www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Bacalon Walikota Pekanbaru Rahmansyah Kembalikan Formulir Pendaftaran ke DPD PKS
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


2 Residivis Ganjal ATM Diringkus Polres Dumai Usai Kuras Uang Nasabah Rp26,9 Juta
Jumat, 23 September 2022 - 16:12:39 WIB
Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto saat ekspos pengungkapan kasus pencurian modus ganjal ATM di Mapolres Dumai.(foto: bambang/halloriau.com)
Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto saat ekspos pengungkapan kasus pencurian modus ganjal ATM di Mapolres Dumai.(foto: bambang/halloriau.com)

Baca juga:

Satlantas Polres Dumai Bantu Seberangkan Anak Sekolah Hingga Dorong Motor Mogok
Polisi Gerebek Markas Judi Online di Dumai Beromset Rp18 M
Tiba di Dumai, 1.182.615 Surat Suara Pemilu 2024 Disimpan di Gudang KPU

DUMAI - Satreskrim Polres Dumai mengamankan dua pelaku pencurian modus ganjal ATM di Dumai. Keduanya diketahui merupakan warga Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar).

"Dua pelaku ganjal ATM masing-masing berinisial AB (50) dan DW (55)," kata Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto didampingi Kasat Reskrim AKP Aris Gunadi dan Kasubag Humas Iptu Zaini Waluyo dalam press release, Jumat (23/9/2022).

Dalam keterangan pers di Mapolres Dumai, Kapolres mengungkapkan, setiap tindak kejahatan selalu meninggalkan jejak, ini sama halnya dengan tindak kejahatan ganjal ATM di Kota Dumai yang berhasil diamankan.

AB diamankan pada Jumat (16/9/2022) pukul 15.50 WIB di Jalan Tanuhan, Kelurahan Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Pasaman, Sumbar.

Sedangkan DW diamankan dihari yang sama sekira pukul 18:15 WIB di Jalan Padang Sawah Kumpulan, Kecamatan Tigo Nagari, Pasaman, Sumbar.

Melalui aksi ganjal ATM, para pelaku berhasil menguras uang nasabah sebanyak Rp26,9 juta. Untuk menangkap kedua pelaku, Polres Dumai dibantu Tim Polsek Tigo Nagari.

"Selain mengamankan para tersangka, Satreskrim Polres Dumai juga mengamankan barang bukti, 1 tas merk track warna biru dan sebuah dompet merk levis warna hitam yang berisikan 8 kartu ATM BNI, 7 kartu ATM BRI, 3 kartu ATM Bank Mandiri dan 3 kartu ATM BCA," ungkap Kapolres.

Barang bukti lainnya adalah kartu tol, STNK motor Honda Supra BM4299RE. Sepeda motor honda Supra BM4299RE, Hp merk Samsung J7 Prime warna white gold.

Kapolres menceritakan, kejadian bermula pada Minggu (21/8/2022) sekira pukul 06.45 WIB di Jalan Sultan Hasanudin tepatnya di ATM Besta, Kelurahan Rimba Sekampung, Kecamatan Dumai Kota.

Korban bernama Salman melaporkan uangnya berkurang sebanyak Rp26,9 juta setelah ada yang menawarkan bantuan pada saat kartu ATM-nya terjepit di mesin ATM. Pelaku melancarkan aksinya dengan modus ingin membantu korban.

Korban mengetahui uangnya dikuras setelah menerima notifikasi atau SMS Banking. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian materil sebesar Rp26.914.065.

Untuk modus operandi tersangka mengganjal lubang kartu ATM dengan menggunakan lidi korek api sehingga pada saat korban menggunakan mesin ATM, kartunya tersangkut.

Pada saat bersamaan tersangka membantu korban dan kemudian tersangka menukar kartu korban dengan kartu yang dimiliki tersangka.

Pada saat korban memasukkan PIN ATM, tersangka sudah melihat PIN korban tersebut dan mengganti Kartu ATM korban dengan kartu ATM yang telah dibawa tersangka.

Kemudian tersangka pergi meninggalkan mesin ATM tersebut dan mengambil uang yang ada di ATM korban di mesin ATM lain karena sudah mengetahui nomor PIN ATM korban.

Kedua pelaku disangkakan pasal 363 KUHPidana tentang dugaan tindak pidana pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 7 tahun.

Untuk pelaku DW merupakan resedivis pada kasus ganjal ATM tahun 2017 dan 2021. Sedangkan AB merupakan resedivis tindak pidana pencurian dengan kekerasan di tahun 2012.

Penulis: Bambang
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Bacalon Walikota Pekanbaru dr Rahmansyah saat mengembalikan formulir ke DPD PKS Pekanbaru, Kamis (23/5/2024) (foto:rinai/halloriau)Bacalon Walikota Pekanbaru Rahmansyah Kembalikan Formulir Pendaftaran ke DPD PKS
Pelepasan JCH Pelalawan.(foto: andi/halloriau.com)Lepas Keberangkatan JCH Pelalawan, Ini Pesan Bupati Zukri
Pemindahan bandara SSK II dinilai Mardianto sudah tepat karena lokasi saat ini yang berada persis di tengah kawasan padat penduduk. (foto:bandara SSK II Pekanbaru/int)Wacana Bandara Dipindahkan ke Siak, Mardianto Manan: Sudah Tepat
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: pgi)Realisasikan 60 Persen Lagi, Pemko Pekanbaru Gelontorkan Rp50 Miliar untuk Pilwako 2024
Dishub Pekanbaru razia truk ODOL.(foto: mcr)Puluhan Truk ODOL Terjaring Razia Gabungan di Pekanbaru
  Ilustrasi dugaan korupsi dana desaKepala Desa Beting Dinonaktifkan Sementara dari Jabatannya, Kasusnya di Polres Sudah Naik Penyelidikan
Fahd Yudhanegoro selaku Head of Circle Sumatra Indosat saat launching 3Store baru di Bengkulu.(foto: istimewa)Indosat Buka 3Store Baru di Kota Bengkulu dengan Konsep Gaya Hidup Digital Gen Z
Harga TBS sawit swadaya di Riau.(ilustrasi/int)Harga TBS Mitra Swadaya di Riau Periode 22-28 Mei 2024 Capai Rp2.841/Kg
KMP Permata Lestari I terbakar saat bersandar di Pelabuhan BUMD Air Putih, Bengkalis.(foto: dok/halloriau.com)KMP Permata Lestari I Terbakar saat Perbaikan di Pelabuhan BUMD Bengkalis
General Manager (GM) HRD RAPP Wilim memberikan sambutan saat pembukaan RAT Kopkar RAPP
Pengurus Kopkar RAPP Siapkan Program Unggulan untuk Anggota
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved