www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Pembangunan Kota Pekanbaru Butuh Peran Aktif Pengusaha Muda
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Polresta Pekanbaru Ringkus 8 Pelaku Jaringan Narkoba dari Malaysia
Rabu, 13 Januari 2021 - 19:13:53 WIB
Polresta Pekanbaru membongkar satu jaringan narkoba asal Malaysia.
Polresta Pekanbaru membongkar satu jaringan narkoba asal Malaysia.

PEKANBARU - Satuan Reserse Narkoba Polresta Pekanbaru membongkar satu jaringan narkoba asal Malaysia. Delapan orang pelaku diringkus dalam pengungkapan tersebut. Selain itu, Kepolisian juga mengamankan sejumlah barang bukti narkobajenis sabu.

Jaringan bisnis haram itu berhasil dibongkar setelah Kepolisian melakukan penyelidikan dari tertangkap satu orang kurir yang akan mengirim 2 kg sabu ke Jakarta. Kurir tersebut ditangkap oleh petugas Avsec Bandara SSK II Pekanbaru di pesawat saat akan terbang ke Jakarta Kamis pekan lalu.

Saat itu, tersangka yang berinisial MM diamankan setelah petugas Avsec Bandara menemukan 4 paket besar sabu seberat 2 kg lebih. Sabu tersebut ditemukan petugas dari tas tersangka ketika pemeriksaan menggunakan X Ray.

"Kemudian dilakukan penyelidikan, memuju sebuah hotel di Jalan SM Amin Kota Pekanbaru dan dilakukan penggeledahan dan penangkapan terhadap jaringannya di salah satu kamar dan ditemukan 1.822,2 gram sabu dan atau tersangka," ungkap Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, Rabu (13/1/2021).

Nandang mengungkapkan, berdasarkan keterangan kedua tersangka yang telah diamankan, barang haram itu didapatkannya dari Kota Dumai.

"Informasi tersebut kemudian dikembangkan. Di Dumai petugas melakukan penangkapan terhadap dua tersangka lainnya, yang berinisial AF di salah satu jalan di Kota Dumai dan NI ditangkap di rumahnya," tambahnya.

Dari tersangka NI, petugas menemukan barang bukti sabu sebanyak 207,7 gram. Setelah diinterogasi, mereka mengaku mendapatkan sabu tersebut dari tiga orang tersangka lain yang juga berada di Kota Dumai.

"Kemudian dilakukan penangkapan terhadap tiga tersangka lainnya di Kota Dumai yang bernama HE, IW dan IF di sebuah wisma. Dari keterangan 3 tersangka ini, memang HE ini yang merupakan salah satu orang yang memerintahkan pengiriman ke Pekanbaru," terangnya.

Berdasarkan keterangan lima tersangka yang diamankan di Dumai tersebut, mereka mendapatkan sabu dari Malaysia yang dijemput langsung oleh IW dan IF ke Selangor menggunakan speedboat. Awalnya, seluruh sabu yang dibawa dari Malaysia berjumlah 4 kg.

"Berdasarkan hasil penyelidikan, kita sudah berhasil menangkap 8 orang tersangka dalam satu jaringan. Kemudian kami juga melakukan penyitaan barang bukti, yang pertama 8 paket sabu dengan berat bersih 3,8 kg, kemudian 3 paket 200 gram, dan 1 unit sepeda motor dan 1 unit Speedboat," ungkapnya.

Dijelaskan, pengendali utama jaringan tersebut merupakan warga Malaysia.

"Aktor intelektualnya yang mengendalikan mereka semua adalah AN dan TM. Keduanya adalah orang Malaysia yang menyuruh IW dan IF menjemput sabu di Selangor," ungkapnya.

Seluruh tersangka disangkakan Pasal 113 junto Pasal 114 ayat 2 junto Pasal 112 ayat 2 UU RI Nomor 9 tentang narkotika dengan ancaman hukuman mati atau penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun atau seumur hidup.

Penulis: hr1
Editor: Satria


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang MuPolisi Tangkap Tiga Pembantu Tahanan Polresta yang Kabur, Diduga Jaringan Narkoba
SPBU Ababil setelah mengalami kebakaran.Kebakaran SPBU Ababil, Polisi Masih Selidiki Penyebabnya
Rekayasa arus lalu lintas Kota Pekanbaru.Polresta Pekanbaru Rekayasa Arus Lalu Lintas Pergantian Tahun Baru di Masa Pandemi
  Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang MuPolresta Pekanbaru Ringkus 6 Tahanan Kabur, Satu Masih Diburu
IlustrasiCuranmor Masih Jadi Atensi Polresta Pekanbaru, 292 Kasus Terjadi di 2020
IlustrasiMalam Misa Natal, 184 Gereja di Pekanbaru Dijaga Ketat

BERITA LAINNYA    
Penyerahan plakat dari HIPMI Kota Pekanbaru kepada Walikota Pekanbaru yang diterima El Syabrina.Pembangunan Kota Pekanbaru Butuh Peran Aktif Pengusaha Muda
IlustrasiJika Ada Perubahan UU, Pilkada Pekanbaru Digelar 2022
IlustrasiSiram Tanaman dengan Susu, Ini Khasiatnya
  Doni MonardoMasyarakat Diminta Waspada, Doni Monardo Duga Dirinya Terinfeksi Corona Saat Makan
El SyabrinaSiapkan Regulasi Pungut Retribusi, Pemko Pekanbaru Bakal Tata PKL
DPRD RiauMahasiswa Minta DPRD Riau Perjuangkan Blok Rokan
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved