www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Jaga Daerah Perbatasan, Gubri Minta Bupati/Walikota Aktifkan Kembali Check Point
 
Lanal Dumai Amankan 10,75 Kg Sabu dalam Kemasan Teh, Dua Tersangka Diringkus
Minggu, 20 September 2020 - 11:32:55 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

DUMAI - Perairan Rupat kembali menjadi jalur ‘’favorit’’ penyeludupan bagi bandar narkotika internasional. Jumat (18/9/2020), Lanal Dumai berhasil mengamankan 10,75 kilogram (kg) sabu-sabu bersama dua tersangka penyeludupan di perairan Rupat, Kabupaten Bengkalis. Sabu-sabu tersebut dikemas dalam 10 bungkus teh kemasan merek Cina.

Penangkapan berawal ketika intel Lanal Dumai mendapatkan informasi jika akan ada penyeludupan narkoba jenis sabu-sabu di wilayah perbatasan pada Jumat (18/9). Tim reaksi cepat Lanal Dumai pun langsung melakukan penyelidikan dan menuju perairan Rupat yang berdekatan dengan Selat Melaka.

Namun, hingga Jumat (18/9/2020) siang, tim melaksanakan patroli di TKP, belum menemukan adanya kapal yang dicurigai. Baru pada pukul 17.21 WIB, ada kapal nelayan yang mencurigakan di sekitar TKP. Tim yang sedang patroli langsung mendekati kapal tersebut. Saat didekati dua ABK kapal nelayan itu langsung berusaha membuang bungkus plastik.

Bahkan satu pelaku sempat berupaya kabur dengan meloncat ke laut. Namun tidak lama pelaku yang diketahui berinisial Z dan S merupakan warga Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis itu berhasil diamankan. Setelah dilakukan pengecekan ditemukan 10 paket yang diduga sabu-sabu.

Terhadap barang bukti tersebut selanjutnya diuji dan diidentifikasi di Laboratorium Bea dan Cukai Kelas II Medan dan diperoleh hasil bahwa barang bukti tangkapan Lanal Dumai dipastikan narkoba, mengandung zat jenis methamphetamin kandungan NPP positif (sabu-sabu) berbentuk kristal bening seberat 10,75 kg yang dikemas dalam 10 bungkus teh kemasan merek Cina.

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan mengatakan ada dua pelaku yang diamankan dalam penangkapan tersebut. "Mereka saat ini diamankan di Mako Lanal Dumai," ujar Himawan Sabtu (19/9/2020) dikutip dari riaupos.

Ia mengatakan untuk asal barang dari mana pihaknya masih melakukan pengembangan lebih lanjut. "Memang ada informasi jika barang ini dari nagera tetangga, namun masih pengembangan," tuturnya.

Diakuinya, jalur perbatasan terutama perairan Rupat memang rawan penyeludupan narkoba. "Penyeludupan ini sudah terjadi beberapa kali kasus serupa. Pada 2020 ini sudah ada beberapa kali seperti Juni lalu, kami dengan tim gabungan, juga sudah mengamankan barang bukti berupa narkoba jenis sabu-sabu seberat 32 kilogram," terangnya.

Ia mengatakan pihaknya masih melakukan upaya pengembangan dan ke depannya akan ada operasi selanjutnya untuk memberantas kegiatan yang serupa. "Kami berusaha maksimal untuk menjaga perairan Riau, bukan hanya penyeludupan narkoba, namun juga pelanggaran hukum lainnya," katanya.

Ia menyebutkan pihaknya akan menjelaskan kasus penangkapan tersebut pada rilis yang akan dilaksanakan, Ahad (20/9) sekitar pukul 14.00 WIB di Mako Lanal Dumai. "Lebih rinci akan kami sampaikan dirilis, sekaligus penyerahan tersangka dan barang bukti ke BNN Provinsi Riau untuk pengembangan lebih lanjut," tuturnya. (*)

 

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kejagung yang terbakar. Foto: CNNIndonesiaKebakaran di Kejagung Dipicu dari Rokok, Kuli dan Mandor Jadi Tersangka
Empat orang tersangka diringkus Polres Inhu.Kerap Transaksi Narkoba di Rumah Kontrakan, Polres Inhu Amankan 4 Tersangka
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono memberikan keterangan kepada wartawan terkait gelar perkara kasus kebakaran gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (1/10/2020). Foto: KompasPolisi Sebut Soal Tersangka Kebakaran Kejagung Tuntas Pekan Ini
  Foto: AntaraSeorang Kurir Narkoba Dibekuk Polres Inhil, 50 Kg Sabu Diamankan
Tersangka diamankan polisi.Hendak Isap Sabu, Dua Pemuda di Pematang Reba Diciduk Polisi
Dua tersangka bersama barang bukti sudah diamankan pihak Resnarkoba Polres Rohul, dan ikut menganankan 1,2 kg ganja serta barang bukti lainnya.Resnarkoba Polres Rohul Tangkap 2 Pengedar 1,2 Kg Ganja antar Provinsi

 
Berita Lainnya :
  • Jaga Daerah Perbatasan, Gubri Minta Bupati/Walikota Aktifkan Kembali Check Point
  • Kualifikasi MotoGP Teruel, Nakagami Raih Pole Position
  • Cegah Covid-19, Satpolair Polres Meranti Pasang Stiker Imbauan Pakai Masker di Kapal
  • Menolak Didata, Oknum Anggota DPRD Kepulauan Meranti Kasari dan Omeli Petugas
  • Pemprov Riau Akan Ajukan APBN untuk Perbaikan Jalan di Pulau Rupat
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved