalawan, Ini Pesan Bupati Zukri
Pemindahan bandara SSK II dinilai Mardianto sudah tepat karena lokasi saat ini yang berada persis di tengah kawasan padat penduduk. (foto:bandara SSK II Pekanbaru/int)Wacana Bandara Dipindahkan ke Siak, Mardianto Manan: Sudah Tepat
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved