www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Polres Bengkalis Gagalkan “Penyelundupan” 43 Warga Bangladesh ke Malaysia
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Kemenkumham Tambah CCTV Lapas se-Riau Buntut OTK Lempar 2 Kg Ganja
Rabu, 10 Agustus 2022 - 07:38:41 WIB
ilustrasi
ilustrasi

PEKANBARU - Pelemparan 2 Kg ganja kering di Lapas Kelas II Pekanbaru, Riau ternyata menjadi perhatian Kementerian Hukum dan HAM. Kini seluruh lapas di Provinsi Riau dipastikan akan ditambah CCTV.

"Kita perlu kita ingat bahwa beberapa hari lalu terjadi upaya penyelundupan ganja di lapas, kita pastinya tidak mau ada barang haram masuk ke dalam lapas di Indonesia," ujar Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM, Fajar BS Lase di Lapas Kelas II Pekanbaru, Selasa (9/8/2022).

Fajar mengatakan langkah yang diambil petugas sudah tepat. Mengingat berbagai upaya penyelundupan barang haram dan terlarang terus dilakukan oleh orang tidak bertanggungjawab.

Integritas petugas dan bekerja solid dinilai jadi nilai tambah dalam mengamankan lapas. Termasuk sinergi antara petugas di lapangan dan pimpinan.

"Kita tentu apresiasi langkah petugas yang dilakukan dalam pencegahan. Tentunya ini juga perlu diperkuat dengan integritas dari petugas di lapangan. Termasuk mereka tak bisa bekerja sendiri, harus solid," kata Fajar.

Fajar melihat Lapas Kelas II Pekanbaru di Jalan Lembaga Pemasyarakatan tersebut juga tak ideal. Menurutnya, Lapas harus memiliki jarak dengan pemukiman sekitar untuk menjaga keamanan dan pantauan.

"Lokasi lapas itu tidak ideal, yang ideal itu jarak dari pemukiman 9 meter. Tentu kalau begini ya petugas harus ekstra siaga, jadi harus melek terus karena berbagai upaya dilakukan," kata Fajar, seperti yang dilansir dari detik.

Sementara Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd Jahari Sitepu mengatakan usai kejadian seluruh lapas di Riau diperketat. Termasuk menambah kamera CCTV pada bagian luar lapas.

"Intinya ini semua harus tegak lurus untuk dipantau. Tetapi kan ini semua nanti akan dipasang CCTV supaya bisa memperketat pengawasan," kata Jahari.

Selain CCTV dan pengawasan ketat, Jahari menyebut petugas yang berjaga juga harus punya integritas tinggi. Sebab fasilitas bisa sia-sia apabila petugas tidak 'Merah Putih'.

"Harus sama-sama 'Merah Putih', tak boleh ada penghianat. Tapi nanti akan ditambah CCTV lagi di pos 3, semua ditambah CCTV juga. Saya sudah ingatkan jangan ada lagi berkhianat, ada main-main kita tindak, tapi kalau berprestasi kami apresiasi," katanya.

Terakhir, Jahari memastikan petugas telah memeriksa seluruh warga binaan setelah penemuan tersebut. Bahkan pihaknya tak main-main jika terbukti ada yang terlibat.

"Saya sudah tegaskan, kalau ada terbukti kita pidahkan ke Nusa Kambangan sana. Ini resiko," kata Jahari.

Sebelumnya, upaya penyelundupan ganja ke dalam Lapas Kelas II Pekanbaru terjadi, Minggu (7/8) pukul 21.50 WIB. Upaya itu terungkap oleh petugas Pos Tinggi 3 yang mendengar bunyi barang jatuh di wilayah kerjanya.

Setelah mengecek langsung ke sumber bunyi, petugas menemukan adanya dua paket bungkusan. Setelah diperiksa, tim menemukan narkoba jenis ganja.

Paket ganja seberat 2 kg diduga dilempar dari luar lapas. Petugas yang menemukan paket tersebut kemudian melaporkan hasil temuannya kepada atasan. Termasuk melapor pada Kepala Lapas Pekanbaru, Sapto Winarno dan Kepala Devisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Mulyadi.

Sekitar pukul 22.20 WIB, Kadivpas Riau, Kalapas Pekanbaru dan Kepala Kesatuan Pengaman Lenbaga Pemasyarakatan mengecek lokasi temuan. Benar saja, dua paket ganja ditemukan di ruang yang tak bisa diakses warga binaan. *

  Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Polres Bengkalis Gagalkan “Penyelundupan” 43 Warga Bangladesh ke Malaysia
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menandatangani KUA-PPAS APBD Perubahan Pekanabru tahun anggaran 2022.(foto: int)Tak Ingin Tunda Bayar, APBD Perubahan Pekanbaru 2022 Turun Rp60 Miliar
Kondisi rumah korban sudah dipasangi garis polisi oleh Polres Kuansing.(foto: ultra/halloriau.com)Breaking News: Honorer Kantor Camat Pangean dan Ibunya Ditemukan Tewas Bersimbah Darah
Bupati Meranti, H M Adil melakukan MoU PPID Meranti.(foto: istimewa)Bupati dan OPD Pemkab Meranti MoU Dorong Keterbukaan Informasi Publik
Pembukaan sosialisasi PMK di Kabupaten Kepulauan MerantiSosialisasi Cegah PMK dibuka Kalaksa BPBD Riau, Meranti masih Zero Case
  Jasad honorer Camat Pangean dan ibunya yang ditemukan tewas.(foto: ultra/halloriau.com)Ayah Honorer Kantor Camat Pangean Masih Dirawat di Arab Saudi
Bupati Bengkalis Kasmarni membuka MTQ ke-27 Kecamatan Bantan.(foto: zulkarnaen/halloriau.com)Sempat Hujan, Bupati Kasmarni Buka MTQ ke-27 Kecamatan Bantan
Syafrudin IputSyafrudin Iput Nyatakan Siap Maju Jadi Calon Bupati Rohil
Ketua DPC Gerindra Rohil Syafrudin IputSyafrudin Iput Ungkap Dua Syarat Utama Caleg yang Diusung Gerindra
Ketua PWI Riau Zulmansyah SekedangKetua PWI Riau: Anggota Muda yang Tak Ikut UKW Kartunya Tak Bisa Diperpanjang
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Kontraktor IPAL Mulai Rekondisi Jalan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved