www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Tegakkan Disiplin Prokes Covid-19, Polsek Tanah Putih dan Koramil 02 Terus Lakukan Operasi Yustisi
 
Gubri dan Kadiskes Riau Dilaporkan ke Kejati atas Dugaan Penyimpangan Anggaran Covid-19
Jumat, 18 September 2020 - 09:49:44 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), H Syamsuar, dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir dilaporkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau terkait dugaan penyimpangan dana penanggulangan Covid-19. Nilai anggaran mencapai ratusan miliar.

Laporan disampaikan ke Kejati Riau oleh Mahasiswa Riau Peduli Penanggulangan Korupsi (MRPPK). Laporan diterima langsung oleh Kasi Penkum dan Humas Kejati Riau, Muspidauan, Kamis (17/9/2020).

Koordinator MRPPK, Zulkardi, mengatakan, laporan disampaikan karena kepedulian terhadap penanganaan Covid-19 di Provinsi Riau. MRPPK mengatakan kekecewaan kepada pihak-pihak yang melakukan penyimpangan dana Covid-19.

"Kami sangat peduli terkait penyaluran anggaran Covid-19 sesuai peruntukkannya. Kita sangat kecewa adanya pihak-pihak yang diduga melakukan penyimpangan itu," ujar Zulkardi usai melapor di Kejati Riau.

Zulkardi menyebutkan, tidak sepantasnya uang rakyat diselewengkan, apalagi di saat negara tengah menghadapi musibah pandemi Covid-19. Sebelumnya,  Presiden RI, Joko Widodo, pernah menginstruksi sanksi tegas terhadap pihak-pihak yang mengambil keuntungan dari dana Covid-19.

Dia menyebutkan dugaan penyimpangan dalam pengadaan hand sanitizer oleh Diskes Riau. Sesuai data yang dimilikinya, Diskes Riau mengeluarkan dana sebesar Rp300 ribu untuk satu item hand sanitizer, padahal harga satuannya hanya Rp40.000.

"Jika satu item diduga penyimpangan Rp260 ribu dikali dengan banyaknya menjadi Rp260.000 dikalikan dengan 208 botol. Nilai kerugian negara mencapai Rp54 juta. Itu baru satu item. Masih banyak item lainnya yang diduga telah merugikan negara," jelas Zulkardi.

Zulkardi berharap, Kejati Riau menindaklanjuti laporan itu dengan melakukan penyelidikan. Ia menyatakan, masih banyak data penyimpangan pengadaan di Diskes Riau yang siap diserahkan ke kejaksaan.

"Gubri selaku Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 di Riau juga harus bertanggungjawab dalam proses penganggaran tersebut," kata Zulkardi didampingi sejumlah perwakilan mahasiswa dari Universitas Riau, Universitas Lancang Kuning, dan Universitas Islam Riau.

Kasi Penkum dan Humas Kejati Riau, Muspidauan,  mengatakan, pihaknya akan mempelajari laporan tersebut.  "Informasi dan data tertulis saya terima, dan akan kita pelajari terlebih dahulu. Secepatnya akan saya kabari bagaimana perkembangannya," tutup Muspidauan.

Penulis: Linda Novia
Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiKasi Intel Kejari Siak Benarkan Pemeriksaan Kejati Riau Terikait Korupsi di Setdakab
IlustrasiGubri dan Kadiskes Riau Dilaporkan ke Kejati atas Dugaan Penyimpangan Anggaran Covid-19
Kejati RiauKasus Dugaan Korupsi Bansos, Kejati Riau Periksa Asisten II Setdakab Siak
  Gerakan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Anti Korupsi mendesak Kejati Riau usut dugaan korupsi Yan Prana Jaya dan Syamsuar saat menjabat di Kabupaten Siak Riau beberapa waktu lalu. FOTO: Detakindonesia.co.idDesak Usut Dugaan Korupsi di Siak, Mahasiswa Minta Kejagung Copot Kajati Riau
Kasubsi Humas pada bagian Humas dan Penkum Kejati Riau, Rigo Risto menemui pendemo dan menerangkan, perkara tersebut masih dalam proses penyelidikan. Mahasiswa dan Pemuda Riau Lagi-lagi Pertanyakan Proses Pengusutan Dugaan Korupsi di Siak
Demonstrasi di Kejati Riau mendesak pengusutan kasus korupsi bansos di Kabupaten Siak. Foto: Liputan6Seret Nama Sekdaprov Yan Prana, Dipertanyakan Keseriusan Kejati Riau Usut Dugaan Korupsi Bansos di Siak

 
Berita Lainnya :
  • Tegakkan Disiplin Prokes Covid-19, Polsek Tanah Putih dan Koramil 02 Terus Lakukan Operasi Yustisi
  • Libur Cuti Bersama, Sekda Kepulauan Meranti Imbau ASN Tak Keluar Daerah
  • Dari 294 Kasus Baru Covid-19 Riau Hari Ini, Pekanbaru Sumbang 121
  • Sejak Awal Tahun, 113 Polisi Dipecat, Kebanyakan karena Narkoba
  • PSTI Bengkalis Kirim 8 Atletnya Ikuti PPLP
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved