www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Kenalkan New Pajero Sport, Besok Mitsubishi Gelar Showroom Festival
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pelaku Pembunuhan Sadis di Kebun Sawit Jalan Poros Pemda Langgam Tertangkap
Selasa, 12 Januari 2021 - 15:32:02 WIB
Pelaku diamankan Polres Pelalawan.
Pelaku diamankan Polres Pelalawan.

PELALAWAN - Tim gabungan Sat Reskrim Polres Pelalawan dan Unit Reskrim Polsek Langgam akhirnya berhasil melakukan penangkapan terduga pelaku pembunuhan terhadap korban berinisial SAZ (25) yang terjadi pada hari Rabu (23/12/2020) lalu sekira pukul 19.00 WIB, di areal kebun sawit warga milik Sudiman, di Jalan Poros Pemda Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan. 

Pelaku yang diketahui berinisial PH alias Putra (18) warga Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Riau itu, diamankan Tim Gabungan Sat Reskrim Polres Pelalawan dan Unit Reskrim Polsek Langgam, pada Minggu (10/1/2021) sekira pukul 06.30 WIB, di Bukit Gabungan (Bukit Barisan) Lingkungan 2 Kelurahan Sangkunur Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara. 

Atas kasus pembunuhan tersebut, pelaku dijerat dengan Pasal 338 Jo Pasal 351 ayat (3) KUHPidana. 

Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko, SIK, melalui Kasubbag Humas Polres Pelalawan IPTU Edy Haryanto, Senin (11/1/2021) kepada awak media menjelaskan, bahwa pada hari Jumat tanggal 25 Desember 2020 sekira pukul 23.00 WIB, unit Reskrim Polsek Langgam menerima laporan masyarakat adanya penemuan mayat tidak dikenal (Mr X) di parit air areal kebun milik Sudiman yang berada di Jalan Poros Pemda Kelurahan Langgam Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan. 

Kemudian Tim Identifikasi Sat Reskrim Polres Pelalawan dan personel Polsek Langgam melakukan TP TKP dan olah TKP awal, kemudian melakukan evakuasi jenazah yang ditemukan di parit untuk dilakukan autopsi di RS Bhayangkara pada pukul 01.30 WIB. Dikarenakan pencahayaan tidak memadai, tim identifikasi memutuskan untuk melakukan olah TKP lanjutan pada keesokan harinya. 

Kemudian pada hari Sabtu tanggal 26 Desember 2020 sekira pukul 10.00 WIB, dilakukan penyisiran dan ditemukan bercak darah pada salah satu pondok yang ditempati oleh buruh pemetik sawit, kemudian dilakukan olah TKP kembali dan pengambilan sample bercak darah  pada 7 benda/sample, kemudian dilakukan pengujian secara laboratorium di RS Bhayangkara. 

Dan pada tanggal 27 Desember 2020, dilakukan pemeriksaan saksi-saksi di Polres Pelalawan. Dan menurut keterangan para saksi (karyawan kebun dan pemilik kebun) tidak mengenali identitas jenazah tersebut dikarenakan jenazah sudah dalam kondisi membusuk dan memberikan keterangan bahwa terdapat 2 (dua) orang karyawan yang tidak berada di areal kebun dikarenakan ijin untuk cuti Natal dan tahun baru namun tidak mengetahui keberangkatannya. 

Kemudian penyelidik menerima informasi dari RS Bhayangkara melalui Kompol Supriyanto, bahwa dari hasil autopsi terhadap jenazah tanpa identitas (MR X) terdapat tanda-tanda kekerasan benda tumpul pada kepala dan luka terbuka dikarenakan senjata tajam pada leher bagian belakang dan bahu sebanyak 7 (tujuh) luka akibat sajam. 

"Dan perkiraan kematian pada saat ditemukan antara 3-5 hari, adapun hasil dari pengujian lab terhadap bercak darah yang diambil dari 7 sampling oleh tim identifikasi Sat Reskrim Polres Pelalawan adalah terdapat 2 sample darah manusia. Kemudian dikarenakan identitas jenazah belum dikenali ciri-ciri jenazah dilakukan publikasi melalui media sosial dan melalui media cetak," jelas Edy. 

Kemudian pada 10 Januari 2021 sekira pukul 04.00 Wib, tim gabungan opsnal Polres Pelalawan dan unit reskrim Polsek Langgam melanjutkan perjalanan menuju lokasi keberadaan tersangka sesuai informasi dari masyarakat, baru pada pukul 05.30 Wib Tim gabungan tiba di sekitar  pondok yang diduga tempat persembunyian pelaku PH alias Putra. 

Namun dikarenakan kondisi cuaca masih nampak gelap, Kasat Reskrim memutuskan untuk penyergapan dilakukan pada saat cuaca sudah terang. Dan pada pukul 06.30 WIB, dilakukan penyergapan terhadap pondok yang diduga dijadikan tempat persembunyaian pelaku, dan dilakukan penggeledahan kemudian tim opsnal Polres Pelalawan menemukan pelaku bersembunyi pada balik pintu salah satu kamar Pondok tersebut. 

Setelah dilakukan penangkapan pelaku dilakukan interogasi awal, dimana PH alias Putra mengakui telah melakukan penganiayaan terhadap korban menggunakan sajam pada hari Rabu tanggal 23 Desember 2020 sekira pukul 19.00 WIB, dikarenakan sakit hati terhadap korban yang diawali oleh perkelahian/duel antara tersangka dan korban. 

"Selanjutnya tersangka An PH dibawa menuju ke Polres Pelalawan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Serta barang bukti yang diamankan berupa 1 (satu) bilah parang dengan ukuran 70 cm dengan gagang plastik warna hijau, 1 (satu) celana pendek warna hitam (milik tersangka), serta 1 (satu) celana warna biru dongker (milik korban)," tutup Edy Haryanto.

Penulis : Andi Indrayanto
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Petugas melakukan pemadaman.Karhutla di Tasik Serai Bisa Dipadamkan, Kolaborasi Seluruh Pihak
Kadishub Pelalawan, Drs Syafrudin, MSi, (kanan) dan staf dishub saat menilang truk fuso yang melintas di Jalan Pemda, Langgam.Melintas di Jalan Pemda Langgam, Dishub Pelalawan Tilang 2 Bus dan 1 Truk Fuso
ilustrasiRiau Miliki Kebun Sawit Terluas, Peremajaan Jadi Prioritas
Tersangka yang diamankan.Pengedar Sabu di Seberida Diringkus Polisi di Kebun Sawit
IlustrasiOptimalkan Replanting di Riau, Pemerintah Pusat Minta Petani Sawit Lebih Mandiri
  IlustrasiSudah 11 Hari, Lansia yang Hilang di Kebun Sawit Rohil Belum Ditemukan
Pelaku diamankan Polres Pelalawan.Pelaku Pembunuhan Sadis di Kebun Sawit Jalan Poros Pemda Langgam Tertangkap
Prosesi penandatanganan perjanjian antara PT Bumi Sawit Permai, Koperasi Tiara Sawit Permai Kabupaten Ogan Ilir dan PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk untuk Program Peremajaan Sawit Rakyat, Kamis (10/12/2020). Foto ISTSinar Mas Agribusiness and Food - Petani Swadaya Sumsel Jalin Kemitraan
Evakuasi jasad korban Aprianus (8) di tebing kebun sawit milik warga di Kampung Pinang Sebatang Timur, Kabupaten Siak, Jumat (17/7/2020). Foto: RiauposSeorang Anak di Siak Sempat Hilang, Ditemukan Tewas di Kebun Sawit, Ada Luka di Leher
Regional Controller Kebun Rama Bakti PT Buana Wiralestari Mas, Ruslan Hasibuan (berdiri memegang microphone) memberikan sambutan dan apresiasi kepada para petani program Peremajaan Sawit Rakyat atas kerja sama yang terjalin dengan perusahaan.Koperasi Berkat Ridho Bersama Sinar Mas Agribusiness and Food Lakukan Peremajaan Kebun Sawit

BERITA LAINNYA    
Iven Showroom FestivalKenalkan New Pajero Sport, Besok Mitsubishi Gelar Showroom Festival
Karhutla di Tanjung Peranap sudah mendekati tepi jalan, terlihat beberapa warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanyaApi Membara di Tanjung Peranap, Karhutla Dekati Rumah Warga
Melalui kegiatan T-Yes, Telkomsel mengajak para mahasiswa dan pelajar untuk mulai aktif membangun semangat wirausaha yang kreatif.Gelar Inspiring Webinar, Telkomsel Dorong Pertumbuhan Digipreneur Mahasiswa dan Pelajar Sumatra
Ratusan botol miras ilegal diamankan Bea Cukai Dumai.Bea Cukai Dumai Gagalkan Penyelundupan Ratusan Botol Miras Ilegal
IlustrasiBesok, 1.500 Orang Akan Disuntik Vaksin Covid-19 Tahap II
  Pameran motor Yamaha di Pasar Kasikan, Kampar.Alfa Scorpi Pameran di Pasar Kasikan Kampar, Masih Ada Promo Angpao Hoki
Sekretaris Daerah Kota Dumai, H Herdi SaliosoHerdi: Kepsek Harus Ikuti Program Sekolah Penggerak
Sedekah pendidikan Rumah Yatim.Jalan Menuju Kebaikan Semakin Dekat dam Mudah dengan QRIS
Petugas berjibaku padamkan karhutla.PT SSR Turunkan Tim Padamkan Karhutla di Rawa Bangun, Kapolres Inhu Beri Apresiasi
Pelatihan daur ulang bahan bekas.50 Ibu-ibu Ikut Pelatihan Pengolahan Pangan Lokal
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved